fbpx
ASI Perah

Fakta Tersembunyi Dalam Menyusui Yang Sering Tidak Diketahui Oleh Bunda

ilustrasi bayi/ Foto: Freepik

 

Bunda, menyusui merupakan proses alami. Sayangnya, tidak semua bunda mampu melakukannya karena beberapa faktor, misalnya masalah pelekatan, ASI tidak keluar, ASI mampet/seret atau bahkan puting lecet.

Dilansir dari situs resmi theasianparent.com berikut ini adalah fakta tersembunyi dari menyusui yang harus Bunda ketahui.  

Fakta Menyusui 1  -> Melibatkan Semua Orang

Butuh kesabaran dan tekad yang kuat agar Bunda berhasil menyusui bayi sejak pertama lahir. Kesuksesan menyusui bayi ternyata membutuhkan keterlibatan semua orang, mulai dari suami, konsultan laktasi, teman-teman Bunda, juga keluarga Bunda dan masyarakat.

Oleh karena itu, seharusnya Bunda bisa menyusui dengan bebas, di tempat publik tanpa harus menerima hinaan dan cibiran.

Fakta Menyusui 2 -> Prosesnya Bisa Sangat Menyakitkan

Tidak semua Bunda menjalani proses menyusui yang mudah, loh. Banyak juga yang mengalami kesakitan saat menyusui karena beberapa faktor seperti saluran ASI tersumbat, puting lecet, hingga mastitis.

Bicarakan masalah menyusui bersama Konsultan ASI profesional bisa membuat Bunda merasa lebih lega dan tidak sendirian, loh. Bunda pun merasa terpacu untuk lebih semangat berjuang dalam menghadapi rasa sakit yang dialami setiap hari. Bunda bisa berkonsultasi dengan Tim busuisehat.com dengan link https://busuisehat.com/chat/konsul-bundaku/

Fakta Menyusui 3 -> Pola Makan Bunda Akan Berubah

Apa yang Bunda makan selama menyusui akan berpengaruh pada bayi. Oleh karena itu, sebaiknya Bunda mengonsumsi makanan-makanan sehat dan bernutrisi tinggi dan ASI booster untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas ASI.

Fakta Menyusui 4 -> Prosesnya Sangat Melelahkan

Menyusui bukanlah pekerjaan yang mudah. Bunda menyusui harusnya bisa mengungkapkan semua masalah dan tantangan yang  dihadapi tanpa harus merasa takut dihakimi apalagi dihina.

Jadi untuk segenap keluarga Bunda yang menyusui harus bisa memberikan dukungan positif pada ibu menyusui.

Baca juga: Bagaimana Memberikan ASI Pada Bayi Prematur?

Selain itu, Tim Konsultan ASI kami merangkum bahwa fakta-fakta tentang menyusui di bawah ini wajib untuk diperhatikan agar dapat menambah motivasi Bunda dalam menyusui :

1. Perjuangan Melawan Depresi Postpartum

Institut Kesehatan Mental Nasional mendefinisikan Depresi Postpartum (PPD) sebagai:

“Gangguan suasana hati yang dapat memengaruhi perempuan setelah melahirkan. Ibu dengan depresi pasca melahirkan mengalami perasaan kesedihan, kecemasan, dan kelelahan ekstrim yang mungkin menyulitkan mereka untuk menyelesaikan kegiatan perawatan sehari-hari bagi diri mereka sendiri atau orang lain.”

Untuk waktu yang lama, perempuan enggan membicarakan Depresi Postpartum yang mereka alami dan menganggapnya sebagai sesuatu yang perlu dirahasiakan.

Ada 15 persen ibu baru sedang berjuang dengan Depresi Postpartum

NIMH juga menyatakan bahwa:

“Depresi pasca melahirkan tidak memiliki penyebab tunggal, tetapi kemungkinan hasil dari kombinasi faktor fisik dan emosional. Depresi pasca melahirkan tidak terjadi karena sesuatu yang dilakukan atau tidak dilakukan oleh seorang mama.”

Tingkat estrogen dan progesteron yang turun dengan cepat di tubuh Bunda, ini dapat menyebabkan depresi pasca melahirkan. Setelah melahirkan, kadar hormon ini dengan cepat menurun dan menciptakan reaksi kimia di otak kamu yang dapat memicu perubahan suasana hati.

2. Menyusui Adalah Booster Untuk Sistem Imun Bayi

Bukan rahasia lagi bahwa ASI terdiri dari kandungan menakjubkan yang membantu pertumbuhan bayi. Sepanjang hidup, buah hati Bunda secara alami akan membangun kekebalan dari nutrisi ASI yang diberikan. 

3.) 6 bulan pertama adalah Masa Yang Penting Bagi Bayi Baru Lahir

Selama bulan-bulan pertama, bayi akan membangun kekebalan dan otak kognitif mereka.

Begitu bayi Bunda mencapai usia enam bulan, tingkat energinya sudah cukup dan memerlukan asupan tambahan selain ASI. Pada masa ini, Bunda bisa mulai memperkenalkan makanan padat.

Baca juga: Hindari Makanan dan Minuman Ini untuk Menjaga Kualitas ASI

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password