Artikel Pilihan

Penting! Ini Dampak Kekurangan Vitamin C Pada Anak!

ilustrasi vitamin C/Foto: freepik

 

Vitamin C telah lama dikenal khasiatnya bagi kesehatan. Selain itu, vitamin ini sangat penting untuk kesehatan dan perkembangan anak, Bunda. Vitamin C baik untuk pembentukan kolagen, pembuluh darah, tulang rawan, gigi, gusi, dan otot. Selain itu, membantu memelihara jaringan tubuh dan penyembuhan luka pada kulit Si Kecil.

Dampak Kekurangan Vitamin C

Kekurangan vitamin adalah masalah yang sering dialami anak-anak. Penyebabnya bisa jadi karena pola makan yang buruk. Oleh karena itu, Bunda sebaiknya harus tahu dampak kekurangan vitamin C yang rawan terjadi pada anak.

1. Gusi berdarah 

Kekurangan vitamin C dapat menyebabkan gusi Si Kecil mudah terserang bakteri mulut. Jika seorang anak kekurangan vitamin C, gusinya cenderung berdarah dan sensitif. Kekurangannya vitamin C membuat gusi dan luka di organ mulut  tidak cepat sembuh.Jika dibiarkan, kekuatan gusi Si Kecil menurun dan anak mulai kehilangan gigi.

2. Kulit kering dan kasar

Vitamin C menghasilkan kolagen yang berperan penting untuk kesehatan kulit. Jika dibiarkan, kulit menjadi bergelombang, bersisik, dan kering. 

3. Mudah lebam dan sulit sembuh

Vitamin C menjaga pembuluh darah tetap kuat. Kekurangan vitamin C dapat melemahkan pembuluh darah sehingga darah bocor dan memar. Memar ini muncul berwarma ungu di bawah kulit dan membutuhkan waktu lama untuk sembuh. Terkadang karena kekurangan vitamin C menyebabkan luka sulit sembuh sehingga meningkatkan risiko potensi infeksi kulit.

4. Tulang lemah

Kekurangan vitamin C menyebabkan tulang lemah.Dalam masa pertumbuhan, seorang anak membutuhkan kalsium dan vitamin C untuk memperkuat tulang. Tulang yang rapuh atau lemah adalah salah satu tanda kekurangan vitamin C pada anak.

5. Mudah kelelahan

Jika anak Bunda mudah lelah dan cepat murung bisa jadi pertanda mengalami kekurangan vitamin C. Kekurangan vitamin ini memperlambat metabolisme tubuh sehingga anak Bunda jadi kurang aktif dan berpotensi obesitas.

6. Rambut rontok dan kering

Jika anak Anda memiliki rambut kering dengan banyak ujung bercabang maka ini bukti jika Si Kecil kekurangan vitamin C pada tubuhnya. Rambut membutuhkan vitamin C agar penyerapan zat besi berjalan optimal.

Itulah beberapa dampak dari kekurangan vitamin C yang harus Bunda ketahui. Cukupi seluruh nutrisi yang dibutuhkan tubuh Si Kecil agar petumbuhan dan perkembangannya optimal. Selain itu, Bunda juga harus menjaga kesehatan agar kualitas dan kuantitas ASI tetap terjaga. Bunda bisa mengonsumsi multivitamin dan ASI booster untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas ASI. 

Jika Bunda memiliki keluhan selama menyusui seperti puting lecet, payudara bengkak, dan ASI mampet, Bunda bisa berkonsultasi dengan tim busuisehat.com dengan link  https://t.me/BusuiSehat.

Baca juga yuk informasi lainnya Bunda!

Yuk Penuhi Kebutuhan Vitamin C untuk Anak Bunda Tercinta!

5 Daftar Sayur Tinggi Vitamin C, Konsumsi Ini Bunda!

5 Daftar Buah Tinggi Vitamin C untuk Penuhi Nutrisi Bunda!

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password