Artikel Pilihan

Bunda Suka Buah Pisang? Ini Manfaatnya Bagi Ibu Menyusui

manfaat pisang untuk ibu hamil
manfaat pisang untuk ibu menyusui/ Sumber foto: freepik

 

Pola makan yang sehat penting bagi ibu menyusui untuk memastikan suplai ASI yang cukup. Setelah kelahiran anak, seorang ibu tidak bisa begitu saja memakan apa yang diinginkan hatinya. Bunda harus menerapkan pola makan sehat dan bergizi untuk tumbuh kembang anaknya yang sehat. 

Buah-buahan sangat bergizi dan seringkali ibu hamil dan menyusui disarankan untuk mengkonsumsi buah-buahan. Mungkin sebagian besar Bunda sering mengonsumsi buah pisang. 

Selain murah dan enak, apa saja ya manfaat dan kandungan yang ada di dalam pisang?

Apakah pisang baik untuk ibu menyusui?

Ayo cari tahu informasinya berikut ini!

Nutrisi Buah Pisang

Pisang adalah buah tropis dan banyak dikonsumsi di seluruh dunia. Buah ini kaya akan beberapa nutrisi yang baik untuk tubuh Bunda loh! Fakta gizi untuk 1 buah pisang ukuran sedang (100 gram) mengandung 89 kalori dengan kandungan lainnya, meliputi:

  • Air
  • Protein
  • Karbohidrat
  • Gula
  • Serat
  • Lemak
  • Karbohidrat
  • Kalium
  • Vitamin C 
  • Vitamin B6 

Manfaat Pisang 

manfaat pisang untuk ibu menyusui

Pisang sangat bergizi untuk ibu menyusui dan aman dikonsumsi. Mengonsumsi pisang dapat memberikan manfaat bagi tubuh Bunda selama menyusui.

1. Sumber Energi dan Menjaga Tekanan Darah

Pisang adalah sumber energi yang bagus dan baik dikonsumsi oleh ibu menyusui setiap hari. Ini karena kadar glikemik dalam pisang cukup rendah sehingga tidak menaikkan gula drah. Jika Bunda suka makan pisang, Bunda bisa makan 1 pisang per hari sebagai camilan.

2. Memperkuat Otot

Pisang kaya akan mineral potasium yang membantu menjaga keseimbangan elektrolit dan cairan dalam tubuh. Kalium juga dapat melancarkan aliran darah ke saraf dan otot. 

3. Membantu Pencernaan

Pisang adalah sumber serat yang baik. Konsumsi pisang dapat menjaga kesehatan pencernaan Bunda sehingga buang air besar pun teratur. Pisang juga mengandung prebiotik yang baik untuk bakteri sehat di usus.

4. Mencegah Infeksi dan Baik Untuk Darah 

Pisang mengandung 25% Vitamin B6. Vitamin ini membantu memproduksi antibodi untuk melawan infeksi. Vitamin B6 juga berperan penting dalam produksi hemoglobin. Sehingga oksigen dalam darah dapat dialirkan ke seluruh tubuh. 

5. Mengurangi Depresi

Pisang mengandung asam amino yang penting untuk saraf. Zat ini membantu mengatur suasana hati, tidur, perilaku sosial, dan memori, sehingga menurunkan kemungkinan depresi.

Itulah beberapa manfaat yang Bunda dapatkan setelah mengonsumsi buah pisang. Selain itu, untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas ASI Bunda bisa mengonsumsi ASI booster secara teratur.

Jika Bunda mengalami masalah dalam menyusui Si Bayi,  padahal sudah banyak mengonsumsi ASI booster lain dan tetap tidak berpengaruh. Bunda bisa melakukan konsultasi dengan tim busuisehat.com dengan klik link https://t.me/BusuiSehat.

Baca juga yuk Bunda informasi ini Bunda!

MPASI: Resep Sup Ayam Bergizi Untuk Penuhi Protein Bayi Bunda!

Jangan Panik Bunda, Ini Penyebab ASI Tidak Keluar Setelah Melahirkan

Cara Mengatasi Puting Datar Pada Ibu Menyusui, Bunda Harus Tahu Ini!

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password