Artikel Pilihan

Si Kecil Rewel? Mungkin Bayi Bunda Merasa Lapar!

7 Cara Mengatasi Bayi Kembung Yang Harus Bunda Tahu
ilustrasi bayi lapar/ Sumber foto: freepik

 

Bunda, tahukah kalau Si Kecil menunjukkan “aktivitas” khusus yang mengisyaratakan jika mereka lapar?

Isyarat tersebut dikeluarkan bayi karena tubuhnya merasa lapar. Ini karena bayi baru lahir belum bisa berbicara lancar dan mengatakan “Bunda aku lapar”. Cara satu-satunya untuk menyampaikan rasa lapar mereka biasanya adalah menangis atau mengemut jari.

Tanda-tanda bayi lapar pada umumnya itu sama. Ini karena mereka memiliki refleks yang sama juga Bunda. Tanda-tanda bayi lapar juga bisa diketahui dari 3 fase yaitu fase awal, lanjutan, dan akhir”,

Bidan Cory Agusthina, SKM, CHE.

Fase Lapar Si Kecil

1. Fase awal

Bayi biasanya mulai menggerakkan kepala seperti mencari sesuatu untuk diisap. Setelah itu, bayi membuka mulut dan menengok mencari sumber makanannya. Jika Bunda melihat tanda ini, Bunda bisa langsung memberikan ASI.

2. Fase lanjutan

Badan bayi mulai meregang. Terjadi pergerakan fisik yang semakin aktif dan intensif. Bayi memasukkan jadi ke dalam mulut lalu mengisapnya seakan-akan mengisap puting.

3. Fase akhir

Fase akhir adalah fase puncak rasa lapar Si Kecil Bunda. Oleh karena tidak bisa menaham lapar, bayi akan gelisah dan menangis terus-menerus. 

Jika bayi Bunda menunjukkan salah satu tanda dari ketiga fase tersebut, itu artinya bayi Bunda sedang lapar. Segera berikan ASI ya Bun agar Si Kecil cepat kenyang. Biasanya, bayi yang baru lahir perlu menyusu setidaknya 8 sampai 12 kali dalam sehari. Jadi pastikan asupan kebutuhan ASI si Kecil terpenuh ya Bunda.

Nah, sebagai orang tua yang baik, Bunda pasti ingin memberikan ASI yang terbaik untuk Si Kecil. Untuk mewujudkan hal itu, sebaiknya Bunda mengonsumsi makanan sehat agar kesehatan tubuh Bunda terjaga. Untuk mendukung program ASI eksklusif,  Bunda bisa mengonsumsi multivitamin dan ASI booster untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas ASI agar stok ASI terjaga.

Jika Bunda memiliki keluhan selama menyusui seperti puting lecet, payudara bengkak, dan ASI mampet, Bunda bisa berkonsultasi dengan tim busuisehat.com dengan link  https://t.me/BusuiSehat.

Baca juga yuk informasi lainnya Bunda!

Kenali Tanda-Tanda Lapar Pada Bayi Yang Harus Bunda Ketahui!

Bayi Bunda Lebih Suka Menyusu Di Satu Payudara Saja?

Bayi Bingung Puting, Ini Cara Mengatasinya

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password