fbpx
Artikel Pilihan

Ketahui Pentingnya Vitamin D untuk Bunda Menyusui!

ilustrasi vitamin D/ Foto: Freepik

 

Vitamin D dibutuhkan untuk mendukung perkembangan tulang yang sehat. Selain itu, vitamin D mampu mencegah rakhitis (penyakit yang menyebabkan tulang lemah atau cacat). suatu kondisi yang menyebabkan tulang lemah atau cacat. 

Setiap orang disarankan untuk memenuhi kebutuhan harian vitamin D demi kesehatan tulang, terlebih pada Bunda hamil dan menyusui. Ini karena Bunda hamil dan menyusui rentan mengalami osteoporosis dini. Tentu ini hal yang kurang baik ya, Bunda. 

Manfaat vitamin D

Selain mencegah rakhitis, ada banyak manfaat vitamin D yang jarang diketahui orang-orang. Bidan Cory Agusthina, SKM, CHE., mengatakan bahwa,

Asupan vitamin D yang cukup membantu penyerapan kalsium menjadi lebih baik dan membantu memelihara jaringan tulang yang kuat. Untuk Bunda menyusui, vitamin D dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah bayi kekurangan kalsium”.

Selain itu, vitamin D  juga baik untuk pencernaan, sehingga tubuh mudah mencerna dan menyerap kalsium dan fosfor. Vitamin ini, juga berguna untuk pembentukan tulang, gigi, otot, dan anti inflamasi.

Berapa banyak asupan vitamin D Bunda?

Asupan harian vitamin D yang dibutuhkan Bunda menyusui sekitar 5.000 hingga 6.000 IU. Ini bisa didapatkan dengan berjemur di bawah matahari pagi sekitar 10 hingga 15 menit. Sementara untuk Bunda yang sedang hamil, disarankan untuk mendapatkan asupan vitamin D setidaknya 6.400 IU per hari. Berjemur selama 10 hingga 15 menit bi memberikan asupan vitamin D hingga 10.000 IU. Namun, ketika musim hujan tentu akan berkurang. Oleh karena itu, sebaiknya Bunda juga mengonsumsi makanan tinggi vitamin D dan suplemen”.

Bidan Cory Agusthina, SKM, CHE.

Berapa banyak asupan vitamin D untuk Si Kecil?

Perlu diketahui bahwa vitamin D tidak memengaruhi kuantitas produksi ASI, tetapi dapat meningkatkan kualitas ASI. Mengonsumsi vitamin D yang cukup dapat meningkatkan kadar vitamin D di dalam ASI. Ini baik untuk kesehatan tulang bayi. Untuk pertumbuhan dan perkembangannya, bayi membutuhkan sekitar 400 IU vitamin D per hari Bunda”.

Bidan Cory Agusthina, SKM, CHE.

Bagaimana Bunda? Itulah informasi pentingnya vitamin D untuk Bunda. Untuk memenuhi asupan vitamin D harian, Bunda bisa berjemur di bawah matari pagi selama 10 hingga 15 menit, mengonsumsi susu, keju, kuning telur, ikan kod, dan yogurt. 

Selain itu, Bunda bisa mengonsumsi multivitamin dan ASI booster untuk memenuhi asupan vitamin D sekaligus meningkatkan kualitas dan kuantitas ASI. 

Jika Bunda memiliki keluhan selama menyusui seperti puting lecet, payudara bengkak, dan ASI mampet, Bunda bisa berkonsultasi dengan tim busuisehat.com dengan link  https://t.me/BusuiSehat.

Jaga selalu kesehatan Bunda ya pertumbuhan optimal Si Kecil.

Baca juga yuk Bunda!

Alasan Mengapa Bunda Harus Mengonsumsi Makanan Sehat

Kekurangan Asupan Vitamin A Berbahaya Loh!

5 Daftar Sayur Tinggi Vitamin C, Konsumsi Ini Bunda!

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password