fbpx
Artikel Pilihan

Amankah Puasa Bagi Ibu Hamil? Simak Informasi Ini Bunda!

puasa bagi ibu hamil
puasa bagi ibu hamil/ Sumber foto: freepik

Ramadhan adalah bulan kesembilan dalam kalender Islam dan waktu ketika umat Islam di seluruh dunia berpuasa. Puasa selama sebulan adalah salah satu dari lima rukun Islam dan hukumnya wajib. Puasa dilakukan dari fajar hingga matahari terbenam.

Dikutip dari Lembaga Amil Zakat Dompet Dhuafa, ada 6 golongan yang diperbolehkan untuk tidak berpuasa, yaitu musafir, ibu hamil, ibu menyusui, orang sakit, dan orang yang tercekik haus. Selain itu, wanita yang sedang menstruasi dan nifas juga tidak diperbolehkan berpuasa. Namun, sebagai umat Muslim wajib hukumnya mengganti puasa sesuai dengan ketentuan agama. 

Meskipun saat hamil Bunda diperbolehkan untuk tidak berpuasa, masih ada Bunda yang tetap berpuasa demi menjalankan ibadah. Lalu, apakah aman untuk tetap berpuasa saat hamil? Simak informasi berikut ini untuk mendapatkan jawabannya, Bunda!

Amankah Puasa Bagi Ibu Hamil?

Berdasarkan penelitian dan sensus yang dilakukan oleh para ilmuwan di Amerika Serikat, Irak dan Uganda, menemukan bahwa wanita hamil yang berpuasa cenderung memiliki bayi yang lebih kecil dan berat badan di bawah normal.

Dalam beberapa kasus, Bunda hamil yang sehat dapat melaksanakan puasa. Selain itu, puasa juga baik untuk menjaga kesehatan Bunda dan bayi di trisemester ketiga. 

“Biasanya kalau syarat kesehatan terpenuhi, Bunda diperbolehkan puasa karena pada usia kehamilan tua berpuasa justru bagus untuk kesehatan. Pada ibu yang hamil tua puasa dapat menjaga berat badan yang berlebih, menjaga gula darah untuk ibu yang memiliki riwayat diabetes,  dan hipertensi. Puasa juga bagus juga untuk metabolisme tubuh ibu hamil dengan syarat dan ketentuan yang berlaku”,

Bidan Cory Agusthina, SKM, CHE.

Bolehkah Ibu Hamil Berpuasa?

Menurut Dr. Yusra Firdaus, yang dikutip dari Hello Sehat, menyatakan bahwa ibu hamil diperbolehkan berpuasa ketika sang Ibu sudah merasa nyaman dan sehat dengan kondisi kehamilannya. Umumnya, Bunda diperbolehkan untuk berpuasa saat usia kandungan di trisemester kedua atau ketiga. 

Terlebih saat usia kehamilan Bunda masih di trisemester pertama sebaiknya tidak perlu melakukan puasa karena dikhawatirkan dapat mengganggu pertumbuhan dan perkembangan janin. 

“Apabila asupan makanan dan minuman dibatasi karena puasa, ibu hamil yang menjalani kehamilan trimester pertama dikhawatirkan lebih berisiko melahirkan bayi dengan berat badan di bawah normal atau melahirkan secara prematur”, 

Bidan Cory Agusthina, SKM, CHE.

Itulah alasan perempuan diizinkan untuk tidak berpuasa adalah karena kesehatan Ibu dan janin yang sedang di kandung. Jika Bunda ingin berpuasa saat hamil dan menyusui, sebaiknya Bunda harus berkonsultasi dengan dokter. Selain itu, penting utnuk melakukan cek kesehatan secara menyeluruh untuk memastikan kondisi tubuh dan janin Bunda baik dan tidak memiliki riwayat penyakit yang serius. 

“Biasanya dilihat dulu perkembangan bayi dan kondisi ibunya. Apabila bayi dan ibu sehat dan mampu berpuasa, maka diperbolehkan. Untuk bayi biasanya dilihat dari beberapa aspek seperti berat badannya cukup, air ketuban, detak jantung, gerakan bayi aktif atau tidak. Lalu kondisi ibu juga dilihat apakah ada anemia dan riwayat hiperemesis atau mual muntah yg parah”,

Bidan Cory Agusthina, SKM, CHE.

Itulah informasi seputar kehamilan dan puasa. Perlu diperhatikan ya Bunda untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan dan ahli gizi. Jika tubuh Bunda merasa tidak kuat, segeralah berbuka puasa dan jangan memaksakan diri.

Untuk menjaga kesehatan tubuh selama puasa, Bunda harus mengonsumsi makanan sehat. Hindari makanan tinggi lemak, gula, garam, dan kafein. Usahakan untuk tidur dan konsumsi air putih yang cukup untuk menjaga metabolisme tubuh. Kurangi asupan makanan junk food karena tidak baik untuk kesehatan Bunda.

Agar tubuh tetap fit, Bunda bisa mengonsumsi multivitamin saat sahur dan berbuka puasa. Jika Bunda sedang menyusui, konsumsi  ASI booster dapat menjaga produksi ASI selama berpuasa. Jika Bunda memiliki keluhan selama menyusui seperti puting lecet, payudara bengkak, dan ASI mampet, Bunda bisa berkonsultasi dengan tim Busuisehat dengan link https://t.me/BusuiSehat.

Salam sehat untuk Bunda semua! Pantau terus ya informasi menarik lainnya hanya di Busuisehat!

Yuk Ketahui Tips Berpuasa Saat Menyusui Bunda!

Bolehkah Ibu Menyusui Tetap Berpuasa? Simak Penjelasan Ini Bunda!

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password