Artikel Pilihan

Amankah Konsumsi Air Kelapa Bagi Bunda Menyusui?

Manfaat Air Kelapa Bagi Kesehatan Ibu Menyusui
ilustrasi air kelapa/Sumber foto: freepik

 

Selama masa menyusui, Bunda pasti memilih untuk mengonsumsi makanan sehat agar produksi ASI terjaga. Nah, salah satu makanan sehat dan nikmat yang sering Bunda konsumsi adalah buah kelapa!

Buah kelapa mengandung air yang sangat menyegarkan dan nikmat, apalagi jika disajikan dingin! Tapi tahukah Bunda apa saja manfaat dari air kelapa? Untuk informasi selengkapnya, simak ulasan berikut ini Bunda!

Air Kelapa Aman untuk Bunda Menyusui

Kandungan air dalam kelapa sangat tinggi yaitu sebesar 94% dan kalori yang rendah. Selain itu, air kelapa mengandung vitamin B, kalium, enzim, dan elektrolit yang baik untuk stamina tubuh.

Kandungan air kelapa muda ini jelas aman dikonsumsi oleh bunda menyusui. Secara struktur kimia, komposisi air kelapa mirip dengan minuman biasa”,

Bidan Cory Agusthina, SKM, CHE.

Namun, jika Bunda sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu yang mengandung kalium dan natrium, sebaiknya Bunda membatasi asupan air kelapa. Ini karena air kelapa mengandung kalium dan natrium yang tinggi sehingga  dikhawatirkan akan berisiko hiperkalemia, jika dikosumsi bersama obat.

Akan tetapi, jika Bunda tetap ingin mengonsumsi air kelapa, sebaiknya beri jarak beberapa jam. Minimal satu atau dua jam setelah minum obat, setelah itu Bunda baru bisa konsumsi air kelapa.

Obat yang dapat meningkatkan kadar kalium dan natrium dalam darah seperti spironolakton, bisoprolol, captopril, dan irbesartan. Biasanya obat untuk tekanan darah tinggi atau hipertensi. Oleh karena itu, disarankan untuk berhati-hati bila minum obat-obatan tersebut bersama air kelapa karena berisiko hiperkalemia”,

Bidan Cory Agusthina, SKM, CHE.

Meskipun baik untuk kesehatan, sebaiknya Bunda tidak mengonsumsi air kelapa secara berlebihan ya. Lebih baik, Bunda perbanyak konsumsi air putih untuk menghindari dehidrasi. Lalu untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas ASI Bunda bisa mengonsumsi ASI booster secara teratur.

Jika Bunda mengalami masalah dalam menyusui Si Bayi,  padahal sudah banyak mengonsumsi ASI booster lain dan tetap tidak berpengaruh. Bunda bisa melakukan konsultasi dengan tim busuisehat.com dengan klik link https://t.me/BusuiSehat.

Itulah informasi seputar air kelapa yang perlu Bunda ketahui. Jaga selalu kesehatan agar Bunda dan Si Kecil terus bahagia!

Baca juga yuk Bunda!

5 Sayur Ini Baik Untuk Pertumbuhan dan Memperkuat Tulang Si Kecil!

5 Daftar Buah Tinggi Vitamin C untuk Penuhi Nutrisi Bunda!

Konsumsi Makanan Tinggi Gula Berbahaya Untuk Tubuh Loh Bunda!

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password