fbpx
Artikel Pilihan

5 Daftar Buah Ini Harus Dihindari Selama Bunda Hamil

buah yang harus dihindari saat hamil
buah yang harus dihindari saat hamil/ Sumber foto: freepik

Buah-buahan kaya akan vitamin dan mineral yang diperlukan tubuh untuk selama Bunda hamil. Namun, tidak semua buah dapat dikonsumsi saat Bunda hamil, terlebih jika usia kandungan Bunda masih sangat muda. Ini karena beberapa kandungan buah dapat memengaruhi kesehatan janin hingga berisiko menyebabkan keguguran.

Daftar Buah Yang Harus Dihindari Saat Hamil

Ada beberapa daftar buah yang sebaiknya Bunda batasi asupannya. Ini karena kandungan dalam buah ini tidak aman jika dikonsumsi secara berlebihan.

1. Pepaya mentah

buah yang harus dihindari saat hamil

Pepaya yang masih mentah atau setengah matang mengandung lateks yang memicu kontraksi rahim. Ini dapat menyebabkan Bunda keguguran. Semua makanan yang mengandung enzim papain sebaiknya dibatasi selama trimester ketiga dan akhir kehamilan. 

Jika Bunda ingin mengonsumsi pepaya, pastikan buah tersebut benar-benar matang. Pepaya matang baik untuk kesehatan pencernaan karena mengandung beberapa nutrisi yang sangat penting dibutuhkan selama kehamilan dan mengendalikan sembelit. 

2. Nanas

buah yang harus dihindari saat hamil

Mengonsumsi buah nanas berlebihan saat hamil dapat memberikan efek negatif pada kandungan Bunda. Nanas mengandung bromelain yang dapat melunakkan serviks. Ini meningkatkan kemungkinan persalinan dini dan kelahiran prematur. Tetapi, Bunda tetap bisa konsumsi nanas dengan jumlah terbatas, 1 atau 2 potong saja sudah cukup memberikan nutrisi untuk daya tahan tubuh Bunda.

3. Anggur

buah yang harus dihindari saat hamil

Bunda pecinta buah anggur? Ternayat, buah anggur tidak baik dikonsumsi selama kehamilan. Alasan utama dibalik pembatasan buah ini untuk ibu hamil adalah pestisida yang disemprotkan pada tanaman anggur. Buah yang enak ini juga mengandung resveratrol dalam jumlah tinggi yang sangat beracun bagi wanita hamil. 

Tetapi, beberapa ilmuwan juga mengklaim bahwa vitamin A dan C yang ada dalam anggur bermanfaat. Jadi, lebih baik berkonsultasi dengan dokter sebelum Bunda mengonsumsi buah ini.

4. Lengkeng

buah yang harus dihindari saat hamil

Saat hamil, suhu tubuh Bunda akan berubah relatif panas. Panas ini bisa meningkat karena asupan lengkeng sehingga bisa menyebabkan gangguan pertumbuhan janin. Peningkatan panas juga bisa menyebabkan pendarahan atau sakit perut.Selain itu, konsumsi buah lengkeng berlebihan dapat menyebabkan sembelit.

5. Persik

buah yang harus dihindari saat hamil

Jika saat hamil kadar gula darah Bunda tinggi, sebaiknya hindari buah persik ya. Buah ini dapat meningkatkan jumlah gula dalam tubuh. Selain itu, rambut dalam buah persik dapat menyebabkan alergi dan serak tenggorokan yang dapat memburuk selama kehamilan karena kekebalan tubuh rendah. 

Buah persik juga menghasilkan panas di dalam tubuh. Jadi terlalu banyak mengonsumsi buah ini bisa menyebabkan pendarahan. Namun, hal ini bisa dihindari jika Bunda mengonsumsi buah persik dalam jumlah yang sedikit. 

Itulah beberapa daftar buah yang sebaiknya Bunda hindari atau batasi asupannya selama mengandung. Untuk mendapatkan manfaat dari buah tersebut, Bunda bisa konsumsi makanan alternatif lain seperti jeruk, kiwi, dan pisang yang cenderung aman dikonsumsi Bunda selama hamil. 

Selain itu, Bunda bisa konsumsi  ASI booster untuk mempersiapkan kualitas ASI menjelang kelahiran bayi. Jika Bunda memiliki keluhan selama menyusui seperti puting lecet, payudara bengkak, dan ASI mampet, Bunda bisa berkonsultasi dengan tim busuisehat.com dengan link  https://t.me/BusuiSehat.

Baca juga informasi ini!

4 Tips Mempercepat Penyembuhan Luka Operasi Cesar

Ini 8 Manfaat Melon Bagi Kesehatan Tubuh Bunda Menyusui!

Ini 7 Manfaat Buah Semangka Bagi Kesehatan Tubuh Bunda Menyusui

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password