Artikel Pilihan

Keajaiban Daun Katuk untuk Tingkatkan Produksi ASI!

ilustrasi daun katuk/ Sumber foto: freepik

 

Daun katuk dinilai baik untuk Bunda hamil dan menyusui. Saat ini juga sudah banyak sekali produk susu yang dibuat menggunakan daun katuk untuk meningkatkan ASI. Selain baik untuk ASI, daun katuk juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh, Bunda. 

Sebelum melihat lebih jauh khasiat daun katuk ini bagi kesehatan, yuk cari tahu dulu apa saja kandungan dari daun katuk dan apa saja yang membuat daun katuk sangat bermanfaat bagi kesehatan khususnya kesehatan Bunda menyusui. 

Kandungan Daun Katuk

Daun katuk mengandung 8% protein, serat 20%, dan vitamin A, B, C. Selain vitamin, daun katuk juga mengandung mineral yang dibutuhkan tubuh, yaitu kalsium, kalium, besi, kalium, fosfor dan magnesium. Selain itu,  daun katuk mengandung efedrin yang sangat efektif untuk mengobati influenza. 

Manfaat Daun Katuk

1. Meningkatkan ASI karena kandungan zat aktifnya bersifat estrogenik dan memicu produksi ASI sehingga volume susu menjadi melimpah.

2. Mencegah Osteoporosis karena kandungan kalsiumnya yang tinggi

3. Mencegah Influenza

4. Sebagai sumber manfaat vitamin A yang dibutuhkan untuk mencegah penyakit mata, pertumbuhan sel, sistem kekebalan tubuh, serta kesehatan reproduksi dan menjaga kesehatan kulit

5. Kaya akan karbohidrat dan protein yang baik untuk energi tubuh

6. Mengandung senyawa tanin, saponin dan alkaloid papaverine acts yang berfungsi sebagai obat alami.

Nah, itulah manfaat daun katuk yang baik untuk kesehatan Bunda. Selain mengonsumsi daun katuk, selama menyusui Bunda disarankan untuk menghindari camilan tinggi gula dan garam agar terhindar dari obesitas, diabetes, dan darah tinggi. Tujuannya agar kesehatan Bunda juga tetap terjaga dan produksi ASI meningkat.

Jika Bunda sulit menemukan daun katuk atau malas untuk memasaknya, Bunda bisa bisa mengonsumsi multivitamin dan ASI booster yang terbuat dari katuk. Jika Bunda memiliki keluhan selama menyusui seperti puting lecet, payudara bengkak, dan ASI mampet, Bunda bisa berkonsultasi dengan tim busuisehat.com dengan link  https://t.me/BusuiSehat.

Baca juga yuk informasi lainnya Bunda!

Konsumsi Makanan Tinggi Gula Berbahaya Untuk Tubuh Loh Bunda!

Penting! Ini Dampak Kekurangan Vitamin C Pada Anak!

Ini 5 Camilan Sehat Untuk Tingkatkan ASI Bunda!

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password