Artikel Pilihan

Manfaat Telur Bagi Ibu Menyusui Yang Jarang Diketahui

manfaat telur bagi ibu menyusui/Sumber foto: Freepik

 

Telur adalah sumber protein hewani yang disukai oleh banyak orang, termasuk Bunda. Telur bisa diolah menjadi berbagai masakan lezat yang kaya nutrisi. Selama menyusui, Bunda bisa konsumsi telur sebagai lauk maupun camilan yang sehat.

Namun, tahukan Bunda bahwa kandungan di dalam telur sangat baik untuk kesehatan selama menyusui? Oleh karena itu, simak penjelasan mengenai manfaat telur bagi ibu menyusui di bawah ini!

Manfaat Telur Bagi Ibu Menyusui 

Telur mengandung makro dan mikro nutrien yang dibutuhkan tubuh Bunda dan Si Kecil. Bagi Bunda menyusui, asupan protein sangat penting untuk menjaga kekuatan dan memelihara otot tubuh. Sementara bagi bayi, protein sangat dibutuhkan untuk kecerdasan anak.

1. Protein berkualitas tinggi

Telur mengandung sembilan asam amino esensial dalam proporsi yang tepat. Hal ini yang menjadikan telur sebagai makanan sehat kaya nutrisi.

2. Mengandung mikronutrien

Telur kaya akan mikronutrien meliputi vitamin A, B2, dan B12 yang bagus untuk kesehatan dan produksi ASI Bunda. Konsumsi telur matang secara teratur dapat mencegah risiko anemia selama Bunda menyusui. 

3. Mendukung perkembangan otak

Telur merupakan sumber asam lemak omega-3 yang dibutuhkan untuk perkembangan otak dan penglihatan.

4. Menjaga fungsi hati dan otak

Kuning telur kaya akan kolin. Kolin merupakan nutrisi penting yang dibutuhkan oleh Bunda dan bayi yang menyusui. Ini karena kolin dibutuhkan untuk memelihara fungsi hati dan otak. 

5. Bersifat anti-inflamasi

Telur mengandung senyawa sphingomyelin, lutein, dan zeaxanthin yang bersifat anti-inflamasi. Kandungan tersebut berguna untuk melawan peradangan dan baik untuk pemulihan pascapersalinan.

Itulah beberapa manfaat yang bisa Bunda dapatkan dari telur. Selain mengonsumsi telur, Bunda juga harus konsumsi sayur dan buah untuk memenuhi nutirisi lainnya. Selain itu, Bunda bisa konsumsi ASI booster untuk membantu meningkatkan kualitas dan kuantitas ASI. 

Jika Bunda memiliki permasalahan ASI seperti puting lecet, payudara bengkak, ASI tidak keluar, dan seret silakan berkonsultasi dengan tim busuisehat.com melalui link  https://t.me/BusuiSehat.

Baca juga yuk informasi di bawah ini Bunda!

Yuk Ketahui Tips Berpuasa Saat Menyusui Bunda!

Alasan Mengapa Bunda Harus Mengonsumsi Makanan Sehat

Produksi ASI Berhenti? Coba Relaktasi Saat Menyusui!

 

.

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password