Artikel Pilihan

Mitos atau Fakta: Benarkah Susu Formula Lebih Baik Daripada ASI?

benarkah susu formula lebih baik daripada asi?
susu formula dan asi/ Sumber foto: freepik

 

Memberikan nutrisi terbaik untuk bayi Bunda. ASI paling banyak direkomendasikan untuk kesehatan Si Kecil. 

Pemberian ASI eksklusif untuk enam bulan pertama setelah kelahiran kemudian pemberian ASI dalam kombinasi dengan makanan padat sampai setidaknya usia 1 atau 2 tahun, Bunda.

Namun, sebagian besar Bunda yang sibuk atau memiliki permasalahan ASI, cenderung lebih menyukai susu formula dibandingkan ASI. Alasan utamanya adalah mudah dan tidak ribet. 

Tapi, tahukan Bunda kalau ternyata kandungan susu formula jauh berbeda dibandingkan ASI. Kira-kira lebih baik mana ya? ASI atau susu formula? 

Kandungan ASI 

benarkah susu formula lebih baik daripada asi?

ASI mengandung nutrisi yang seimbang untuk bayi Anda dan meningkatkan sistem kekebalan bayi Bunda. ASI memberikan antibodi alami yang membantu bayi Bunda melawan berbagai penyakit, seperti infeksi telinga, alergi, infeksi pernapasan, dan keracunan.

ASI mengandung seluruh nutrisi yang dibutuhkan oleh Si Keci karena kandungan makro dan mikronutrien yang lengkap. ASI mengandung air, karbohidrat, protein, lipid, karnitin, vitamin A, B kompleks, C, D, K, E, dan asam folat. Selain itu, mineral yang terkandung dalam ASI juga sangat lengkap meliputi zat besi, seng, magnesium, natrium, kalsium, klorida, zinc, dan selenium. 

Selain itu, ASI mengandung alfa-laktalbumin bersifat antibakteri dan dapat membunuh sel kanker. Seluruh kandungan tersebut membantu pertumbuhan dan perkembangan Si Kecil agar terhindar dari stunting dan penyakit kronis lainnya.

Kandungan Susu Formula

Susu formula memiliki kandungan yang serupa dengan ASI, namun tetap berbeda. Berbeda dengan ASI, susu formula tidak memiliki zat aktif anti alergi dan antibodi yang dibutuhkan Si Kecil. Padahal, kandungan ini sangat dibutuhkan untuk anak Bunda.

Untuk menyamakan kandungan ASI, produsen susu formula terus berinovasi untuk menambahkan berbagai kandungan baru. Namun, ada kandungan ASI yang sampai sekarang tidak bisa dibuat tiruannya. Dalam susu formula juga sama-sama memiliki kandungan zat besi dan DHA. Walaupun susu formula memiliki nutrisi yang lebih tinggi, tetapi ASI lebih baik karena mudah dicerna dan diserap secara optimal oleh bayi”. 

Bidan Cory Agusthina, SKM, CHE.

Itulah perbedaan kandungan dari ASI dan susu formula. Meskipun terlihat sama, namun memiliki kandungan yang berbeda. Bagaimana pu, ASI lebih cocok untuk pertumbuhan dan perkembangan untuk bayi Bunda. 

Ini karena ASI lebih mudah dicerna dibandingkan susu formula. Dengan begitu, seluruh nutrisi dalam susu bisa terserap secara optimal. 

Jika, anggapan bahwa susu formula lebih baik daripada ASI kurang tepat!

Selama pemberian ASI, Bunda juga harus menjaga kesehatan dan asupan makan. Pastikan seluruh nutrisi tubuh terpenuhi. Bunda bisa mengonsumsi multivitamin dan ASI booster untuk memenuhi nutrisi tubuh sekaligus meningkatkan kualitas dan kuantitas ASI. 

Jika Bunda memiliki keluhan selama menyusui seperti puting lecet, payudara bengkak, dan ASI mampet, Bunda bisa berkonsultasi dengan tim busuisehat.com dengan link  https://t.me/BusuiSehat.

Baca juga yuk Bunda!

ASI Penting Untuk Bayi Penderita Penyakit Kuning
Bentuk Puting Berpengaruh Terhadap Kelancaran ASI Bunda Loh!

Ternyata Bentuk Payudara Memengaruhi Kelancaran ASI Bunda

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password