Artikel Pilihan

Ibu Menyusui Tidak Boleh Makan Pedas, Mitos Atau Fakta?

Jakarta – Bagi kebanyakan orang Indonesia, makanan pedas sudah menjadi hidangan favorit yang tentunya tak boleh dilewatkan. Rasanya kalau enggak makan makanan yang pedas seperti ada yang kurang di lidah. Tapi, ibu menyusui boleh enggak ya makan pedas?

Melansir dari situs web resmi haibunda.com Ada banyak informasi dan mitos yang dipercaya oleh masyarakat mengenai masa-masa menyusui. Seringkali informasi-informasi tersebut diterima mentah-mentah tanpa dicari tahu lebih dahulu mengenai fakta sebenarnya terkait informasi yang beredar. Jadinya, banyak Bunda yang menyusui akan merasa serba salah dalam mengurus dan merawat sang buah hati.

Salah satu mitos yang beredar adalah bahwa Bunda yang menyusui tidak boleh makan pedas. Berdasarkan penjelasan dr.Ameetha Drupadi seorang Konselor Laktasi Rumah Sakit Mayapada Hospital, itu mitos lho Bunda. Makanan pedas adalah selera masing-masing orang. Kalau Bunda menyukai makanan pedas tentunya akan lebih menambah nafsu makan Bunda.

“Sebenarnya kalau sedang menyusui, makan pedas pun itu enggak apa-apa. Enggak ada pengaruh ke ASI. Namun, jangan berlebihan karena kalau berlebihan ibunya sampai diare menyusui jadi enggak menyenangkan,” tutur Ameetha kepada HaiBunda beberapa waktu lalu. 

Bunda tetap bisa makan makanan pedas yang Bunda sukai saat menyusui. Tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa makanan pedas harus dihindari demi si kecil, baik selama kehamilan atau menyusui.

Mengutip dari Health Line, penelitian Trusted Source menunjukkan bahwa bayi yang terpapar berbagai rasa melalui cairan ketuban selama kehamilan dan juga dari ASI setelah mereka lahir, sebenarnya lebih terbuka untuk memasukkan berbagai rasa ke dalam makanan mereka sendiri begitu mereka mulai makan makanan padat.

Perhatian yang lebih mendesak untuk keselamatan si kecil mungkin bukan pada apa yang Bunda makan seperti makan makanan pedas, tetapi justru Bunda berhati-hati agar tidak menjatuhkan makanan panas pada saat menyusui.

Jika Bunda memang rutin mengonsumsi makan makanan yang lebih pedas itu enggak jadi masalah ya. Terus nikmati makan makanan Bunda selama makanan tersebut adalah makanan sehat yang dapat mempengaruhi kualitas ASI. 

Lalu apa sih yang enggak boleh dikonsumsi selama menyusui? Penasaran kan, Bun? Yuk simak sampai habis ya Bunda.

Sebenarnya ada enggak sih makanan yang harus dihindari selama menyusui? Banyak orang, memberi tahu bahwa Bunda yang sedang menyusui perlu menghindari makanan seperti brokoli, tomat, dan kimchi. Terlepas dari cerita orang zaman dahulu, hanya ada sedikit makanan yang benar-benar perlu Bunda hindari kecuali Bunda pernah mengalami masalah sebelumnya, seperti adanya alergi terhadap suatu makanan.

Sebuah studi dari sumber terpercaya 2019 menemukan bahwa Ibu yang menyusui tidak perlu membatasi makanan mereka, karena informasi yang salah tentang risiko atau manfaat bagi si kecil. Realitas yang disayangkan adalah hal ini dapat menurunkan durasi menyusui dan bisa menyebabkan Bunda menjadi stres.

 

Kenyataannya adalah bahwa kebanyakan orang dapat dengan aman makan makanan apapun seperti biasanya selama menyusui tanpa efek buruk. Makanan atau hal yang dihindari untuk dikonsumsi oleh Bunda saat sedang menyusui adalah makanan yang tidak aman, seperti ikan yang mengandung merkuri tinggi, alkohol, kelebihan kafein, suplemen herbal kecuali jika diizinkan oleh dokter Bunda.

Dokter yang menangani Bunda mungkin juga menyarankan untuk memeriksa berat badan Bunda jikalau si kecil menunjukkan tanda-tanda alergi atau sensitivitas makanan. Jika si kecil mengalami gejala alergi terhadap suatu makanan, Bunda jangan ragu dan jangan menunda untuk menghubungi dokter anak ya agar dapat ditangani secara tepat oleh dokter.

Penting untuk diketahui bahwa, secara umum, bukti menunjukkan bahwa menyusui bermanfaat untuk melindungi bayi dari alergi makanan. Jadi, Bunda tidak boleh menghilangkan makanan tanpa mendiskusikannya terlebih dahulu dengan dokter ya.

 

© 2021 Copyright Busuisehat.com
Hak Cipta Dilindungi All rights reserved

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password