Artikel Pilihan

5 Keajaiban Konsumsi Alpukat Selama Menyusui

manfaat alpukat untuk ibu menyusui
manfaat alpukat untuk ibu menyusui/ Sumber foto: freepik

Alpukat memiliki rasa unik disukai banyak orang, termasuk Bunda. Teksturnya yang halus dan lembut menjadikan buah ini sebagai makanan favorit. Apalagi jika dihidangkan dingin, rasanya semakin nikmat ya, Bunda. 

Nah, tapi Bunda pernah penasaran tidak sih mengenai kandungan dan manfaat alpukat untuk ibu menyusui? 

Cari tahu informasinya yuk Bunda!

Apa Itu Alpukat?

Alpukat memiliki nama lain Persea Americana, yang termasuk dalam keluarga Lauraceae. Kulit buahnya memiliki penampilan yang kasar, dan merupakan tanaman asli Puebla, Meksiko. Setiap alpukat memiliki berat antara 8 ons. Buah ini sangat populer karena rasa, penampilannya yang unik, dan banyak orang mengonsumsi buah ini menjadi camilan sehat yang gurih dan lezat. 

Nutrisi Buah Alpukat

Bunda bisa memasukkan alpukat ke dalam daftar makanan sehat selama program ASI eksklusif. Dalam 100 gram alpukat mengadung 160 kalori. Alpukat tinggi akan lemak baik yang bagus untuk kesehatan jantung. Selain itu, alpukat juga mengandung:

  • karbohidrat sekitar 17 gram  dengan kadar glikemik indeks yang rendah
  • lemak tak jenuh tunggal (monounsaturated fat) sebesar 30 gram
  • protein sebesar 4 gram
  • vitamin dan mineral (vitamin K, C, E, asam folat, niacin, ribovlavin, dan asam pantotenat).

Manfaat Alpukat Untuk Ibu Menyusui

manfaat alpukat untuk ibu menyusui

Alpukat tidak hanya memberikan kelezatan tetapi juga memberikan manfaat bagi kesehatan tubh Bunda dan anak selama program ASI eksklusif. 

1. Membantu perkembangan neurologis bayi

Alpukat mengandung lemak sehat yang baik untuk bayi baru lahir. DHA adalah asam lemak omega-3 yang ada dalam alpukat. Ini meningkatkan pertumbuhan otak bayi Bunda dan meningkatkan fungsi visualnya. 

2. Baik untuk pencernaan

Alpukat memberi Anda sekitar 40% kebutuhan serat harian per porsi. Serat larut dan tidak larut dalam buah bergizi meningkatkan pencernaan saat Anda menyusui bayi Anda. Selain itu, konsumsi alpukat membantu melancarkan buang air besar dan mencegah masalah sembelit saat menyusui. Selain itu, buah ini mencegah sakit perut dan gangguan pencernaan.

3. Memelihara kesehatan gigi

Makan alpukat mencegah bau mulut. Flavonoid dan sifat antibakteri buah ini dapat membunuh bakteri di mulut Bunda secara efektif, mencegah halitosis, dan meningkatkan kebersihan mulut saat menyusui.

4. Meningkatkan kesehatan hati

Alpukat mencegah risiko kerusakan hati. Senyawa organik dalam alpukat membantu meningkatkan kesehatan hati Bunda saat menyusui bayi.

5. Baik untuk kesehatan tulang

antiinflamasi alpukat mencegah gangguan kesehatan akibat peradangan jaringan dan otot serta nyeri pada persendian saat menyusui. Kandungan flavonoid yang tinggi bersifat anti inflamasi dan baik untuk menjaga kesehatan jaringan otot dan persendian. Apalagi, saat menyusu, Bunda rentan mengalami kelelahan otot dan nyeri sendi. Konsumsi alpukat dapat mempercepat pemulihan dan menyembuhkan nyeri otot serta sendi Bunda. 

Bunda bisa mengombinasikan alpukat dengan ASI booster untuk meningkatkan kesehatan dan kualitas serta kuantitas ASI. Dengan begitu, kebutuhan ASI anak Bunda akan terpenuhi dan Si Kecil dapat tumbuh dengan optimal!

Itulah informasi seputar buah alpukat yang bermanfaat untuk Bunda. Jika Bunda memiliki permasalahan seputar ASI seperti puting lecet, ASI mampet, dan seret, silakan berkonsultasi terlebih dahulu dengan tim busuisehat.com dengan link  https://t.me/BusuiSehat.

Baca juga informasi menarik lainnya yuk Bunda!

Ini 5 Manfaat Buah Apel Untuk Kesehatan Ibu Menyusui

Kekurangan Asupan Vitamin A Berbahaya Loh!

Anak Bunda Susah Makan? Ketahui 6 Penyebab Anak Susah Makan

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password