Artikel Pilihan

Tips Sukses Memperbanyak ASI Melalui Teknik Power Pumping, Perhatikan Jadwalnya

Power Pumping merupakan teknik menyusui yang bertujuan untuk memberi dorongan supaya suplai ASI meningkat. Cara ini efektif menstimulasi pemberian ASI pada bayi yang masih menyusui.

Mengutip haibunda.com, teknik power pumping dikembangkan Catherine Watson, seorang konsultan laktasi bersertifikat internasional. Penerapan teknik ini sama dengan mengosongkan pasokan ASI dalam interval waktu yang cepat, sehingga tubuh bisa memproduksi ASI lebih banyak dibandingkan biasanya.

Dalam teknik power pumping, ibu disarankan melakukan pompa dengan jadwal teratur, misalnya setiap 1 jam atau 2 jam. Cara ini dilakukan agar stok ASI terjaga.

Power pumping adalah teknik yang dirancang untuk meniru cluster feeding dan pada akhirnya bisa mendorong tubuh untuk memproduksi lebih banyak ASI,” kata dokter obgyn, Dr. Carolyn Kay, dilansir Healthline.

Pada cluster feeding, bayi lebih sering menyusu dari biasanya. Bayi dapat menyusu dua hingga tiga kali dalam waktu singkat selama beberapa jam setiap hari. Saat menyusui lebih sering, tubuh merespons permintaan dengan meningkatkan suplai ASI secara alami.

Pada power pumping, ASI yang dihasilkan juga hampir sama. Caranya dengan memompa lebih sering dalam jangka waktu yang ditentukan setiap hari, sehingga tubuh dapat meningkatkan suplai ASI secara alami.

“Meski power pumping adalah cara terbaik untuk menghasilkan ASI lebih banyak, teknik ini hanya direkomendasikan untuk wanita yang perlu meningkatkan suplai ASI-nya,” ujar Kay.

Untuk teknik power pumping, tidak ada aturan yang jelas mengenai jadwal dan durasi dalam melakukannya. Hal yang paling penting Bunda bisa memompa sebanyak 8 kali dalam sehari.

Perlu Bunda tahu, lama waktu melakukan power pumping tergantung tubuh kita ya. Beberapa ibu mungkin memperoleh hasil yang bagus selama 1 jam setelah beberapa hari. Namun, ibu lain mungkin baru mendapatkan hasil terbaik selama 2 jam sehari setidaknya selama seminggu untuk meningkatkan pasokan ASI.

Baca juga: Yuk Ketahui Pentingnya MPASI untuk Anak Bunda

Tips Saat Melakukan Power Pumping

Dikutip dari laman Fedisbest, berikut 5 tips yang bisa Bunda terapkan saat melakukan power pumping:

  1. Payudara bisa dihangatkan selama 10 menit sebelum memompa karena bisa membantu melemaskan otot-otot di sekitarnya.
  2. Bilas pompa ASI dengan air hangat dan pastikan ukuran dalam perangkat pompa ASI sesuai dengan payudara.
  3. Pompalah dengan kekuatan hisap maksimum sesuai dengan kenyamanan kita.
  4. Oleskan sedikit pelumas sebelum memompa untuk meminimalisir gesekan yang bisa menyebabkan puting sakit jika tidak dilakukan dengan benar.
  5. Pastikan pompa bekerja dengan baik dan mengujinya dengan pengukur tekanan.

Nah tadi itu adalah semua tips-tips dan penjelasan tentang Teknik Power Pumping dalam menyusui agar dapat memperbanyak ASI dalam satu kali pumping, namun perlu diingat ya bunda.. ‘Bahwa Teknik Power Pumping bisa bunda lakukan pada saat ASI sedang lancar dan tidak ada kendala apapun’.

Jika Bunda mempunyai masalah dengan ASI seret dan mampet, Bunda bisa mengonsumsi ASI booster

Jangan lupa untuk konsultasi dengan tim busuisehat.com dengan klik link https://busuisehat.com/chat/konsul-bundaku/ 

Baca juga: Bagaimana Memberikan ASI Pada Bayi Prematur?

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password