fbpx
Artikel Pilihan

Ketahui Manfaat Vitamin K Bagi Kesehatan Tubuh Bunda dan Si Kecil!

makanan sumber vitamin k
manfaat vitamin K bagi kesehatan/ Sumber foto: freepik

Vitamin K mengacu pada sekelompok vitamin yang larut dalam lemak yang berperan dalam pembekuan darah, metabolisme tulang, dan pengaturan kadar kalsium darah.

Tahukah Bunda?

Ternyata tubuh membutuhkan vitamin K untuk menghasilkan protrombin, protein, dan berperan penting dalam pembekuan darah. Tentu manfaat ini tidak hanya dirasakan orang dewasa saja, tetapi juga anak Bunda. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui manfaat dan memenuhi asupan vitamin K.

Manfaat Vitamin K

Ada dua jenis vitamin K yang bermanfaat bagi tubuh, yaitu vitamin K1 dan vitamin K2. Vitamin K1 atau phylloquinone, berasal dari tumbuhan. Ini adalah jenis utama vitamin K. Sementara itu, vitamin K2 atau menaquinone terdapat pada beberapa makanan hewani dan fermentasi.

  • Kesehatan tulang

manfaat vitamin k bagi kesehatan

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa vitamin K membantu pemeliharaan tulang yang kuat, meningkatkan kepadatan tulang, dan mengurangi risiko patah tulang. 

  • Baik untuk kognitif

manfaat vitamin k bagi kesehatan

Peningkatan kadar vitamin K dalam darah telah dikaitkan dengan peningkatan memori episodik pada orang dewasa yang lebih tua. Dalam sebuah penelitian, orang sehat di atas usia 70 tahun dengan kadar vitamin K1 dalam darah tertinggi memiliki kinerja memori episodik verbal tertinggi.

  • Menjaga jantung

manfaat vitamin k bagi kesehatan

Vitamin K dapat membantu menurunkan tekanan darah dengan mencegah mineralisasi, di mana mineral menumpuk di arteri. Ini memungkinkan jantung memompa darah dengan bebas ke seluruh tubuh.

  • Pembekuan darah

manfaat vitamin k bagi kesehatan

Viitamin K membantu proses pembekuan darah. Apabila tubuh anak atau Bunda kekurangan vitamin K, darah akan sulit membeku sehingga mudah mengalami perdarahan. 

Untuk memenuhi asupan vitamin K, Bunda bisa mengonsumsi sayur hijau seperti brokoli, bayam, dan kale. Selain itu Bunda bisa mengombinasikan sayur dengan ASI booster untuk meningkatkan produksi ASI.

Jika Bunda memiliki keluhan selama menyusui seperti puting lecet, payudara bengkak, dan ASI mampet, Bunda bisa berkonsultasi dengan tim busuisehat.com dengan link  https://t.me/BusuiSehat.

Jangan sampai ketinggalan informasi lainnya Bunda!

Bunda Suka Buah Pisang? Ini Manfaatnya Bagi Ibu Menyusui

Ketahui Nutrisi dan Manfaat Ikan Sarden untuk Kesehatan Tubuh

Penting! Ini Dampak Kekurangan Vitamin C Pada Anak!

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password