Artikel Pilihan

Ini 5 Manfaat Buah Apel Untuk Kesehatan Ibu Menyusui

Manfaat Apel Untuk Ibu Menyusui
manfaat apel untuk ibu menyusui/ Sumber foto: freepik

Apel adalah buah kaya akan antioksidan, vitamin, serat makanan, dan berbagai nutrisi lainnya. Oleh karena kandungan nutrisinya yang bervariasi, apel dapat meningkatkan kesehatan tubuh loh, Bunda. Apel hadir dalam berbagai bentuk, warna, dan rasa serta menyediakan berbagai nutrisi yang dapat bermanfaat bagi kesehatan terutama untuk ibu menyusui.

Lalu, kira-kira apa saja manfaat konsumsi buah apel yang harus Bunda tahu?

Simak informasi bermanfaat ini yuk Bunda!

Kandungan apel

Dalam 100 gram apel mengandung karbohidrat yang bersumber dari fruktosa, sukrosa, dan glukosa. Selain itu apel mengandung 4 gram serat yang baik untuk pencernaan. Kandungan vitamin C, kalium, dan potasium berperan sebagai antioksidan.

Manfaat Apel Untuk Ibu Menyusui
kandungan nutrisi apel per 100 gram

Radikal bebas adalah molekul reaktif yang dapat menyebabkan kerusakan sel tubuh. Kerusakan ini dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, termasuk kanker dan diabetes. 

Nah, untuk mengurangi radikal bebas, Bunda perlu menerapkan pola hidup yang sehat dengan konsumsi makanan sehat dan olahraga. Salah satu makanan yang dapat mengurangi radikal bebas adalah buah apel. Seluruh zat antioksidan tersebut sangat baik untuk regenerasi atau pembentukan sel tubuh. 

Apel mengandung berbagai antioksidan, termasuk:

  • quercetin
  • katekin
  • phloridzin
  • asam klorogenat

Manfaat apel untuk kesehatan ibu menyusui

manfaat buah apel untuk ibu menyusui

Nutrisi yang terkandung dalam buah apel sangat baik untuk kesehatan tubuh, terutama untuk ibu menyusui. 

1. Mencegah stroke

Apel mengandung banyak nutrisi yang dapat menurunkan risiko stroke. Salah satu penelitian tahun 2017 menemukan bahwa orang yang mengonsumsi cukup serat memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit kardiovaskular, penyakit jantung koroner, dan stroke. Serat juga dapat membantu mengelola tekanan darah, sehingga dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

2. Mengurangi kolesterol

Salah satu penelitian tahun 2013 menemukan bahwa mengonsumsi apel dapat menurunkan kadar kolesterol. Ini menunjukkan bahwa serat dalam apel membantu mengurangi kolesterol. 

3. Baik untuk kesehatan jantung

Apel mengandung serat, vitamin C, antioksidan, dan kalium. Apel berukuran sedang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi harian berikut

  • 13–20% dari kebutuhan serat harian 
  • 9–11% dari kebutuhan vitamin C harian
  • 4% dari kebutuhan kalium harian

Vitamin C adalah antioksidan yang berperan dalam melindungi kesehatan jantung. Vitamin C juga dapat meningkatkan sistem kekebalan dan membantu melindungi tubuh dari infeksi dan penyakit. Kalium membantu mengendurkan pembuluh darah, mengurangi risiko tekanan darah tinggi dan komplikasi kardiovaskular.

4. Mencegah diabetes

Pada 2013, sebuah penelitian menemukan bahwa orang yang rutin mengonsumsi buah apel, memiliki risiko 7% lebih rendah terkena diabetes tipe 2 dibandingkan orang yang tidak makan buah. 

Apel ukuran sedang mengandung karbohidrat yang bersumber dari gula alami dengan glikemik yang rendah. Sehingga baik untuk mengontrol kadar gula darah.

5. Mencegah kanker

Mengonsumsi makanan kaya antioksidan dapat membantu mencegah stres oksidatif yang menyebabkan kerusakan sel dan dapat menyebabkan perkembangan kanker tertentu. Apel adalah sumber antioksidan yang baik untuk mencegah kanker. 

Berdasarkan penelitian tahun 2016 menunjukkan bahwa mengonsumsi apel dapat membantu menurunkan risiko kanker paru-paru, kanker payudara, dan kanker kolorektal, di antara jenis-jenis lainnya.

Dengan konsumsi makanan sehat, salah satunya buah apel, dapat meningkatkan kesehatan tubuh Bunda. Dengan begitu, produksi ASI juga ikut meningkat dan kualitasnya akan terjaga. Selain itu, Bunda bisa mengombinasikan buah apel dengan ASI booster untuk memaksimalkan kualitas dan kuantitas ASI. 

Jika Bunda memiliki keluhan selama menyusui seperti puting lecet, payudara bengkak, dan ASI mampet, Bunda bisa berkonsultasi dengan tim busuisehat.com dengan link  https://t.me/BusuiSehat.

Baca juga yuk informasi di bawah ini!

Bunda Suka Buah Pisang? Ini Manfaatnya Bagi Ibu Menyusui

Panduan MPASI Pada Bayi Usia 6 hingga 12 Bulan, Bunda Perlu Tahu Ini!

Keajaiban Air Kelapa Yang Baik Untuk Kesehatan Tubuh Bunda Selama Menyusui!

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password