fbpx
IMD

3 Rekomendasi Olahraga untuk Ibu Hamil yang Baik dan Aman

olahraga ibu hamil/sumber foto: canva.com

Olahraga untuk ibu hamil merupakan suatu kegiatan yang sangat baik lho. Bukan hanya untuk kesehatan fisik tapi kesehatan mental juga bunda. Olahraga memiliki banyak manfaat untuk bunda yang sedang mengandung seperti, memperbaiki kinerja jantung, mengatur berat badan, menjaga kebugaran tubuh, dan menjaga kesehatan bunda dan janin. 

Selain itu, melakukan olahraga pada ibu hamil juga dapat mempermudah proses persalinan. Ketika berolahraga dapat memperkuat otot-otot yang ada di tubuh bunda, hal itu lah yang membantu proses persalinan lebih mudah tanpa membuat stres. Lantas apa saja sih olahraga yang baik untuk ibu hamil? Berikut olahraga yang dapat bunda praktekan di rumah atau mengikuti kelas khusus.

Yoga

sumber foto: canva.com

Melakukan yoga ibu hamil dapat meningkatkan kekuatan dan fleksibilitas tubuh. Latihan olahraga ini dapat melancarkan pernapasan dan membantu proses persalinan lebih mudah. 

Bunda bisa melakukan yoga di rumah atau mengikuti kelas namun, disarankan untuk mengikuti kelas karena dapat membantu mengurangi stres. Saat mengikuti kelas, tentunya bunda akan bertemu dengan banyak teman membuat batin bunda lebih tenang.

Berenang

sumber foto: canva.com

 

Olahraga ini dapat dilakukan oleh usia kandungan trimester pertama sampai trimester terakhir. Berenang saat hamil dapat membantu bayi berada di posisi yang tepat, mengurangi morning sickness, dan mengurangi stres pada ibu hamil.

Senam hamil

sumber foto: canva.com

Melakukan senam hamil dapat memberikan banyak manfaat untuk kehamilan seperti, memperkuat jantung, mengencangkan otot, dan dapat meredakan nyeri pada saat kehamilan.

Melakukan aktivitas fisik selama tidak terlalu berat saat hamil sangat baik untuk bunda ya. Yuk supaya proses persalinan lancar rajin-rajin berolahraga bunda.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password