fbpx
Artikel Pilihan

Yuk Penuhi Asupan Protein Harian Si Kecil!

ilustrasi protein/ Foto: Freepik

Bunda, tahukah kalau protein sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan Si Kecil?

Anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan membutuhkan asupan nutrisi yang baik dan cukup. Faktanya, selama masa pertumbuhan kebutuhan protein lebih besar dibandingkan dengan karbohidrat dan lemak. Ini karena protein memiliki manfaat yang sangat baik untuk tubuh. Kira-kira apa saja manfaat portein bagi Si Kecil? Simak penjelasannya berikut ini!

Pentingnya Protein Untuk Si Kecil

Asupan makanan bergizi tinggi mutlak diperlukan untuk memelihara, menjaga kesehatan, pertumbuhan, dan perkembangan tubuh. Terlebih jika Si Kecil masih masa pertumbuhan. Bunda perlu memperhatikan asupan makanan Si Kecil terutama protein.  

Protein merupakan salah satu kelompok bahan makronutrien. Protein berperan pembentukan penyusun bentuk tubuh. Namun, apabila sedang kekurangan energi, protein dapat digunakan sebagai sumber energi. 

Protein digunakan sebagai zat pembakar, sehingga anak-anak yang kekurangan protein rentan mengalami kerontokan rambut dan otot jadi lembek. Ini karena protein membantu proses pertumbuhan tinggi badan dan baik untuk perkembangan serta kecerdasan otak. 

Anak-anak yang mengalami susah makan rentan mengalami gangguan pertumbuhan seperti stunting.Makan tidak teratur dapat menyebabkan kadar gula darah menurun, anak sulit berkonsentrasi sehingga memengaruhi konsentrasi anak dalam belajar. 

Selain itu, kekurangan protein akan menghambat pertumbuhan Si Kecil. Pertumbuhan yang tidak sesuai potensialnya akan berpotensi mengalami kekerdilan pada anak, loh. Untuk menghindari hal tersebut, Bunda perlu memenuhi asupan harian protein yang dibutuhkan Si Kecil.

Asupan Protein Si Kecil

Meningkatnya asupan protein akan berdampak baik untuk meningkatkan massa otot tubuh dan kecerdasan Si Kecil. Penuhi asupan kebutuhan protein harian anak sesuai usia:

  • usia 0 hingga 6 bulan: 12 gram protein
  • usia 7 hingga 12 tahun: 18 gram protein
  • usia 1 hingga 3 tahun: 26 gram protein
  • usia 4 hingga 6 tahun: 35 gram

Untuk memuhi asupan protein Si Kecil, Bunda bisa memberikan daging-dagingan, seperti daging sapi, daging ayam, telur, atau daging ikan. Selain itu, lengkapi kebutuhan asupan protein dengan pemberian ASI.

Selain Si Kecil, Bunda juga perlu menjaga kesehatan dengan memenuhi asupan prrotein harian. Bunda bisa mengonsumsi suplemen atau ASI booster untuk memenuhi asupan protein Bunda selama menyusui. Jika ASI Bunda memiliki permasalahan ASI, Bunda bisa berkonsultasi dengan tim busuisehat.com melalui link https://t.me/BusuiSehat

Itulah informasi seputar protein yang perlu Bunda ketahui. Perlu diingat ya Bunda, kunci tumbuh kembang anak yang optimal adalah tercukupinya seluruh nutrisi. Untuk informasi dan tips-tips menarik lainnya, ikuti terus Busuisehat ya!

Baca juga yuk Bunda!

Kekurangan Asupan Vitamin A Berbahaya Loh!

Bunda Harus Tahu Cara Meningkatkan ASI yang Turun Drastis!

Produksi ASI Berhenti? Coba Relaktasi Saat Menyusui!

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password