Artikel Pilihan

Benarkah Konsumsi Air Dingin Saat Menyusui Bikin Gemuk Si Kecil?

ilustrasi air dingin/ Foto: Freepik

 

Tahukan Bunda, kalau sekitar 80% dari tubuh kita terdiri dari air?

Oleh karena itu, kita disarankan untuk mengonsumsi air minimal 2 liter perhari. Ini karena sebagian besar dari tubuh Bunda adalah air. Tanpa air, tentunya Bunda bisa dehidrasi bahkan bisa mengalami kematian loh. Seram ya, Bun.

Minum air yang cukup baik untuk kesehatan Bunda. Ini karena air memiliki peran penting karena membantu menyalurkan seluruh nutrisi yang diserap dan oksigen ke seluruh organ tubuh. Selain itu, ASI juga membantu Bunda dalam menjaga kuantitas dan kualitas ASI. Ini karena sekitar 80% kandungan ASI adalah air. 

Ada berbagai cara meminum air putih. Biasanya, untuk menghilangkan rasa dahaga, Bunda menambahkan es batu ke air putih. Ketika diminum, air terasa dingin dan lebih segar. Namun, biasanya saat menyusui, Bunda disarankan untuk mengurangi konsumsi air dingin atau air es. Katanya sih air es bisa membuat bayi Bunda jadi gemuk. 

Apa benar begitu?

Untuk informasi selengkapnya, simak penjelasan berikut Bunda!

Baca juga: ASI Penting Untuk Bayi Penderita Penyakit Kuning

Apakah minum air dingin bisa bikin badan Si Kecil dan Bunda gemuk?

Jawabannya adalah tidak!

Bunda, mengonsumsi air putih dingin setiap hari tidak akan berpengaruh pada tubuh. Air putih dingin yang Bunda konsumsi memiliki 0 kalori. Ketika dikonsumsi, suhu dingin dari es akan berubah menyesuaikan suhu tubuh secara alami.

Apa penyebab berat badan bertambah?

Yang membuat badan Bunda menggemuk ketika minum air dingin adalah bahan campurannya. Misalnya, air putih dingin dicampur dengan gula, susu, dan boba. Memang terasa nikmat tetapi susu, gula, dan boba masing-masing memiliki kalori. Dalam 100 ml susu mengandung sekitar 150 kalori. Selain itu, dalam 100 gram gula pasir mengandung 350 kalori, sementara 5 sendok makan boba mengandung  300 kalori. Jika dijumlah dalam 1 porsi minuman boba mengandung 650 kalori.

Yang perlu diingat bukan es yang membuat tubuh Bunda gemuk. Jadi, jangan menyalahkan esnya. Es terbuat dari air putih dengan 0 kalori. Yang membuat tubuh Bunda gemuk adalah gula yang ada di dalam es, seperti es teh manis, boba. Ini karena gula menyumbang kalori besar ”.

Bidan Cory Agusthina, SKM, CHE.

Apakah Air Dingin Membuat Bayi Bunda Gemuk?

Tentu tidak ya, Bunda.

Mengonsumsi air putih dingin juga tidak akan memengaruhi produksi dan kualitas ASI Bunda. Ini karena ASI terbentuk dari darah dan kelenjar susu. Aliran darah dalam tubuh Bunda mengantarkan nutrisi yang didapat dari makanan ke seluruh tubuh, termasuk kelenjar susu. Tujuannya untuk pembentukan ASI. 

“ASI terbentuk bukan dari lambung atau sistem pencernaan, melainkan dari darah. Aliran darah mengantarkan nutrisi yang diperlukan untuk pembentukan ASI. Jadi kalau Bunda minum es, tentunya akan diproses dulu di sistem pencernaan. Minuman akan masuk ke lambung dan di proses di usus besar, lalu dialirkan ke pembuluh darah termasuk ASI. Efek gula dalam minuman itu sendiri tidak ke bayi, melainkan ke tubuh Bunda sendiri. Itu alasannya berat badan Bunda bertambah”.

Bidan Cory Agusthina, SKM, CHE.

Jadi Bunda tidak perlu khawatir ya kalau ingin mengonsumsi air putih dingin. Yang perlu diperhatikan justru bahan campurannya. Hindari konsumsi gula secara berlebihan agar Bunda terhindar dari obesitas dana diabetes.

Selama menyusui Bunda hanya perlu menjaga pola makan sehat. Konsumsi berbagai sayur dan buah-buahan. Jika perlu, Bunda bisa mengonsumsi mengonsumsi ASI booster untuk menjaga kualitas dan kuantitas ASI.

Jika ASI Bunda tidak kunjung lancar padahal sudah mencoba berbagai produk ASI booster, Bunda bisa berkonsultasi dengan tim busuisehat.com melalui link https://t.me/BusuiSehat

Informasi ini menarik ya, Bunda?

Ingin tahu informasi dan tips-tips menarik lainnya? Ikuti terus Busuisehat ya, Bunda!

Baca juga: Konsumsi Ikan Bikin ASI Bunda Amis, Mitos atau Fakta?

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password