Artikel Pilihan

Beragam Manfaat Vitamin B Kompleks Bagi Ibu Menyusui

vitamin b kompleks bagi ibu menyusui
manfaat vitamin b kompleks/ Sumber foto: freepik

Tahukah Bunda?

Vitamin B membantu tubuh mengubah makanan (karbohidrat) menjadi bahan bakar (glukosa), yang digunakan untuk menghasilkan energi. Selain itu, vitamin B juga membantu tubuh mengolah lemak dan protein. Vitamin B kompleks juga dibutuhkan untuk kesehatan kulit, rambut, mata, hati, dan fungsi sistem saraf yang sehat. 

Ragam dan Manfaat Vitamin B Kompleks

Vitamin B kompleks terdirid dari bermacam vitamin B. Vitamin ini baik untuk kesehatan otot, syaraf, dan otak.

  • Vitamin B6

Tidur merupakan komponen penting dari pertumbuhan bayi karena sebagian besar proses perbaikan dan pembentukan sel tubuh terjadi dalam tidur nyenyak. Vitamin B6 membantu mengatur siklus tidur dengan memproduksi hormon melatonin. Vitamin ini juga berperan dalam perkembangan saraf, karena mengandung piridoksin yang membawa peningkatan perkembangan otak dan sumsum tulang belakang. Kebutuhan vitamin B6 pada ibu menyusui sebanyak 2 mg per hari.

  • Asam Pantotenat

Kebanyakan orang yang menjalani operasi diberi resep suplemen vitamin B5, karena mampu membantu mempercepat proses penyembuhan luka. Vitamin B5 atau asam pantotenat tidak hanya mendukung kesehatan organ dalam tubuh saja, tetapi meningkatkan vitalitas sel darah merah. Vitamin B5 juga membantu sistem pencernaan menyerap vitamin lain dengan optimal.

  • Niacin

Jika tubuh menderita penyakit atau infeksi apa pun, serta peradangan, vitamin B3 adalah solusinya. Niacin dalam vitamin B3 membantu meningkatkan kesehatan kelenjar adrenal, yang menjaga hormon yang berhubungan dengan stres di dalam tubuh tetap terkendali. Ini membuat sistem saraf Bunda sehat dan juga menjaga kesehatan mental agar tetap stabil.

  • Vitamin B2

Riboflavin merupakan nama lain dari vitamin B2. Zat ini membantu tubuh menyerap zat besi, sekaligus meningkatkan perkembangan sel darah merah. Sehingga mengurangi tanda-tanda anemia karena mengembalikan kadar hemoglobin dalam tubuh menjadi normal.

  • Cobalamin

Cobalamin atau vitamin B12 memengaruhi sifat genetik anak. Ini penting untuk memastikan anak Bunda tumbuh dengan baik. DNA dan RNA adalah protein yang membutuhkan unsur pendukung, yaitu vitamin B12. Ini karena vitamin B12 membantu menghasilkan pertumbuhan sel-sel saraf baru. Sehingga meningkatkan pertumbuhan kognitif anak dan membuat anak Bunda pintar.

  • Vitamin B1

Vitamin B1 baik membantu pertumbuhan neuron yang diperlukan untuk perkembangan otak dan peningkatan memori anak. Vitamin B1 atau tiamin juga membantu menghasilkan ATP, atau adenosine triphosphate, yang merupakan sumber energi untuk sel-sel tubuh. Sehingga baik untuk metabolisme tubuh Bunda.

Untuk memenuhi asupan vitamin B kompleks, Bunda bisa mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin B seperti kacang-kacangan, daging, dan sayur hijau. Selain itu Bunda bisa konsumsi  ASI booster yang terbuat dari kacang untuk memenuhi asupan vitamin B kompleks serta meningkatkan produksi ASI.

Jika Bunda memiliki keluhan selama menyusui seperti puting lecet, payudara bengkak, dan ASI mampet, Bunda bisa berkonsultasi dengan tim busuisehat.com dengan link  https://t.me/BusuiSehat.

Baca juga yuk informasi di bawah ini!

Waspadai Hipoklasemia Yang Menyerang Kesehatan Tulang Ibu Menyusui

Yuk Penuhi Kebutuhan Vitamin C untuk Anak Bunda Tercinta!

Alergi Makanan Pada Anak: Ketahui Penyebab dan Gejalanya Agar Kesehatan Anak Terjaga!

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password