Artikel Pilihan

Ketahui 9 Manfaat Sayur Tauge Untuk Kesehatan Tubuh Bunda!

manfaat tauge untuk kesehatan
manfaat tauge untuk kesehatan/ Sumber foto: freepik

Sayur tauge sangat segar dan kaya akan vitamin E, vitamin C dan vitamin K, serta protein tinggi dan asam folat. Tauge digunakan dalam berbagai macam menu masakan. Nutrisi yang baik untuk kesehatan terutama untuk perkembangan tubuh. 

Fakta Nutrisi Tauge

Dalam 100 gram sayur tauge mengandung sekitar 31 kalori. Selain itu, sayur tauge bebas dari lemak. Sumber kalori tauge berasal dari karbohidrat, protein, asam folat, magnesium, fosfor, mangan, vitamin C, dan vitamin K yang baik untuk energi dan otot Bunda. 

Manfaat Tauge Untuk Kesehatan Tubuh

manfaat tauge untuk kesehatan

Selain enak, sayur tauge mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh Bunda.

1. Meningkatkan kesuburan

Tauge kaya akan protein, asam amino, vitamin dan mineral, sehingga dapat menjadi makanan yang dapat meningkatkan kesuburan pria. Vitamin E membuat pria lebih perkasa. Tauge juga memiliki antioksidan yang dapat meningkatkan kesuburan pria dan meningkatkan vitalitas pria. Protein yang terdapat pada tauge 19% lebih tinggi dari protein yang terdapat pada kacang panjang, hal ini dikarenakan pada saat proses perkecambahan terjadi pembentukan asam amino esensial.

2. Meningkatkan sistem imun

Tauge mengandung senyawa yang bermanfaat bagi kesehatan, salah satunya adalah saponin. Kandungan tersebut dipercaya dapat meningkatkan sistem kekebalan atau ketahanan tubuh Bunda, dengan menstimulasi interferon dan limfosit. Selain itu vitamin C yang ada di tauge juga memiliki fungsi untuk menjaga daya tahan tubuh agar tetap fit dalam menjalani aktivitas sehari-hari dan mempercepat proses regenerasi atau penyembuhan sel.

3. Sistem pencernaan

Serat dan air baik untuk kesehatan pencernaan guna menghindari tumbuhnya bibit kanker. Karena mengandung banyak serat dan air, tauge membantu mengalirkan kotoran di usus besar. Inilah kekuatan tauge ganda dalam melawan kanker.

4. Menurunkan berat badan

Serat dalam sayur tauge dapat membantu tubuh menurunkan berat badan. Serat merupakan salah satu nutrisi yang sangat baik untuk mencegah kolesterol dalam darah. Dengan mengonsumsi makanan yang banyak mengandung serat, Bunda bisa menurunkan berat badan secara signifikan. 

5. Mencegah anemia

Tauge mengandung asam folat yang baik untuk memproduksi asam amino dan sel darah merah. Produksi sel darah merah sangat stabil dan membantu mencegah anemia atau kekurangan sel darah merah.

6. Baik untuk kesehatan jantung

Sayur tauge mengandung kalium yang tinggi, baik untuk kesehatan jantung. Jika kekurangan potasium dapat membuat tubuh Bunda lemas dan lesu.

7. Mencegah kanker

Tauge kaya akan senyawa anti kanker ini karena senyawa genistin yang dapat menekan penyakit kanker. 

8. Mencegah penyakit osteoporosis

Kandungan dalam sayur tauge dapat merangsang hormon estrogen. Hormon ini berguna untuk memelihara kesehatan tulang.

9. Kecambah membantu mengontrol kadar gula darah

Sayur tauge dapat membantu menjaga kadar gula dalam darah. Ini karena tauge rendah akan gula sehingga aman dikonsumsi bagi penderita diabetes.

Untuk hasil yang optimal, Bunda bisa mengombinasikan susu ASI booster dengan sayur tauge. Selain enak, Bunda juga mendapatkan seluruh nutrisi yang dibutuhkan untuk meningkatkan produksi dan kualitas ASI.

Jika Bunda memiliki keluhan selama menyusui seperti puting lecet, payudara bengkak, dan ASI mampet, Bunda bisa berkonsultasi dengan tim busuisehat.com dengan link  https://t.me/BusuiSehat.

Baca juga yuk informasi di bawah ini!

4 Tips Mempercepat Penyembuhan Luka Operasi Cesar

5 Manfaat Kale Untuk Kesehatan Tubuh Bunda dan Si Kecil

Ini 6 Daftar Makanan Yang Tidak Boleh Dikonsumsi Bayi Di Bawah 1 Tahun

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password