Artikel Pilihan

Nutrisi Penting untuk Bunda Menyusui

ilustrasi nutrisi/ Foto: Freepik

 

Menyusui memiliki sejumlah nutrisi dan manfaat yang mampu meningkatkan kesehatan dan pertumbuhan Si Kecil. Namun, hal ini juga mampu mengurangi cadangan nutrisi dan energi untuk Bunda. 

Bunda pasti membutuhkan lebih banyak kalori untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya selama menyusui. Biasanya, Bunda direkomendasikan untuk menambahkan kalori sekitar 450 hingga 500 kalori per hari. 

Sehingga kebutuhan kalori harian total Bunda selama menyusui bisa mencapai 2.300 hingga 2.500 kalori per hari. Tentu penambahan kalori tersebut harus berasal dari makanan sehat dengan gizi yang baik ya, Bunda. 

Nah, biasanya jumlah kalori tambahan yang dibutuhkan Bunda ketika menyusui ini dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti usia, indeks massa tubuh, tingkat aktivitas, dan pilihan menyusui (ASI eksklusif atau susu formula). 

Kenapa Bunda harus memperhatikan asupan kalori dan nutrisi harian? Hal ini karena apa yang Bunda konsumsi akan memengaruhi kandungan dan kualitas ASI Bunda. Busuisehat sudah merangkum beberapa nutrisi penting yang penting untuk Bunda menyusui. Simak penjelasan berikut, yuk!

Karbohidrat kompleks

Karbohidrat sangat penting untuk menghasilkan energi tubuh Bunda. Selain itu, karbohidrat juga berguna untuk melawan penyakit dan mengendalikan berat badan, loh. Karbohidrat kompleks biasanya tinggi akan serat, vitamin, dan mineral yang Bunda butuhkan. Bunda bisa mengonsumsi jagung, kentang, nasi merah, ubi, dan singkong. 

Asam Lemak

Asam lemak ini memiliki istilah lain yaitu unsaturfated fat. Lemak ini baik loh untuk kesehatan Bunda. Asam lemak terbagi menjadi beberapa jenis yaitu asam lemak tak jenuh tunggal dan asam lemak tak jenuh ganda seperti omega 3 dan omega 6. Asam lemak sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung, menjaga berat badan, mengendalikan kadar gula, dan kolestrol, Bunda. Selain itu, juga baik untuk kualitas ASI Bunda. Beberapa makanan  tinggi akan asam lemak yang bisa Bunda konsumsi yaitu kacang-kacangan seperti almond, alpukat, buah zaitun, dan kanola.

Protein

Protein termasuk dalam makronutrien yang dibutuhkan tubuh Bunda dalam jumlah yang banyak. Protein memiliki banyak manfaat bagi tubuh antara lain:

  • pembentukan tulang, otot, darah, dan kulit
  • membentuk antibodi yang baik untuk sistem kekebalan tubuh 
  • baik untuk hormon tubuh
  • baik untuk sel darah merah dan metabolisme tubuh

Makanan dengan kandungan protein tinggi bisa Bunda dapatkan dari dada ayam, daging sapi tanpa lemak, tahu, dan tempe.

Zat Besi dan Kalsium

Kalsium baik untuk pertumbuhan dan menjaga kesehatan tulang dan gigi. Sementara itu, zat besi penting untuk tubuh karena memproduksi sel darah merah. Kedua mineral tersebut harus tercukupi. Bunda bisa mengonsumsi berbagai makanan alami yang kaya akan kandungan zat besi dan kalsium seperti kuning telur, bayam, kangkung, brokoli, ikan, dan umbi-umbian.

Setelah membaca ulasan di atas Bunda pasti jadi semakin paham akan nutrisi penting yang dibutuhkan  bagi tubuh.

Ada hal yang harus diingat ya, Bunda. Selama menyusui, hindari minuman yang terlalu manis ya, Bunda. Hal ini karena apa yang Bunda konsumsi dapat memengaruhi produksi ASI dan kualitas ASI. Mengonsumsi minuman yang terlalu manis juga tidak sehat untuk kesehatan Bunda. Tentu Bunda tidak ingin kesehatan dan kualitas ASI menurun, bukan?

Untuk meningkatkan ASI, Bunda bisa mengonsumsi produk tambahan seperti suplemen atau ASI booster

Selain itu, Bunda bisa melakukan konsultasi dengan tim busuisehat.com dengan klik link https://busuisehat.com/chat/konsul-bundaku/ jika Bunda mengalami masalah dalam menyusui Si Bayi.

Baca juga yuk Bunda!

Pilihan Makanan untuk Meningkatkan Kualitas ASI

Kalsium Penting untuk Bunda Menyusui

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password