Artikel Pilihan

Bolehkah Ibu Menyusui Tetap Berpuasa? Simak Penjelasan Ini Bunda!

ibu menyusui puasa
ibu menyusui puasa/ Sumber foto: freepik

Meskipun diperbolehkan untuk tidak berpuasa selama menyusui, masih ada Bunda yang tetap ingin berpuasa dengan alasan rindu menjalankan ibadah puasa di bulan suci Ramadan ini. Namun, mungkin sebagian Bunda masih diliputi rasa khawatir jika puasa memengaruhi produksi ASI. Lalu, apakah aman untuk tetap berpuasa saat menyusui? Apakah kualitas ASI akan menurun? Simak penjelasannya berikut ini Bunda!

Apakah Wajib Puasa Ramadhan Saat Menyusui?

Menurut Mahzab syafi’i, Bunda menyusui tidak wajib berpuasa selama Ramadan dan dapat meng-qadla atau mengganti puasa dengan ketentuan-ketentuan dalam agama Islam. Hal tersebut telah dijelaskan dalam NU Online. 

Jika Bunda khawatir bahwa kesehatan diri dan anaknya terganggu selama berpuasa maka Bunda tidak perlu berpuasa. Namun, jika Bunda merasa kuat, sehat, serta yakin terhadap kesehatan anak akan baik-baik saja maka Bunda bisa memilih untuk berpuasa selama Ramadhan. 

Perlu diperhatikan juga ya Bunda usia anak. Jika bayi Bunda masih di bawah 6 bulan dan hanya mendapatkan asupan nutrisi dari ASI eksklusif lebih baik untuk tidak berpuasa terlebih dahulu. Namun, jika bayi Bunda sudah berusia 6 bulan atau 1 tahun dan sudah mendapatkan MPASI, Bunda bisa ikut berpuasa dengan catatan tetap mengonsumsi makanan bergizi dan air putih yang cukup untuk menjaga produksi ASI. 

Apakah Puasa Menurunkan Kualitas ASI?

ibu menyusui puasa

Baik wanita menyusui dan tidak menyusui yang melakukan puasa Ramadan akan mengalami dehidrasi. Hal ini ditandai dengan hilangnya massa tubuh masing-masing sebesar 6,2% dari total air tubuh. Ini mungkin akan menyebabkan penurunan berat badan selama menyusui. Namun, perlu diketahui bahwa selama menyusui, produksi ASI akan tetap sama.

Pada dasarnya, puasa ataupun penurunan asupan kalori tidak akan memengaruhi produksi ASI. Jika terjadi penurunan berat badan saat berpuasa, kondisi ini hanya akan memengaruhi kandungan mikronutrien seperti potasium, magnesium, dan zinc, bukan jumlahnya. Jadi komposisi makronutriennya (karbohidrat, protein, dan lemak) tetap sama”,

Bidan Cory Agusthina, SKM, CHE.

Sangat penting untuk menjaga pola atau ritme menyusui yang sama selama Ramadan. Jika Bunda memilih untuk tetap berpuasa, sangat penting untuk mempertahankan asupan nutrisi. Caranya dengan mengonsumsi makanan sehat dan mengurangi makanan yang tinggi lemak. Jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan air minimal 3 liter per hari ya, Bunda. 

Untuk memenuhi asupan nutrisi dan menjaga kualitas ASI selama berpuasa, Bunda bisa mengonsumsi multivitamin dan ASI booster. Dengan begitu kesehatan tubuh Bunda juga akan terjaga.

Jika Bunda memiliki keluhan selama menyusui seperti puting lecet, payudara bengkak, dan ASI mampet, Bunda bisa berkonsultasi dengan tim Busuisehat dengan link https://t.me/BusuiSehat.

Salam sehat untuk Bunda semua! Pantau terus ya informasi menarik lainnya hanya di Busuisehat!

Baca juga informasi ini Bunda!

Yuk Ketahui Tips Berpuasa Saat Menyusui Bunda!

Manfaat Telur Bagi Ibu Menyusui Yang Jarang Diketahui

17 Daftar Makanan Kaya Vitamin K Untuk Kesehatan Tubuh Bunda

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password