Artikel Pilihan

Rambut Rontok Saat Menyusui? Ini Penyebabnya Bunda!

ilustrasi rambut rontok/ Foto: Freepik

 

Saat menyusui , Bunda sering mengeluhkan masalah rambut rontok yang dialami. Sebagian Bunda mengalami rambut rontok yang ringan, namun ada juga yang parah. Hal ini sering membuat kekhawatiran bagi Bunda, terlebih rambut adalah mahkota kepala. Lalu kira-kira apa sih penyebab rambut rontok selama menyusui? Simak penjelasannya berikut ini!

Penyebab Rambut Rontok 

Bunda, rambut rontok saat menyusui adalah hal yang alamiah kok. Jadi tidak perlu khawatir.

Rambut rontok ketika menyusui adalah proses alamiah yang tidak dapat dicegah. Sebenarnya, pengaruh utamanya adalah hormonal. Ada penelitian yang menyebutkan bahwa kurang nutrisi menyebabkan kerontokan rambut. Namun, penyebab utamanya adalah hormonal”.

Bidan Cory Agusthina, SKM, CHE.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan rambut Bunda rontok saat menyusui, salah satunya adalah perubahan hormonal. Setelah melahirkan, hormon estrogen dan hormon progesteron akan mengalami penurunan secara drastis. Selain itu, volume darah juga akan menurun sehingga memengaruhi kekuatan rambut Bunda. Namun, kondisi ini akan membaik secara alami.

Mengatasi Rambut Rontok 

Oleh karena rambut rontok adalah hal alami saat menyusui, Bunda tidak perlu melakukan perawatan khusus. Sebab ini akan sembuh dengan sendirinya seiring dengan kadar hormon dalam tubuh Bunda. Saat Si Kecil berusia 1 tahun, rambut rontok akan berkurang karena kadar hormon yang mulai stabil. 

Namun, jika Bunda tidak nyaman dengan kondisi ini, Bunda bisa melakukan tips-tips berikut untuk mengatasi rambut rontok.

1. Penataan rambut sederhana

Selama menyusui, Bunda bisa mengubah gaya rambut agar terlihat bervolume. Selain itu, hindari penggunaan hair dryer dan mengecat rambut karena dapat memengaruhi kekuatan akar rambut Bunda.

2. Perhatikan pola makan

Konsumsi sayuran hijau untuk memperbaiki rambut rontok saat menyusui juga bisa Bunda terapkan. Konsumsi makanan yang tinggi nutrisi akan memperbaiki kesehatan rambut Bunda. Bunda bisa mengonsumsi makanan tinggi zat besi dan vitamin C seperti bayam, katuk, jeruk, dan brokoli”.

Bidan Cory Agusthina, SKM, CHE.

3. Menggunakan shampoo khusus 

Bunda bisa menggunakan shampoo khusus agar rambut terlihat lebih bervolume. Gunakan shampoo yang mengandung minyak kemiri dan lidah buaya yang terbukti mampu menyuburkan rambut Bunda.

Selain itu, Bunda bisa mengonsumsi suplemen yang mengandung vitamin dan  mineral. Hindari stres dan istirahat yang cukup untuk menjaga kesehatan Bunda. Bunda juga bisa mengonsumsi ASI booster untuk menjaga kualitas dan kuantitas ASI. Jika ASI Bunda tidak kunjung lancar padahal sudah mencoba berbagai produk ASI booster, Bunda bisa berkonsultasi dengan tim busuisehat.com melalui link https://t.me/BusuiSehat

Untuk informasi dan tips-tips menarik lainnya, ikuti terus Busuisehat ya!

Baca juga yuk Bunda!

Tahukah Bunda Ternyata Kacang Kedelai Banyak Manfaatnya!

Bunda Harus Tahu Cara Meningkatkan ASI yang Turun Drastis!

Dampak Konsumsi Gula Berlebihan Yang Harus Bunda Ketahui!

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password