Artikel Pilihan

Pilihan Makanan untuk Meningkatkan Kualitas ASI

Dikutip dari situs resmi Nutriclub.co.id, tubuh Bunda secara natural akan menjaga kualitas ASI yang Bunda produksi. Jadi, sebaiknya Bunda mengonsumsi makanan sehat agar kualitas ASI terjaga. Lalu makanan sehat apa aja sih yang bisa meningkatkan nutrisi dan kualitas ASI? Yuk simak penjelasannya!

1. Kalori

Selaman menyusui, Bunda membutuhkan sekitar 300-400 kalori lebih banyak daripada wanita biasa. Walau begitu, Bunda tidak perlu bingung menghitung kalori yang  diperlukan. Cukup ikuti sinyal lapar dari tubuh sudah cukup sebagai indikator asupan nutrisi. 

2. Protein

Selama menyusui, tubuh Bunda membutuhkan lebih banyak protein dari biasanya yaitu sekitar 20 gram. Bunda bisa mengonsumsi protein lewat daging ayam, ikan dan sapi, telur, keju, susu, yogurt, tahu, dan kacang-kacangan untuk mencukupi kebutuhan.

3. Kalsium

Bunda disarankan untuk mengonsumsi kalsium sekitar 1300 mg per hari selama menyusui Si Kecil. Penuhi asupan kalsiumBunda lewat susu, yogurt, kacang-kacangan, dan keju.

4. Zat Besi

Zat Besi penting untuk kesehatan tubuh. Selama menyusui, Bunda memerlukan zat besi sekitar 34 mg per hari. Penuhi kebutuhan tersebut lewat daging sapi, ayam, ikan dan kuning telur, serta kacang-kacangan, dan buah-buahan kering.

5. Vitamin C

Kebutuhan vitamin C sebesar 100 mg per hari, bisa Bunda dapatkan dari berbagai buah-buahan dan sayur-sayuran seperti jeruk, brokoli, pepaya, tomat, kol, dan paprika.

Menurut Dr. Riyani M. limoa, M.Kes, SpOG, beliau menjelaskan bahwa “Agar produksi ASI banyak bersihkan puting sejak kehamilan trimester tiga, lakukan pijatan payudara, menyusui sesering mungkin, kosongkan payudara dengan memompa setelah bayi menyusu, minum banyak air putih, banyak istirahat dan makan yang cukup dan bergizi.”

Intinya, untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas ASI, Bunda harus memenuhi kebutuhan gizi yang diperlukan. Penuhi asupan kalsium, protein, lemak, zat besi, vitamin, dan mineral dengan mengonsumsi makanan segar.

Selain itu,  Bunda bisa mengonsumsi ASI booster untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas ASI Bunda dengan cepat. Jika Bunda mengalami masalah menyusui seperti puting lecet, payudara bengkak, dan ASI seret, Bunda bisa berkonsultasi dengan tim busuisehat.com dengan klik link https://busuisehat.com/chat/konsul-bundaku/

Jangan lupa untuk selalu jaga kesehatan ya Bunda dengan berbagai informasi dan tips-tips dari Busuisehat!

Baca juga yuk Bunda!

Produksi ASI Berhenti? Coba Relaktasi Saat Menyusui!

Yuk Cegah Anemia Saat Bunda Menyusui!

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password