fbpx
Artikel Pilihan

Yuk Ketahui Tips Berpuasa Saat Menyusui Bunda!

ilustrasi berpuasa/ Foto: Freepik

 

Berpuasa adalah kewajiban bagi seluruh umat muslim di seluruh dunia setiap tahun. Namun, beberapa orang dengan kondisi tertentu tidak diwajibkan untuk berpuasa. Misalnya, orang yang sakit kronis dan harus dirawat, wanita hamil, dan menyusui.

Namun, sebagian Bunda tetap ingin melakukan puasa di bulan suci Ramadhan, walaupun tidak diwajibkan. Lalu, sebenarnya aman tidak ya puasa saat menyusui?

Puasa bagi Bunda menyusui bukanlah sesuatu yang dilarang secara medis. Agar kesehatan tetap terjaga, Bunda bisa berpuasa dengan tetap mengonsumsi makanan tinggi nutrisi untuk memenuhi kebutuhan makro dan mikro nutrien”.

Bidan Cory Agusthina, SKM, CHE.

Untuk menghindari dehidrasi dan malnutrisi, Bunda bisa mengikuti beberapa tips berikut ini agar puasa berjalan lancar dan tubuh tetap bugar. Dengan demikian, produksi ASI tetap lancar Bunda!

Tips Berpuasa untuk Bunda Menyusui

1. Penuhi Nutrisi Harian

Bunda bisa mengonsumsi menu sehat dan bergizi seimbang yang terdiri dari karbohidrat, protein, lemak, sayur, dan buah. Protein dan lemak memiliki peran yang sangat penting karena merupakan komponen dari ASI. Sayuran dan buah wajib dikonsumsi karena tubuh membutuhkan vitamin dan mineral untuk menjaga kesehatan”.

Bidan Cory Agusthina, SKM, CHE.

2. Kebutuhan Cairan

Kecukupan cairan tubuh sangat penting untuk produksi ASI loh, Bunda. Bunda menyusui harus memenuhi kebutuhan cairan tersebut saat sahur dan berbuka puasa.  Ini untuk menjaga kadar air dalam tubuh Bunda dan menghindari dehidrasi. Usahakan untuk konsumsi air putih sebanyak 8 gelas per hari. Bunda bisa membagi jadwal minum dengan 2 gelas saat sahur, 2 gelas saat berbuka puasa, dan 4 gelas di malah hari sebelum tidur.

3. Cukup Istirahat

Saat berpuasa Bunda perlu istirahat yang cukup. Saat bayi tertidur, Bunda sebaiknya ikut tidur agar puasa tidak terasa berat.

4. Minta Bantu Keluarga

Jika Bunda menyusui memiliki anak lebih dari satu dapat meminta pertolongan suami untuk berbagi tugas. Dengan begini Bunda tidak begitu kelelahan saat menjalani puasa. Bunda bisa minta tolong suami untuk mencuci piring atau menjaga Si Kecil.

5. Konsultasi Dokter

Jika Bunda ragu untuk berpuasa selama menyusui, sebaiknya Bunda konsultasikan terlebih dahulu pada dokter. Dokter akan memberikan arahan yang baik mengikuti kondisi tubuh Bunda. 

6. Segera Berbuka Jika Tidak Sanggup

Jangan memaksakan diri jika Bunda merasa bahwa puasa di hari itu terasa sangat berat. Segera berbuka puasa, meski waktu berbuka belum tiba. Jangan sampai dehidrasi dan malnutrisi yang pada akhirnya membuat kondisi tubuh Bunda lemah dan drop”. 

Bidan Cory Agusthina, SKM, CHE.

Itulah beberapa tips yang bisa Bunda lakukan agar puasa berjalan lancar. Perlu diingat ya Bunda, selama berpuasa Bunda juga harus mengonsumsi makanan tinggi nutrisi. Jangan sampai asupan nutrisi yang Bunda butuhkan tidak tercukupi. Ini akan membahayakan tubuh Bunda. 

Untuk melengkapi kebutuhan vitamin dan mineral lainnya Bunda juga bisa mengonsumsi multivitamin dan ASI booster untuk menjaga kesehatan, meningkatkan kualitas, dan kuantitas ASI. Jika Bunda memiliki keluhan selama menyusui seperti puting lecet, payudara bengkak, dan ASI mampet, Bunda bisa berkonsultasi dengan tim busuisehat.com dengan link https://t.me/BusuiSehat. Salam sehat untuk Bunda semua! Pantau terus ya informasi menarik lainnya hanya di Busuisehat!

Baca juga yuk Bunda informasi di bawah ini!

5 Daftar Sayur Tinggi Vitamin C, Konsumsi Ini Bunda!

5 Daftar Buah Tinggi Vitamin C untuk Penuhi Nutrisi Bunda!

Rambut Rontok Saat Menyusui? Ini Penyebabnya Bunda!

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password