Artikel Pilihan

4 Tips Efektif Meratakan Perut Pasca Melahirkan, Coba Ini Bunda!

langsing pasca melahirkan
langsing pasca melahirkan/ Sumber foto: freepik

Banyak para wanita yang menginginkan perut langsing pasca melahirkan. Namun, tentu ini butuh proses ya Bunda. Tidak bisa dalam waktu semalam tubuh berubah langsing kembali. Butuh waktu 6 bulan hingga 2 tahun untuk mengembalikan bentuk tubuh seperti semula. Namun, jangan sampai caranya juga salah Bunda. 

Lalu bagaimana tips mengencangkan perut pasca melahirkan?

Simak tips ini Bunda!

Tipe Perut Langsing Pasca Melahirkan

Ada beberapa cara yang bisa Bunda lakukan untuk mengembalikan bentuk tubuh seperti sebelum hamil. Namun, tentunya butuh proses ya Bunda. Pastikan caranya benar agar tidak mengganggu kesehatan. Berikut ini beberapa tips yang bisa Bunda ikuti di rumah!

1. Menyusui Bayi

langsing pasca melahirkan

Salah satu cara termudah untuk menghilangkan lemak perut setelah melahirkan adalah dengan menyusui bayi. Studi ilmiah membuktikan wanita yang menyusui dapat mengembalikan bentuk tubuh 6 bulan lebih cepat. Ini karena aktivitas menyusui membutuhkan energi dan membakar kalori sebanyak 500 kalori lebih banyak setiap hari daripada wanita yang tidak menyusui. 

2. Olahraga

langsing pasca melahirkan

Olahraga akan selalu menjadi salah satu cara terbaik untuk menghilangkan lemak perut pasca kehamilan. Ada banyak latihan sederhana yang dapat Bunda lakukan untuk meratakan perut, seperti jogging, jalan santai sekitar 30 menit, atau yoga. Selain itu, olahraga baik untuk sirkulasi darah sehingga tubuh Bunda juga akan lebih segar. Lakukan olahraga ini minimal 3 kali dalam seminggu.

3. Konsumsi Makanan Sehat dan Bergizi

langsing pasca melahirkan

Mengontrol kalori dan konsumsi makanan sehat dapat membantu menurunkan berat badan.

Selama masa menyusui, Bunda membutuhkan 1.000-2.000 kalori per hari. Penuhi kebutuhan tersebut dengan konsumsi karbohidrat, protein, vitamin, mineral, dan serat. 

Konsumsi air putih yang cukup minimal 2 liter perhari.  Hindari makanan cepat saji (fast food) karena tinggi garam, gula, dan lemak jahat. Selain itu, Bunda juga bisa konsumsi kacang-kacangan seperti kedelai dan kacang almond sebagai camilan sehat. 

4. Cukup Istirahat

langsing pasca melahirkan

Kurang tidur mengakibatkan berat badan Bunda sulit turun. Ini karena hormon tubuh akan terganggu sehingga keinginan makan juga ikut meningkat. Mungkin akan sulit beristirahat cukup saat memiliki bayi, namun berusahalah tidur saat bayi Bunda istirahat. 

Perlu diingat Bunda, usaha ini membutuhkan proses. Bagaimana pun tubuh Bunda masih dalam proses pemulihan pasca melahirkan. Jadi, tetaplah bersabar ya Bunda. Selama program ASI eksklusif dan penurunan berat badan, Bunda bisa konsumsi ASI booster untuk meningkatkan kesehatan, kuantitas, dan kualitas ASI.

Jika Bunda memiliki keluhan selama menyusui seperti puting lecet, payudara bengkak, dan ASI mampet, Bunda bisa berkonsultasi dengan tim busuisehat.com dengan link  https://t.me/BusuiSehat.

Baca juga yuk informasi di bawah ini!

Ini 5 Manfaat Buah Apel Untuk Kesehatan Ibu Menyusui

Amankah Konsumsi Air Kelapa Bagi Bunda Menyusui?

Ini 5 Daftar Makanan Yang Baik Untuk Perkembangan Otak Supaya Anak Jadi Pintar!

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password