Artikel Pilihan

Yuk Cegah Anemia Saat Bunda Menyusui!

ilustrasi anemia/ Foto: Freepik

 

Anemia adalah kondisi kurangnya sel darah merah dalam tubuh Bunda. Kondisi ini bisa diakibatkan kurangnya asupan zat besi, asam folat, atau vitamin B 12. Hal ini sering terjadi pada Bunda saat hamil dan menyusui. Kehilangan darah selama persalinan dan pola makan yang tidak mencukupi juga menjadi penyebab anemia pada Bunda. 

Pada Bunda menyusui, kondisi anemia sering sekali terjadi. Ini karena anak sedang mengalami masa tumbuh kembang yang membutuhkan banyak nutrisi. Untuk mendapatkan nutrisi, anak Bunda harus mengonsumsi nutrisi dari ASI yang Bunda produksi sehingga menyebabkan tubuh Bunda kekurangan zat besi untuk cadangan tubuh.

Gejala Anemia

Kondisi anemia ini tidak terjadi secara tiba-tiba, Bunda. Bisa saja Bunda sudah mengalami gejala kekurangan darah namun sering kali tidak disadari. Ada beberapa gejala anemia yang bisa Bunda rasakan, seperti:

  • mengalami penurunan energi, 
  • kelelahan fisik
  • kulit pucat
  • pusing disertai rasa sakit di kepala
  • jantung berdebar
  • napas terasa sesak
  • rambut rontok dan kering
  • kulit kering
  • mual disertai diare

Jika gejala-gejala tersebut tidak segera ditangani bisa meningkatkan risiko anemia berat, loh. Pada ibu menyusui, anemia dapat menurunkan kekebalan tubuh Bunda, sehingga produksi dan kualitas ASI menurun. Hal itu akan mengurangi pemberian nutrisi kepada anak sehingga memengaruhi pertumbuhan Si Buah Hati. 

Pencegahan Anemia

Natural products sources of copper. Food containing Cu

Untuk menghindari anemia, Bunda bisa melakukan beberapa cara di rumah. Hal yang harus Bunda perhatikan adalah untuk zat besi dalam tubuh dengan cara:

  • Konsumsi suplemen zat besi yang aman untuk ibu menyusui. Selama menyusui, Bunda direkomendasikan untuk mengonsumsi zat besi sebanyak 9 miligram (mg) per hari.
  • Perbanyak memakan sayuran yang kaya zat besi, seperti sayuran berdaun hijau, buah-buahan kering, kacang-kacangan, biji-bijian,sereal atau roti gandum.
  • Konsumsi daging merah dengan porsi yang sesuai. Bunda bisa mengonsumsi daging sapi, ikan tuna, salmon, dan hati ayam.
  • Hindari konsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein karena dapat menghambat penyerapan zat besi dalam tubuh. Bunda bisa membatasi atau menghindari konsumsi kopi dan teh

Suplemen zat besi sangat aman dikonsumsi saat Anda sedang menyusui. Untuk wanita menyusui, tunjangan diet yang direkomendasikan (RDA) untuk zat besi adalah 9 miligram (mg) per hari.

Intinya, Bunda harus mengonsumsi makanan yang cukup dan berizi untuk menghindari anemia. Selain itu, Bunda bisa mengonsumsi produk ASI booster untuk menjaga kesehatan tubuh dan mencegah anemia. Dengan begitu, Bunda bisa menjaga kuantitas dan kualitas ASI.

Jika Bunda mengalami masalah menyusui seperti puting lecet, payudara bengkak, dan ASI seret, Bunda bisa berkonsultasi dengan tim busuisehat.com dengan klik link https://busuisehat.com/chat/konsul-bundaku/

Ikuti terus beragam informasi dan tips-tips menarik lainnya ya Bunda di Busuisehat!

Baca juga yuk Bunda!

Nutrisi Penting untuk Bunda Menyusui

Pilihan Makanan untuk Meningkatkan Kualitas ASI

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password