Artikel Pilihan

Ini 6 Daftar Makanan Yang Tidak Boleh Dikonsumsi Bayi Di Bawah 1 Tahun

makanan
makanan bayi/ Sumber foto: freepik

 

Ada berbagai macam jenis makanan yang bisa Bunda berikan untuk Si Kecil. Namun, Bunda tetap harus selektif. Selain kandungannya, pastikan bahwa makanan tersebut tidak menimbulkan alergi pada anak Bunda. 

Beberapa jenis makanan tertentu tidak dapat dikonsumsi oleh bayi di bawah 1 tahun. Ini karena kandungannya yang belum dapat dicerna bayi atau teksturnya yang terlalu keras. 

Kira-kira apa saja ya makanan yang tidak boleh dikonsumsi bayi?

Berikut ini, daftar makanan yang tidak boleh diberikan pada bayi Bunda

1. Madu

Madu dapat menyimpan spora Clostridium botulinum yang menyebabkan botulisme pada bayi (keracunan). Ini karena pencernaan bayi belum sekuat orang dewasa. Spora pada madu dapat tumbuh dan menghasilkan racun yang mengancam jiwa bagi Bunda.

2. Susu Sapi Segar

makanan sehat untuk bayi

Jangan memberikan susu sapi segar yang tidak dipasteurisasi untuk bayi. Ini karena bayi tidak dapat mencerna protein dalam susu sapi sehingga dapat merusak ginjal bayi. Terlebih, susu sapi segar yang tidak dipasteurisasi mengandung bakteri dan parasit yang berbahaya bagi pencernaan anak Bunda.  Lebih baik Bunda memberikan ASI saja untuk memenuhi kebutuhan Si Kecil.

3. Jus Buah

makanan sehat untuk bayi

Jus buah dan minuman yang dimaniskan dengan gula tidak disarankan untuk anak di bawah 12 bulan. Ini karena buah yang sudah dijus akan kehilangan nutrisinya sehingga bayi tidak akan mendapat manfaat. Jus buah yang diberi gula mengandung kalori jauh lebih banyak daripada buah segar. Sehingga berpotensi menimbulkan obesitas dan kerusakan gigi pada anak. 

4. Gula

makanan sehat untuk bayi

Sebaiknya Bunda tidak menambahkan gula pada makanan atau minuman untuk anak di bawah usia 2 tahun. Terlalu banyak gula tambahan dalam makanan anak akan menimbulkan obesitas, diabetes, dan penyakit jantung. 

5. Garam

makanan sehat untuk bayi

Terlalu banyak natrium dapat berbahaya bagi tubuh anak. Asupan natrium untuk bayi berusia di bawah 1 tahun seharusnya tidak lebih dari 1.200 mg per hari. 

6. Makanan Keras

makanan sehat untuk bayi

Makanan keras atau renyah seperti kacang-kacangan dan biskuit dapat membuat anak tersedak dan batuk. Sehingga mengganggu pernapasan anak dan menyebabkan infeksi. Agar lebih aman, sebaiknya Bunda memberikan biskuit khusus untuk bayi dan selai kacang agar bayi tidak tersedak.

Itulah 6 daftar makanan yang tidak boleh dikonsumsi bayi. Namun, alangkah lebih baiknya jika Bunda berkonsultasi langsung pada dokter untuk mengetahui alergi makanan pada anak. Dengan demikian Bunda bisa memberikan nutrisi terbaik untuk Si Kecil.

Untuk mendukung program terpebuhinya nutrisi anak, berikan ASI hingga anak berusia 2 tahun. Bunda bisa konsumsi ASI booster agar kualitas dan kuantitas ASI tetap terjaga selama masa ASI eksklusif. Jika Bunda memiliki permasalahan ASI lainnya seperti puting lecet, payudara bengkak, dan ASI seret, Bunda bisa berkonsultasi dengan tim busuisehat.com melalui link  https://t.me/BusuiSehat.

Jangan lewatkan informasi di bawah ini Bunda!

Ini 5 Daftar Makanan Yang Baik Untuk Perkembangan Otak Supaya Anak Jadi Pintar!

Konsumsi Makanan Tinggi Gula Berbahaya Untuk Tubuh Loh Bunda!

Panduan MPASI Pada Bayi Usia 6 hingga 12 Bulan, Bunda Perlu Tahu Ini!

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password