fbpx
Artikel Pilihan

Ini 8 Manfaat Melon Bagi Kesehatan Tubuh Bunda Menyusui!

manfaat melon untuk ibu menyusui
manfaat melon untuk ibu menyusui/ Sumber foto: freepik

Honeydew melon, atau melon, adalah buah yang termasuk dalam spesies melon cucumis melo (muskmelon). Buah ini memiliki rasa yang manis dan biasanya berwarna hijau muda, sedangkan kulitnya berwarna putih-kuning. Ukuran dan bentuknya mirip dengan kerabatnya, melon jingga itu.

Melon tersedia di seluruh dunia dan dapat dimakan sendiri atau digunakan dalam makanan penutup, salad, makanan ringan, dan sup. Meskipun daya tarik terbesarnya adalah rasanya, melon juga bergizi dan dapat memberikan beberapa manfaat terutama untuk ibu menyusui!

Mau tahu apa saja manfaatnya? Simak ini Bunda!

Manfaat Melon untuk Ibu Menyusui

manfaat melon untuk ibu menyusui

Selain rasanya yang nikmat dan segar, ternyata buah melon kaya akan nutrisi. Nutrisi ini dapat meningkatkan kesehatan tubuh Bunda dan menghindari risiko penyakit tertentu.

1. Meningkatkan produksi ASI

Bunda yang mengalami masalah dengan produksi ASI sangat dianjurkan untuk mengonsumsi melon. Kandungan vitamin A dan C dalam melon dapat meningkatkan kapasitas produksi ASI. Selain itu, asam folat dan mineral dalam buah melon sangat penting untuk menjaga dan meningkatkan kualitas ASI.

2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh 

Bayi yang baru lahir memiliki sistem imun yang rentan. Kandungan vitamin C dalam melon bisa menjadi cara mudah dan sehat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Nah, Bunda bisa memberikan melon sebagai camilan sehat untuk anak Bunda. 

3. Mencegah dehidrasi

Ibu menyusui disarankan banyak mengonsumsi air putih. Nah, melon bisa jadi alternatif untuk membantu memenuhi kebutuhan tubuh Bunda! Buah ini mengandung 92% air yang membantu Bunda menyusui agar cepat kenyang. Sangat baik untuk mengurangi rasa haus saat menyusui, serta membantu meningkatkan produksi ASI.

4. Menjaga kesehatan kulit, rambut dan tulang

Melon kaya akan antioksidan yang bagus untuk kesehatan kulit dan rambut. Kandungan zat besi dan kalsium pada buah melon baik untuk kesehatan tubuh Bunda tidak mudah sakit.

5. Mencegah kanker

Beberapa senyawa dalam melon seperti cucurbitacin, vitamin E, dan likopen, terbukti mencegah kanker dan menghambat pertumbuhan tumor.

6. Anti inflamasi yang baik untuk sel tubuh

Peradangan adalah pendorong utama banyak penyakit kronis. Melon dapat membantu menurunkan peradangan dan kerusakan oksidatif, karena kaya akan antioksidan anti-inflamasi lycopene dan vitamin C. Dalam sebuah studi tahun 2015, manusia diberi buah yang kaya likopen dengan tambahan vitamin C terbukti meningkatkan kesehatan dan menurunkan peradangan pada tubuh.

7. Membantu menurunkan berat badan

Dalam 100 gram buah melon, hanya mengandung 48 kalori saja. Meskipun rendah kalori, melon padat nutrisi sehingga baik untuk dikonsumsi karena tinggi air dan rendah lemak, sehingga membuat Bunda terasa kenyang lebih lama.

8. Menjaga tekanan darah

Secara umum, diet kaya buah dan sayuran dikaitkan dengan penurunan risiko tekanan darah tinggi dan penyakit jantung. Melon adalah buah yang rendah natrium dan kaya kalium sehingga dapat membantu Bunda menjaga tingkat tekanan darah yang sehat.

Bagaimana Bunda? 

Tertarik untuk rajin mengonsumsi melon? 

Untuk hasil yang optimal, Bunda bisa mengombinasikan susu ASI booster dengan buah melon. Selain enak, Bunda juga mendapatkan seluruh nutrisi yang dibutuhkan untuk meningkatkan produksi dan kualitas ASI.

Jika Bunda memiliki keluhan selama menyusui seperti puting lecet, payudara bengkak, dan ASI mampet, Bunda bisa berkonsultasi dengan tim busuisehat.com dengan link  https://t.me/BusuiSehat.

Baca juga yuk informasi di bawah ini!

4 Tips Mempercepat Penyembuhan Luka Operasi Cesar

5 Manfaat Kale Untuk Kesehatan Tubuh Bunda dan Si Kecil
Ini 6 Daftar Makanan Yang Tidak Boleh Dikonsumsi Bayi Di Bawah 1 Tahun

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password