Artikel Pilihan

Konsumsi Makanan Tinggi Gula Berbahaya Untuk Tubuh Loh Bunda!

ilustrasi makanan tinggi gula/Sumber: freepik

 

Mengonsumsi terlalu banyak gula dapat menyebabkan masalah kesehatan jangka panjang. Terlbih jika Bunda sedang menyusui Si Kecil. Tentunya Bunda ingin menjaga kesehatan agar bisa memberikan ASI optimam untuk buah hati. Lalu, kira-kira apa saja dampak konsumsi gula berlebih. Simak penjelasannya berikut ini!

Dampak Negatif Gula

1. Kerusakan gigi

Gula memberi makan bakteri yang hidup di mulut. Saat bakteri mencerna gula akan menciptakan asam sebagai produk limbah. Asam ini dapat mengikis enamel gigi, sehingga menyebabkan lubang atau gigi berlubang.

2. Jerawat

Berdasarkan penelitian tahun 2018, terhadap mahasiswa di Cina, konsumsi gula berlebih mengakibatkan timbulnya jerawat sedang atau parah. Ini karena gula meningkatkan kadar insulin dan sebum (minyak wajah) yang memicu jerawat.

3. Kenaikan berat badan dan obesitas

Gula dapat memengaruhi hormon dalam tubuh yang mengontrol berat badan. Gula mengandung banyak kalori dan dapat memengaruhi hormon leptin (hormon yang mengatur sinyal kenyang pada tubuh). 

4. Penyakit diabetes 

Hand holding a blood glucose meter measuring blood sugar, the background is a stethoscope and chart file

Konsumsi gula yang tinggi dapat menyebabkan diabetes tipe 2. 

5. Kanker

Konsumsi gula yang berlebihan dapat menyebabkan peradangan, stres oksidatif, dan obesitas. Faktor-faktor ini memengaruhi risiko terkena kanker.

Untuk menghindari risiko berbahaya tersebut, sebaiknya Bunda batasi asupan gula harian, ya. Selain itu, sebaiknya Bunda menghindari camilan tinggi gula dan garam agar terhindar dari obesitas, diabetes, dan darah tinggi. Untuk menjaga kesehatan sekaligus meningkatkan kualitas dan kuantitas ASI, Bunda bisa mengonsumsi multivitamin dan ASI boosterJika Bunda memiliki keluhan selama menyusui seperti puting lecet, payudara bengkak, dan ASI mampet, Bunda bisa berkonsultasi dengan tim busuisehat.com dengan link  https://t.me/BusuiSehat.

Baca juga yuk informasi lainnya Bunda!

Dampak Konsumsi Gula Berlebihan Yang Harus Bunda Ketahui!

Ini 5 Camilan Sehat Untuk Tingkatkan ASI Bunda!

Antioksidan Sangat Baik Untuk Tubuh Bunda Selama Menyusui!

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password