fbpx
Artikel Pilihan

Ini 7 Manfaat Buah Semangka Bagi Kesehatan Tubuh Bunda Menyusui

Manfaat Semangka Untuk Ibu Menyusui
manfaat semangka untuk ibu menyusui/ Sumber foto: freepik

Siapa yang tidak tahu semangka?

Semangka adalah anggota keluarga Cucurbitaceae. Semangka mengandung banyak air yang baik untuk tubuh Bunda. Selain itu, semangka juga memiliki rasa yang manis dan segar. Buah ini bisa dijadikan makanan camilan yang sehat. Buah ini rendah kalori dan memberikan nutrisi penting.

Nutrisi Buah Semangka

Semangka adalah buah yang lezat dan menyegarkan yang baik untuk Bunda. Dalam 100 gram semangka hanya mengandung 46 kalori namun padat akan vitamin A dan C yang baik untuk kesehatan sel jaringan tubuh.

Dalam satu cangkir 154 gram, semangka mengandung nutrisi vitamin dan mineral berikut:

  • Vitamin C → 21%
  • Vitamin A → 18% 
  • Kalium → 5%
  • Magnesium → 4%
  • Vitamin B1, B5 dan B6 → 3%
  • Karotenoid
  • Beta-karoten
  • Likopen
  • Asam amino
  • Cucurbitacin E

Manfaat Semangka Untuk Ibu Menyusui

Manfaat Semangka Untuk Ibu Menyusui

1. Membantu Menghidrasi Tubuh

Minum air adalah cara penting untuk menjaga tubuh Bunda tetap terhidrasi. Buah semangka mengandung 92% air. Selain itu, buah ini membantu Bunda untuk tetap merasa kenyang karena banyak air dan serat. 

2. Mencegah Kanker

Kandungan likopen dalam semangka memiliki efek anti kanker. Likopen mempercepat penyembuhan sel jaringan yang rusak. 

3. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Penyakit jantung adalah penyebab kematian nomor satu di dunia. Untuk mengurangi risiko ini, sebaiknya Bunda merapkan pola hidup yang sehat. Selain itu, likopen baik untuk wanita melewati pasca menopause karena dapat mengurangi kekakuan dan ketebalan dinding arteri.

4. Menurunkan Tekanan Darah

Semangka juga mengandung citrulline dan asam amino yang dapat meningkatkan kadar oksida nitrat dalam tubuh. Oksida nitrat membantu pembuluh darah Bunda berkembang, yang menurunkan tekanan darah.

5. Baik Untuk Kulit dan Rambut 

Vitamin C membantu tubuh memproduksi kolagen. Protein dalam semangka membuat kulit Bunda kenyal dan rambut kuat. Vitamin A juga penting untuk kesehatan kulit karena membantu membuat dan memperbaiki sel kulit. Tanpa vitamin A yang cukup, kulit Bunda bisa kering dan bersisik. Konsumsi semangka dapat meningkatkan kesehatan kulit dan rambut Bunda.

6. Dapat Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Serat baik untuk menjaga kesehatan pencernaan Bunda. Serat juga membuat Bunda kenyang lebih lama. 

7. Meningkatkan Imunitas

Saat Bunda menyusui, Bunda membutuhkan banyak energi untuk memproduksi ASI. Terlebih, Bunda harus mengurus Si Kecil. Ini tentu akan menguras energi Bunda. Untuk menjaga stamina atau imunitas, Bunda bisa konsumsi buah semangka yang kaya akan antioksidan. 

Tertarik untuk rajin mengonsumsi semangka? 

Untuk hasil yang optimal, Bunda bisa mengombinasikan susu ASI booster dengan beberapa potong buah semangka. Selain enak, Bunda juga mendapatkan seluruh nutrisi yang dibutuhkan untuk meningkatkan produksi dan kualitas ASI.

Jika Bunda memiliki keluhan selama menyusui seperti puting lecet, payudara bengkak, dan ASI mampet, Bunda bisa berkonsultasi dengan tim busuisehat.com dengan link  https://t.me/BusuiSehat.

Baca juga yuk informasi di bawah ini!

4 Tips Mempercepat Penyembuhan Luka Operasi Cesar

5 Manfaat Kale Untuk Kesehatan Tubuh Bunda dan Si Kecil

Ini 6 Daftar Makanan Yang Tidak Boleh Dikonsumsi Bayi Di Bawah 1 Tahun

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password