Artikel Pilihan

Ikuti 5 Tips Menurunkan Berat Badan Selama Menyusui

5 tips menurunkan berat badan selama menyusui
menurunkan berat badan selama menyusui/ Sumber foto: freepik

 

Tahukah Bunda, ternyata menyusui punya banyak manfaat untuk tubuh. Salah satunya adalah menurunkan berat badan!

Namun, jumlah berat badan yang turun akan berbeda-beda untuk setiap orang.

Menyusui biasanya membakar 500 hingga 700 kalori per hari. Oleh karena itu, selama menyusui Bunda disarankan untuk menambah kalori sebanyak 500 hingga 700 kalori. Tujuannya agar tubuh Bunda tidak kekurangan energi.

Nah, untuk menurunkan berat badan dengan aman saat menyusui, penting untuk mengikuti rekomendasi dokter. Tanyakan berapa banyak kalori yang perlu dikonsumsi dan olahraga apa saja yang aman.

Namun, ada beberapa hal yang dapat Bunda lakukan untuk mendukung penurunan berat badan dengan aman saat menyusui.

Tips Menurunkan Berat Badan Selama Menyusui

1. Konsumsi makanan sehat

Penting untuk menjaga pola makan yang sehat saat menyusui agar Bunda dapat menghasilkan ASI yang bergizi untuk buah hati. Itu berarti mengurangi kalori mungkin bukan solusi yang aman untuk dilakukan. Sebaiknya, Bunda tetap mengonsumsi makanan sesuai kebutuhan. 

Pastikan seluruh kebutuhan karbohidrat, protein, lemak baik, vitamin, mineral, dan serat terpenuhi ya Bunda. Ini karena tubuh membutuhkan nutrisi tersebut untuk menjaga metabolisme tubuh. 

Selain itu, sebaiknya hindari makanan tinggi gula dan garam ya Bunda. Gula dan garam dapat mengikat lemak dan air dalam tubuh. Selain itu, hindari makanan junk food karena tinggi kolestrol jahat. 

2. Berolahraga dengan aman

Jika dokter Bunda memberikan izin untuk berolahraga, Bunda bisa memulai olahraga ringan. Cukup 30 menit per hari, minimal 3 kali dalam seminggu. Bunda bisa melakukan olahraga ringan seperti jalan pagi atau yoga yang baik untuk kekuatan tulang dan otot.

3. Minum air putih yang cukup

Saat menyusui, hal yang paling penting adalah untuk tetap terhidrasi. Selama menyusui, Bunda disarankan mengonsumsi minimal 3 liter per hari. 

Hindari minuman manis dalam kemasan karena minuman ini sedikit nutrisi. 

4. Jangan melewatkan makan

Jangan melewatkan makan saat menyusui, meskipun Bunda sedang mencoba menurunkan berat badan. Melewatkan makan dapat memperlambat metabolisme dan menyebabkan energi menurun. Ini membuat tubuh Bunda jadi mudah lelah dan sakit sehingga dapat mempersulit Bunda untuk aktif dan merawat bayi.

5. Istirahat yang cukup

Mungkin sulit menemukan waktu untuk istirahat ketika Bunda memiliki bayi baru. Tetapi cobalah untuk tidur sebanyak yang Bunda bisa. Ini dapat membantu tubuh pulih lebih cepat dan Bunda dapat menurunkan berat badan lebih cepat.

Tidur juga penting setelah Bunda kembali berolahraga karena otot perlu istirahat dan pulih setelah berolahraga.

Jika bayi Bunda menyusu sepanjang malam, cobalah untuk tidur di siang atau sore hari, selama bayi tidur. 

Mintalah bantuan pada suami untuk mengurus Si Kecil, agar Bunda dapat beristirahat dengan cukup.

Agar asupan nutrisi tubuh terpenuhi, Bunda bisa mengonsumsi multivitamin dan ASI booster untuk memenuhi nutrisi tubuh sekaligus meningkatkan kualitas dan kuantitas ASI. 

Jika Bunda memiliki keluhan selama menyusui seperti puting lecet, payudara bengkak, dan ASI mampet, Bunda bisa berkonsultasi dengan tim busuisehat.com dengan link  https://t.me/BusuiSehat.

Baca juga informasi menarik lainnya yuk Bunda!

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password