fbpx
Artikel Pilihan

3 Langkah Mengatasi Payudara Bengkak, Bunda Coba Ini Yuk!

cara mengatasi payudara bengkak pada ibu menyusui
mengatasi payudara bengkak/ Sumber foto: freepik

 

Payudara bengkak adalah masalah yang sering ibu alami saat menyusui. Hal ini disebabkan berbagai faktor. Payudara bengkak bahkan bisa menimbulkan rasa nyeri dan tidak nyaman pada Bunda. Jika Jika tidak ditangani dengan baik, ini bisa berpotensi mastitis loh Bunda. 

Ada beberapa langkah yang bisa Bunda lakukan di rumah secara mandiri. Perhatikan 3 langkah berikut ini agar bengkak pada payudara teratasi.

3 Langkah Atasi Payudara Bengkak Saat Menyusui

Cara mengatasi payudara bengkak pada ibu menyusui

Payudara bengkak ketika menyusui merupakan hal yang wajar kok, Bun. Jadi, Bunda tidak perlu khawatir. Kasus ini bahkan sering terjadi pada ibu yang baru saja melahirkan sehingga menimbulkan rasa sakit pada payudara dan kesulitan menyusui. Berikut beberapa langkah yang bisa Bunda lakukan mandiri di rumah untuk mengurangi pembengkakan pada payudara.

1. Keluarkan ASI agar rasa nyeri berkurang 

Payudara yang terlalu penuh dengan ASI akan meningkatkan tekanan sehingga payudara Bunda membengkak. Untuk me Bunda bisa memijat payudara atau memompa ASI menggunakan pumping untuk mengeluarkan sedikit ASI sehingga tekanan pada payudara berkurang.

2. Mengompres payudara 

Bunda dapat mengompres payudara dengan air hangat maupun dingin. Untuk melancarkan ASI, gunakanlah kompres hangat agar pengosongan payudara Bunda berjalan cepat. Namun, jika Bunda ingin mengurangi rasa sakit dan keras pada payudara, gunakanlah air dingin untuk mengompres.

3. Perhatikan posisi saat menyusui

Untuk mengurangi rasa sakit payudara, Bunda bisa mengubah posisi menyusui yang benar. Posisi perlekatan yang benar dapat mencegah penyumbatan pada kelenjar dan aliran susu pada payudara sehingga rasa sakit akan berkurang.

Mengatasi payudara bengkak saat menyusui tidak mudah, Bunda. Apalagi kalau pembengkakan ini sampai memengaruhi kualitas dan produksi ASI Bunda. Jika pembengkakan tidak kunjung mereda, produksi ASI bisa berkurang. Asupan nutirisi yang didapatkan jadi berkurang. Kalau sudah begitu, anak berisiko terkena stunting!

Selain melakukan 3 langkah tersebut, Bunda bisa konsumsi ASI booster agar kualitas dan kuantitas ASI tetap terjaga. Jika Bunda memiliki permasalahan ASI lainnya seperti puting lecet, payudara bengkak, dan ASI seret, Bunda bisa berkonsultasi dengan tim busuisehat.com melalui link  https://t.me/BusuiSehat.

Baca juga informasi di bawah ini Bunda!

Ini Cara Agar ASI Payudara Bunda Cepat Penuh

Keajaiban Daun Katuk untuk Tingkatkan Produksi ASI!

Ini Daftar Vitamin Penyubur Rambut, Bunda Harus Tahu!

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password