Artikel Pilihan

Dampak Konsumsi Gula Berlebihan Yang Harus Bunda Ketahui!

makanan sehat untuk bayi
ilustrasi gula/ Foto: Freepik

 

Siapa yang tidak suka makanan manis? 

Untuk menambahkan rasa manis pada makanan dan minuman, gula adalah jawaban yang tepat! Namun, tahukah Bunda kalau mengonsumsi gula terlalu banyak dapat berbahaya bagi kesehatan? Untuk informasi lebih lanjut, simak informasi berikut ini.

Dampak Konsumsi Produk Tinggi Gula!

Terlalu banyak mengonsumsi makanan dan minuman tinggi gula saat menyusui akan memengaruhi kesehatan Si Kecil dan Bunda, loh! Berdasarkan penelitian tahun Royal Veterinary College of London (2007), yang diterbitkan di ScienceDaily.com, menunjukkan bahwa konsumsi makanan tinggi gula saat menyusui dapat mengganggu kemampuan bayi untuk mengontrol nafsu makan. Selain itu,  dapat berpotensi meningkatkan keinginan makan junk food saat Si Kecil sudah dewasa. 

Hal yang sama juga disebutkan oleh Bidan Cory Agusthina, SKM, CHE., sebagai berikut. 

Tambahan gula dari makanan Bunda akan diteruskan ke bayi melalui ASI . Sebelumnya, sudah ada penelitian mengenai pengaruh gula terhadap bayi. Paparan gula yang terlalu banyak dapat menyebabkan gangguan pada perkembangan otak bayi. Oleh karena itu, Bunda sebaiknya membatasi asupan gula tambahan karena baik untuk kesehatan Bunda dan Si Kecil”.

Apakah Konsumsi Gula Tinggi Memengaruhi Kandungan ASI?

Mengonsumsi banyak gula saat Bunda menyusui tidak mengubah komposisi ASI. Bahkan seorang Bunda yang kekurangan asupan kalori dan protein tetap bisa memproduksi ASI yang mengandung semua kebutuhan nutrisi Si Kecil. Namun, proses menyusui akan menghabiskan banyak tenaga sehingga Bunda perlu tambahan kalori dan vitamin. Meskipun bayi tetap mendapatkan nutrisi yang dibutuhkannya, terlepas dari makanan apa pun yang ibunya konsumsi. Mengonsumsi banyak kalori kosong seperti makanan manis dan makanan ringan lainnya, akan membuat kenyang. Namun tidak memenuhi kebutuhan nutrisi Bunda menyusui.

Bidan Cory Agusthina, SKM, CHE.

Itulah alasan mengapa Bunda harus membatasi konsumsi gula. Selama menyusui, sebaiknya Bunda mengonsumsi makanan sehat untuk menjaga kesehatan. Selain itu, Bunda juga bisa mengonsumsi ASI booster untuk meningkatkan produksi serta kualitas ASI Bunda. Jika Bunda memiliki permasalahan mengenai ASI, seperti puting lecet, payudara bengkak, dan ASI seret, Bunda bisa berkonsultasi dengan tim busuisehat.com melalui link https://t.me/BusuiSehat.

Jangan lewatkan informasi ini Bunda!

Rokok Berbahaya Bagi Bunda dan Si Kecil!

Konsumsi Ikan Bikin ASI Bunda Amis, Mitos atau Fakta?

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password