Artikel Pilihan

Vitamin C Punya Segudang Manfaat Menakjubkan Bunda!

ilustrasi vitamin c/ Foto: Freepik

 

Siapa yang tidak suka sayur dan buah?

Kedua makanan tersebut memiliki manfaat yang sangat baik untuk tubuh loh, Bunda. Sayur dan buah mengandung banyak vitamin dan mineral. Salah satu vitamin yang berperan penting untuk menjaga kesehatan tubuh adalah vitamin C.

Nah, kira-kira Bunda sudah tahu belum manfaat apa saja yang didapat tubuh dari vitamin C? Simak penjelasan di bawah ini yuk, Bunda!

Apa itu vitamin C?

Vitamin C adalah vitamin esensial, artinya tubuh Bunda tidak dapat memproduksi dengan sendirinya. Sehingga Bunda harus mengonsumsi makanan yang tinggi vitamin C untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Sumber Vitamin C  adalah sayuran brokoli, cabai, bayam, dan buah seperti nanas, keruk, jambu biji, mangga, kiwi, lemon, dan tomat. 

Manfaat vitamin C

1. Mengurangi risiko penyakit kronis

Vitamin C adalah antioksidan kuat yang dapat meningkatkan pertahanan alami tubuh Bunda. Antioksidan adalah zat yang mampu meningkatkan dan mempertahankan sistem kekebalan tubuh. Zat ini melindungi sel dari molekul berbahaya yang disebut radikal bebas.

2. Menjaga tekanan darah 

Tekanan darah tinggi membuat Bunda berisiko terkena penyakit jantung. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa vitamin C dapat membantu menurunkan tekanan darah pada penderita tekanan darah tinggi maupun yang bukan.Ini karena vitamin C membantu mengendurkan pembuluh darah yang berfungsi membawa darah dari jantung ke seluruh tubuh. Jadi aman dikonsumsi bagi siapa saja. 

3. Menurunkan risiko penyakit jantung

Penyakit jantung adalah penyebab utama kematian di seluruh dunia. Ada banyak faktor risiko penyakit jantung, termasuk tekanan darah tinggi atau kadar kolesterol jahat.Dengan mengonsumsi vitamin C mampu mengurangi risiko penyakit jantung. 

4. Menurunkan kadar asam urat 

Gejala asam urat muncul ketika terlalu banyak purin dalam darah. Asam urat merupakan produk limbah yang dihasilkan oleh tubuh, Bunda. Jika kadarnya berlebih, akan mengendap di dalam tubuh dan mengkristal. Nah, untuk menghindari risiko penyakit ini, Bunda bisa mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C. Vitamin C dapat mengurangi asam urat dalam darah. 

5. Membantu mencegah kekurangan zat besi

Zat besi merupakan nutrisi penting untuk tubuh, Bunda. Untuk menjaga zat besi dalam darah, Bunda bisa mengonsumsi makanan atau suplemen tinggi vitamin C. Vitamin C membantu meningkatkan penyerapan zat besi dari makanan yang Bunda  konsumsi. Vitamin C membantu mengubah zat besi yang sulit diserap, seperti sumber zat besi nabati, menjadi bentuk yang lebih mudah diserap. Hasilnya, vitamin C dapat membantu mengurangi risiko anemia karena penyerapan zat besi tubuh jadi lebih baik. 

Itulah informasi seputar manfaat vitamin C bagi tubuh Bunda. Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan asupan harian vitamin Bunda. Terlebih jika Bunda sedang menyusui Si Kecil. Cukup konsunsumsi makakan dan minum sehat. Selain itu, Bunda bisa mengonsumsi multivitamin dan ASI booster untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas ASI. 

Jika Bunda memiliki keluhan selama menyusui seperti puting lecet, payudara bengkak, dan ASI mampet, Bunda bisa berkonsultasi dengan tim busuisehat.com dengan link https://t.me/BusuiSehat. Salam sehat untuk Bunda semua! Pantau terus ya informasi menarik lainnya hanya di Busuisehat!

Baca juga yuk Bunda informasi menarik lainnya!

Segudang Manfaat Vitamin A Untuk Si Kecil!

Yuk Penuhi Asupan Protein Harian Si Kecil!

Rambut Rontok Saat Menyusui? Ini Penyebabnya Bunda!

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password