fbpx
Artikel Pilihan

Beragam Manfaat Asam Folat Bagi Ibu Hamil, Simak Informasi Ini Bunda!

manfaat-asam-folat-bagi-ibu-hamil
manfaat asam folat bagi ibu hamil/ Sumber foto: freepik

Asam folat adalah salah satu bentuk vitamin B9. Vitamin ini berperan penting dalam kehamilan karena membantu mencegah bayi terlahir cacat. Selain itu, tubuh membutuhkan asam folat untuk membuat sel darah merah dan mencegah anemia.

Mengingat manfaatnya yang baik untuk kesehatan tubuh, sebaiknya Bunda memenuhi asupan asam folat ini. Kira-kira makanan apa saja yang kaya akan asam folat?

Simak penjelasan ini!

Manfaat Asam Folat Bagi Ibu Hamil

  • Mencegah cacat pada saraf dan otak

Selain mencegah anemia, asam folat penting untuk memproduksi dan memperbaiki fungsi DNA dan otak. Pada ibu hamil, asam folat penting untuk karena membantu mencegah cacat tabung saraf dan otak. Terlebih cacat ini rentan terjadi pada minggu-minggu awal kehamilan. Itulah mengapa penting untuk mulai mengonsumsi asam folat selama program kehamilan.

  • Baik untuk pertumbuhan placenta dan mencegah cacat fisik

Mendapatkan cukup asam folat juga penting untuk pertumbuhan sel plasenta bayi Bunda yang sedang berkembang. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa asam folat dapat membantu menurunkan risiko bayi mengalami cacat lainnya, seperti bibir sumbing, celah langit-langit, dan jenis kelainan jantung tertentu.

Dosis Konsumsi Asam Folat

Pada wanita subur penting untuk mengonsumsi 400 mcg hingga 800 mcg asam folat sehari. Mulailah mengonsumsi makanan kaya asam folat setidaknya sebulan sebelum Bunda mulai mencoba untuk hamil dan selama kehamilan. Pada ibu hamil yang mengandung anak kembar, sebaiknya mengonsumsi 1000 mcg asam folat. Namun,dalam kondisi normal, jangan mengonsumsi lebih dari 1.000 mcg asam folat per hari tanpa berkonsultasi dokter. Ini karena mengonsumsi asam folat dalam dosis yang terlalu tinggi dan dalam jangka panjang dapat menimbulkan alergi dan diare.

Daftar Makanan Kaya Asam Folat

manfaat-asam-folat-bagi-ibu-hamil

Untuk mencukupi kebutuhan asam folat, sebaiknya Bunda mengonsumsi makanan yang kaya akan asam folat. Makanan yang tinggi akan asam folat yaitu: 

  • kacang-kacangan
  • hati sapi
  • alpukat
  • sayuran hijau tua (seperti brokoli, bayam, collard atau lobak hijau, okra, kubis brussel, dan asparagus)
  • jeruk
  • tomat
  • pisang
  • telur

Selain itu, Bunda bisa mengonsumsi suplemen asam folat untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Namun, sebaiknya Bunda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Selain itu, Bunda bisa mengonsumsi ASI booster yang terbuat dari kacang-kacangan seperti almond karena kaya akan asam folat. Selain baik untuk tubuh, ASI booster bagus untuk produksi dan kualitas ASI Bunda.

Jika Bunda memiliki keluhan selama menyusui seperti puting lecet, payudara bengkak, dan ASI mampet, Bunda bisa berkonsultasi dengan tim busuisehat.com dengan link  https://t.me/BusuiSehat.

Baca juga yuk informasi di bawah ini!

Tuberkulosis: Ketahui Penyebab dan Gejalanya Pada Anak

Baby Blues Syndrome: Ketahui Gangguan Emosional Pasca Melahirkan

Waspadai Hipoklasemia Yang Menyerang Kesehatan Tulang Ibu Menyusui

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password