Artikel Pilihan

Ini 5 Camilan Sehat Untuk Tingkatkan ASI Bunda!

makanan sahur untuk ibu menyusui
ilustrasi camilan/sumber foto: freepik

 

Ketika menyusui, Bunda pasti jadi sering merasa lapar, ingin makan ini dan itu. Hal ini wajar terjadi kok Bunda karena tubuh membutuhkan kalori lebih banyak untuk memproduksi ASI. Tapi, kalau terlalu banyak makanan berat juga bikin Bunda jadi begah. Nah, mungkin Bunda bisa coba untuk konsumsi camilan sehat sebelum waktunya makan berat. 

Kira-kira camilan apa saja sih yang sehat untuk Bunda? Simak penjelasannya di bawah ini!

1. Kacang Almond

Dalam kacang almond mengandung vitamin E yang bersifat sebagai antioksidan yang mampu melindungi sel tubuh dari kerusakan. Selain itu, kacang almond tinggi akan LDL (lemak baik) yang bagus untuk kesehatan jantung Bunda. Selain itu, almond mengandung fosfor, kalsium, zat besi, magnesium yang baik untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas ASI Bunda.

2. Pisang

Buah pisang sangat nikmat disantap langsung maupun diolah. Rasanya manis dan tinggi akan nutrisi. Dalam pisang mengandung kabrohidrat, protein, vitamin (A, B, C), serat, tinggi akan kalium serta magnesium. Nutrisi tersebut baik untuk tubuh Bunda selama menyusui karena mencegah penyakit jantung, darah tinggi, dan strok.

3. Alpukat

Dalam 100 gram mengandung 160 kalori. Di dalamnya mengandung karbohidrat, vitamin A, B6, C protein, lemak, dan tinggi magnesium. Selain itu, alpukat tinggi akan serat pangan dan lemak naik. Seluruh kandungan tersebut baik untuk menjaga kesehatan tubuh Bunda selama menyusui, sehingga kualitas dan kuantitas ASI tetap terjaga.

4. Yogurt

Yogurt mengandung vitamin A, B kompleks, C, D, E dan K. Selain itu, yogurt kaya akan mineral kalsium dan magnesium yang baik untuk kesehatan tulang Bunda selama menyusui. Yogurt juga mengandung bakteri lactobacillus dan streptococccus yang baik untuk kesehatan pencernaan Bunda. 

5. Telur

Telur mengandung protein dan kolin yang baik untuk perkembangan otak Si Kecil. Selain itu, bagi Bunda menyusui, protein dan kolin yang cukup baik untuk kesehatan otot dan mengurangi stres tubuh. Menurut penelitian Prof. Eva Pressman, dari Cornell University, menunjukkan bahwa protein dan kolin dapat baik untuk mengatur kadar hormon kortisol.

Nah, itulah 5 camilan sehat yang baik untuk kesehatan Bunda. Selama menyusui, sebaiknya Bunda menghindari camilan tinggi gula dan garam agar terhindar dari obesitas, diabetes, dan darah tinggi. Selain camilan sehat tersebut, Bunda bisa mengonsumsi multivitamin dan ASI booster untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas ASI. 

Jika Bunda memiliki keluhan selama menyusui seperti puting lecet, payudara bengkak, dan ASI mampet, Bunda bisa berkonsultasi dengan tim busuisehat.com dengan link  https://t.me/BusuiSehat.

Baca juga yuk informasi lainnya Bunda!

5 Daftar Buah Tinggi Vitamin C untuk Penuhi Nutrisi Bunda!

5 Daftar Sayur Tinggi Vitamin C, Konsumsi Ini Bunda!

Alasan Mengapa Bunda Harus Mengonsumsi Makanan Sehat

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password