Artikel Pilihan

Ini 5 Daftar Makanan Yang Baik Untuk Perkembangan Otak Supaya Anak Jadi Pintar!

makanan untuk kesehatan otak
makanan untuk kesehatan otak/ Sumber foto: freepik

 

Masa anak-anak adalah masa pertumbuhan dan perkembangan seluruh organ tubuh anak, termasuk otak. Otak memiliki peran penting bagi manusia. Ini karena seluruh aktivitas atau kinerja organ tubuh berpusat di otak.  Oleh karena itu, penting sekali untuk mencukupi asupan yang dibutuhkan otak. 

Anak yang gizinya tercukupi akan berprestasi di sekolah karena daya konsentrasinya yang baik. Untuk meningkatkan kinerja otak, Bunda bisa memberikan makanan yang membantu perkembangan otak. Ini karena kandungan atau gizi yang terdapat makanan dapat memengaruhi aliran darah ke otak, sehingga konsentrasi dan keterampilan kognitif anak meningkat. 

Bunda mau tahu makanan apa saja yang baik untuk perkembangan otak anak? Simak penjelasannya berikut ini!

Makanan Untuk Kesehatan Otak

1. Ikan

makanan untuk kesehatan otak

Ikan mengandung omega 3 yang membantu meningkatkan kesehatan otak. Ikan adalah sumber asam lemak omega 3 yang baik dan membantu membangun membran sel dalam tubuh, termasuk sel otak. Oleh karena itu, ikan terbukti dapat memperbaiki struktur sel otak yang disebut neuron. Beberapa ikan yang mengandung omega 3 yaitu:

  • ikan salmon
  • ikan kembung
  • tuna
  • ikan haring
  • sarden

2. Kacang-kacangan

makanan untuk kesehatan otak

Kacang juga memiliki khasiat untuk otak anak Bunda. Ini karena kacang mengandung lemak baik, yaitu omega 3 dan vitamin E yang baik untuk sirkulasi darah ke otak. Kacang-kacangan yang tinggi akan omega 3 adalah kedelai, kacang mete, dan almond.

3. Yogurt 

makanan untuk kesehatan otak

Yogurt mengandung lemak yang baik untuk kesehatan otak. Selain itu, yogurt tinggi akan protein yang baik untuk perkembangan dan menjaga kesehatan sel-sel otak.

4. Alpukat

makanan untuk kesehatan otak

Sebagai sumber lemak tak jenuh yang menyehatkan, alpukat baik untuk perkembangan otak. Mengonsumsi alpukat dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Ini karena lemak tak jenuh dalam alpukat dapat melancarkan peredaran darah. Dengan begitu, aliran darah ke otak akan lancar sehingga nutrisi dapat terserap dengan baik.

5. Telur

makanan untuk kesehatan otak

Siapa yang tidak suka telur?

Telur disukai banyak orang karena rasanya yang enak dan mengenyangkan. Selain enak, telur adalah nutrisi terbaik untuk otak anak Bunda. Ini karena telur mengandung vitamin B 6, vitamin B 12, asam folat yang mampu mencegah penyusuran otak dan menunda penurunan kognitif.

Nah, bagaimana Bunda? Itulah informasi mengenai makanan yang baik untuk perkembangan otak anak. Bunda bisa mengolah makanan tersebut menjadi berbagai menu MP-ASI kesukaan anak. Selain enak, yang pasti bergizi ya Bunda!

Selain makanan, Bunda harus memenuhi asupan ASI Si Kecil. Untuk mencukupi kebutuhan ASI anak, Bunda bisa konsumsi ASI booster untuk meningkatkan kesehatan serta menjaga kualitas dan kuantitas ASI.

Jika Bunda memiliki permasalahan menyusui seperti puting lecet, ASI seret. dan payudara bengkak, silakan berkonsultasi dengan tim Busuisehat melalui link https://t.me/BusuiSehat.

Jaga selalu kesehatan agar Bunda dan Si Kecil terus bahagia!

Baca juga informasi menarik lainnya di bawah ini Bunda!

Ini 5 Manfaat Ajaib Sayur Bit Untuk Ibu Menyusui, Bunda Wajib Tahu!

Bunda Harus Tahu Penyebab dan Cara Mengatasi Milk Blister Saat Menyusui

Menstruasi Bunda Tidak Teratur Selama Menyusui? Ini Penyebabnya!

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password