fbpx
Artikel Pilihan

4 Tips Mempercepat Penyembuhan Luka Operasi Cesar

Tips mempercepat penyembuhan luka operasi caesar
penyembuhan luka operasi caesar/ Sumber foto: freepik

Melahirkan merupakan kondisi yang menguras energi dan emosi. Bagi Bunda yang melahirkan normal dapat memulihkan tubuh lebih cepat. Namun, bagi Bunda yang melahirkan dengan metode persalinan caesar akan membutuhkan waktu pemulihan yang lebih lama. 

Berikut empat tips untuk mempercepat pemulihan tubuh Bunda sehingga dapat mengurangi waktu sakit dan lelah.

Berapa Lama Waktu Penyembuhan Pasca Persalinan Caesar?

Ini bisa disebabkan oleh pengaruh obat bius (anestesi) yang lama-lama menghilang. Zaman dulu SC mungkin bisa memakan waktu sekitar 4 hingga 5 hari. Sementara saat ini bisa sehari atau dua hari di rumah sakit. Total lama waktu sampai tubuh benar-benar pulih pasca operasi sesar bisa berbeda-beda pada setiap ibu. Ada yang bisa sembuh dalam kurun waktu 4-6 minggu, tapi ada juga yang masih mengalami nyeri di sayatan luka bekas caesar pada minggu ke-24 setelah operasi.

Bidan Cory Agusthina, SKM, CHE.

Mempercepat Penyembuhan Luka Operasi Cesar

1. Istirahat yang cukup pasca operasi caesar

Sama seperti operasi lainnya, tubuh juga membutuhkan waktu istirahat yang cukup pasca operasi caesar. Mungkin ini terasa sulit karena Bunda harus membagi waktu untuk mengurus bayi. Namun, penting juga untuk memerhatikan jam istirahat Bunda. 

Sebaiknya, ikut istirahat saat bayi sedang istirahat agar tubuh tidak kelelahan. Beberapa hari setelah melahirkan mungkin Bunda bisa  meminta bantuan orang lain untuk mengurus bayi sehingga tidak terlalu lelah. 

Dilarang melakukan aktivitas fisik yang terlalu berat setelah atau pasca operasi caesar. Hanya saja, ini bukan berarti ibu bisa berdiam diri di tempat tidur dalam waktu lama. Usahakan untuk melakukan aktivitas apa pun semampunya dan tahu batasan tubuh. Setelah enam minggu, biasanya tubuh Bunda sudah cukup pulih dan mampu menjalankan aktivitas dengan normal.

Bidan Cory Agusthina, SKM, CHE.

2. Penuhi kebutuhan zat gizi pasca operasi caesar

Asupan zat gizi seimbang sangat penting untuk sebagai upaya mempercepat penyembuhan pasca operasi. Konsumsi berbagai jenis makanan dapat membantu memenuhi berbagai nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Jangan lupa juga untuk memperbanyak konsumsi air putih dan makanan berserat tinggi guna mencegah sembelit. Untuk memenuhi asupan nutrisi, Bunda bisa mengonsumsi makanan yang kaya akan protein, vitamin, mineral, serat, dan karbohidrat dari sayur, daging, dan buah. Selain itu Bunda bisa konsumsi  ASI booster untuk meningkatkan produksi ASI.

Pantangan lain yang perlu dihindari setelah operasi caesar yaitu melakukan diet ketat.

Bidan Cory Agusthina, SKM, CHE.

3. Rawat bekas jahitan operasi dengan baik

Bunda harus merawat luka bekas jahitan operasi caesar di rumah. Ini karena luka bekas operasi belum mengering dengan sempurna dan menghindari infeksi pada luka. Perhatikan luka bekas jahitan setiap hari apakah terdapat tanda-tanda infeksi, seperti rasa nyeri atau warna kemerahan pada luka.

Jangan tunda untuk memberitahukan kepada dokter bila hal ini terjadi selama masa perawatan setelah atau pasca operasi caesar. Jika luka masih ditutupi dengan perban, rutin ganti perban setiap hari dan jaga agar luka pasca operasi caesar tetap bersih dan kering. 

Biasanya, dalam waktu enam minggu, luka bekas jahitan akan mulai menyusut dan berubah kembali seperti warna kulit awal.

Bidan Cory Agusthina, SKM, CHE.

4. Berjalan kaki 10 menit untuk mencegah sembelit

Sembelit adalah kondisi saat Bunda feses terasa lebih keras dan kering sehingga sulit untuk dikeluarkan. Sembelit bisa membuat Bunda merasa mual, dan mengalami sakit kepala dan perut. Jangan mencoba mengejan terlalu keras karena luka pasca operasi caesar belum sepenuhnya kering.

Jalan kaki adalah cara terbaik untuk merangsang otot perut dan pencernaan. Konsumsilah makanan tinggi serat dan banyak minum cairan untuk mencegah sembelit.

Bunda bisa konsumsi sereal berserat tinggi, kacang-kacangan, sayuran, dan roti gandum. Konsumsi jus juga dapat melancarkan buang air besar. Bunda juga bisa menggunakan suplemen yang tinggi akan serat atau obat pencahar, namun harus sesuai anjuran dokter. 

Apakah selama masa penyembuhan, saya harus konsumsi obat?

Tips mempercepat penyembuhan operasi caesar

Selama masa pemulihan dan penyembuhan, Bunda akan diberikan antibiotik, anti nyeri, dan obat-obatan perangsang ASI atau ASI booster.  Selain itu, dokter juga akan memberikan suplemen vitamin selama 1 minggu di rumah. 

Bidan Cory Agusthina, SKM, CHE.

Selain obat pereda nyeri, Bunda bisa menggunakan bantal pemanas untuk meredakan rasa nyeri dan tidak nyaman di perut pasca operasi. Jika Bunda memiliki keluhan selama menyusui seperti puting lecet, payudara bengkak, dan ASI mampet, Bunda bisa berkonsultasi dengan tim busuisehat.com dengan link  https://t.me/BusuiSehat.

Baca juga yuk informasi di bawah ini!

Waspadai Hipoklasemia Yang Menyerang Kesehatan Tulang Ibu Menyusui

Yuk Penuhi Kebutuhan Vitamin C untuk Anak Bunda Tercinta!

Alergi Makanan Pada Anak: Ketahui Penyebab dan Gejalanya Agar Kesehatan Anak Terjaga!

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password