Artikel Pilihan

Ketahui Nutrisi dan Manfaat Ikan Sarden untuk Kesehatan Tubuh

manfaat ikan sarden untuk kesehatan tubuh
manfaat ikan sarden untuk kesehatan/ Sumber foto: freepik

Siapa yang tidak kenal ikan sarden?

Ikan ini sering dijual dengan kemasan kaleng. Rasanya yang gurih membuat orang suka ikan ini. 

Tapi, tahukah Bunda, selain rasanya yang enak, ikan sarden punya banyak manfaat untuk kesehatan loh!

Nutrisi Ikan Sarden

Sarden adalah ikan kecil yang kaya akan nutrisi. Selain kaya akan protein dan lemak sehat berkualitas tinggi, sarden merupakan sumber zat besi dan kalsium yang baik. Selain itu, tingkat merkuri ikan ini juga sangat rendah jadi aman untuk dikonsumsi. 

Berdasarkan USDA untuk 5 sarden kecil dengan tulang (12 gram) kalengan mengandung 125 kalori dengan nutrisi:

  • Lemak 7gram
  • Sodium 184 mg
  • Karbohidrat 0 gram
  • Serat 0 gram
  • Gula 0 gram
  • Protein 14,8 gram

Lemak

Dalam sarden mengandung asam lemak omega 3 yang tinggi, yang biasa disebut sebagai “lemak sehat”. Satu porsi 5 sarden kecil kalengan dalam minyak mengandung 7 gram lemak sehat yang baik untuk kesehatan tubuh. 

Protein

Satu porsi sarden kalengan mengandung hampir 15 gram protein lengkap, termasuk semua asam amino esensial. Sarden adalah cara sehat untuk meningkatkan asupan protein Bunda dan Si Kecil.

Vitamin dan mineral

Sarden mengandung zat besi dan kalsium yang tinggi. Dalam 5  ikan sarden dengan tulang (tulangnya dapat dimakan) menyediakan 1,75 mg zat besi dan 229 mg kalsium. Sarden juga merupakan sumber vitamin B12, vitamin D, vitamin E, magnesium, kalium, dan seng.

Manfaat Ikan Sarden Untuk Kesehatan

manfaat ikan sarden untuk kesehatan tubuh

Mengonsumsi ikan sarden dapat memenuhi asupan protein dan kalsium yang Bunda butuhkan terutama saat menyusui. Selain itu, ikan sarden juga baik untuk kesehatan tubuh dan mencegah berbagai penyakit. 

1. Melindungi Fungsi Kognitif

Sarden dapat mencegah penurunan fungsi otak seperti alzheimer, stroke, dan demensia. Ini karena kandungan omega 3, sangat membantu untuk menjaga daya ingat. Untuk memelihara daya ingat yang optimal, Bunda bisa konsumsi ikan sarden dua kali dalam seminggu. 

2. Memperkuat Otot

Sarden tinggi akan protein dan asam lemak esensial yang baik untuk pembentukan otot.

Lemak dalam sarden akan memberi otot Bunda kalori yang stabil dan mencukupi protein yang baik untuk memperbaiki jaringan otot. 

3. Kesehatan Jantung

Asam lemak omega 3 dalam sarden melindungi jantung. Ini karena omega 3 mengurangi kolesterol LDL (jahat) dan meningkatkan kolesterol HDL (baik). Lemak baik menurunkan tekanan darah, menjaga irama jantung, dan mengurangi pengerasan arteri dan penyumbatan. Peningkatan asupan sarden pada penderita diabetes telah terbukti mengurangi risiko peradangan dan kardiovaskular

4. Menjaga Tulang Tetap Kuat

Sarden adalah sumber kalsium dan vitamin D yang baik. Satu porsi (3 ons) sarden kalengan dengan tulang menyediakan lebih dari 32% dari nilai kalsium harian.  Asupan sarden secara teratur, bersama dengan beberapa latihan pembentukan otot, dapat membantu menjaga kesehatan tulang.

Oleh karena tinggi akan lemak baik, protein, dan kalsium, ikan sarden baik dikonsumsi Bunda menyusui untuk mencegah osteoporosis. Selain itu, protein dalam ikan sarden merupakan energi yang dibutuhkan tubuh untuk memproduksi ASI.

Selain ikan sarden, Bunda bisa konsumsi  ASI booster untuk menjaga daya tahan tubuh dan menjaga kualitas serta kuantitas ASI Bunda. Jika Bunda memiliki keluhan selama menyusui seperti puting lecet, payudara bengkak, dan ASI mampet, Bunda bisa berkonsultasi dengan tim busuisehat.com dengan link  https://t.me/BusuiSehat.

Baca juga informasi ini yuk Bunda!

5 Keajaiban Konsumsi Alpukat Selama Menyusui

Alasan Mengapa Bunda Harus Mengonsumsi Makanan Sehat

Beragam Manfaat Asam Folat Bagi Ibu Hamil, Simak Informasi Ini Bunda!

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password