Artikel Pilihan

Produksi ASI Bunda Berkurang Selama KB, Ini Penyebabnya

ilustrasi ibu menyusui/ Foto: Freepik

 

Sebagai seorang ibu, Bunda pasti menginginkan yang terbaik untuk Si Buah Hati, salah satunya adalah tercukupinya asupan ASI untuk anak. Namun, keinginan Bunda seringkali tidak sejalan dengan realita. 

Bunda sering dihadapkan dengan berbagai kendala ketika menyusui. Masalah yang biasa terjadi dan sering dikhawatirkan adalah produksi ASI yang mulai berkurang. Jika hal ini terjadi, tentu asupan nutrisi untuk buah hati Bunda tidak dapat terpenuhi secara maksimal. Kalau sudah begitu, Bunda bisa jadi stres dan bingung. 

Padahal, Bunda hanya perlu untuk tetap tenang ketika menghadapi situasi ini. Hindari stres, bingung, atau bahkan panik karena hal itu berpotensi menghambat produski ASI Bunda, loh. Tentu, Bunda tidak mau bukan kalau produski ASI-nya semakin menyusut karena pikiran. 

Daripada Bunda panik, sebaiknya Bunda mencari tahu faktor penyebab produksi ASI Bunda berkurang. Dengan begitu, Bunda bisa menemukan solusi yang tepat untuk meningkatkan ASI sesuai dengan kondisi yang Bunda alami.

Nah, salah satu penyebab berkurangnya produksi ASI yang tidak disadari oleh Bunda adalah penggunaan pil KB. Ada beberapa jenis pil KB dengan kandungan hormon tertentu yang mampu memengaruhi produksi ASI Bunda, loh. Untuk itu, simak penjelasan berikut supaya Bunda tahu informasi lengkapnya.

Benarkah Pil KB Menurunkan Produksi ASI?

Bunda pasti sudah tahu kalau pil KB adalah alat kontrasepsi oral yang berguna untuk mencegah kehamilan. Pil KB ini merupakan obat hormonal yang biasa dikonsumsi berkelanjutan. Ada berbagai jenis pil KB yang bisa Bunda konsumsi yaitu Pil KB Kombinasi dan Pil KB Mini

Pil KB Kombinasi adalah obat yang di dalamnya mengandung 2 hormon yaitu hormon estrogen dan progestin (progesteron). Kedua hormon tersebut berguna untuk mengatur siklus menstruasi dan kehamilan, Bunda. Penggunaan pil KB kombinasi ini tidak dianjurkan bagi Bunda yang sedang menyusui, ya. Hal ini karena kandungan hormon estrogen dalam pil ini dapat menghambat produksi ASI Bunda.

Sementara itu, pil KB Mini cenderung lebih aman dikonsumsi bagi Bunda yang sedang menyusui. Pil KB Mini mengandung hormon progestin (progesteron) saja sehingga kecil risikonya terhadap produksi ASI Bunda. Selain itu, Bunda juga bisa beralih dari KB oral ke jenis suntik. Namun, bagi Bunda menyusui dianjurkan untuk KB suntik yang hanya mengandung progesteron saja, ya.

Hal ini juga disampaikan oleh Bidan Cory Agusthina, SKM, CHE melalui Busuisehat,

KB suntik 1 bulan yang mengandung hormon estrogen dan progesteron dapat mengganggu produksi ASI. Untuk itu, Ibu menyusui dianjurkan untuk menggunakan KB suntik yang hanya berisi progesteron saja.

Nah, sekarang coba Bunda cek pil KB yang ada di rumah, apakah ada kandungan estrogennya? Bisa jadi penyebab berkurangnya produski ASI Bunda adalah pil KB yang sehari-hari Bunda konsumsi. 

Pada akhirnya, pilihan Bunda untuk mengonsumsi pil KB disesuaikan dengan kenyamanan dan selera. 

Jika prioritas Bunda adalah ASI eksklusif, segera konsultasikan tenaga ahli medis mengenai jenis pil KB yang aman dan tidak mengurangi produksi ASI. Dengan begitu, Bunda tetap bisa memberikan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan Si Kecil.

Selain pil KB, Bunda juga harus memperhatikan asupan nutrisi yang diperlukan tubuh. Bunda dapat mengonsumsi produk ASI booster yang mampu meningkatkan produksi dan kualitas ASI.

Jika Bunda mengalami masalah dalam menyusui Si Bayi,  padahal sudah banyak mengonsumsi ASI booster lain dan tetap tidak berpengaruh. Bunda bisa melakukan konsultasi dengan tim busuisehat.com dengan klik link https://busuisehat.com/chat/konsul-bundaku/ 

Selain itu, jangan sampai ketinggalan juga informasi dan tips-tips menarik lainnya ya Bunda hanya di Busuisehat!

Baca juga yuk Bunda!

Bunda Harus Coba, Pijat Laktasi Ini Untuk Memperlancar ASI

Pilihan Makanan untuk Meningkatkan Kualitas ASI

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password