Artikel Pilihan

Kandungan ASI dan Manfaatnya

asi dan manfaatnya/ Foto: Freepik

Menyusui adalah aktivitas normal untuk memberikan nutrisi yang dibutuhkan bayi guna pertumbuhan dan perkembangan yang sehat. Ketika menyusui, ASI yang ada di dalam payudara Bunda akan dikonsumsi langsung oleh Si Kecil. ASI menyediakan semua nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. 

Oleh karena itu, keistimewaan dan keunggulan ASI sudah tidak diragukan lagi. Bunda mungkin sering mendengar kalau ASI dapat menjaga kesehatan bayi, Bunda. Itu karena ASI Bunda mengandung antibodi yang sangat bermanfaat untuk kekebalan tubuh Si Kecil.

Nah, sebenarnya kandungan ASI ini apa saja ya Bunda?

Bagi Bunda yang belum tahu, simak penjelasan Busuisehat sampai habis, ya!

Makronutrien

Komposisi air terdiri dari air, karbohidrat, protein, dan lipid. Nah, masing-masing zat gizi tersebut berkontribusi bagi pertumbuhan bayi, Bunda.

1.  Air

ASI terdiri dari 90% air. Hal ini sangat penting untuk tubuh bayi Bunda untuk menghindari dehidrasi, memabntu mengatur suhu tubuh, melindungi organ tubuh, dan persendian. 

2. Karbohidrat

Bunda pasti sudah tahu fungsi karbohidrat ya. Karbohidrat adalah sumber energi untuk tubuh. Karbohidrat dalam ASI berupa gula atau laktosa. 

3. Protein

Protein merupakan nutrisi penting untuk bayi Bunda. Protein membangun, memperkuat, serta memperbaiki jaringan tubuh. Zat ini juga dibutuhkan untuk produksi hormon, enzim, dan antibodi. Protein dalam ASI juga mudah dicerna bayi.

4. Lipid 

Lipid adalah lemak. ASI mengandung 4% lemak yang dibutuhkan tubuh dan menjadi sumber energi yang baik. Lemak omega 3 dan omega 6 dalam ASI baik untuk perkembangan otak dan sistem saraf. Selain itu, lemak ini juga baik untuk menaikan berat badan bayi secara alami.

5. Karnitin

Karnitin adalah zat yang baik untuk pembentukan energi dan mempertahankan metabolisme tubuh. Kandungan karnitin pasa ASI paling tinggi di 3 minggu pertama menyusui. Jadi, jika Bunda ingin memiliki bayi yang sehat dan kuat, berikan ASI eksklusif ya!

Mikronutrien

Mikronutrien dalam ASI sangat bagus untuk bayi Bunda, loh. Zat-zat mikronutrien yang terkandung dalam ASI adalah vitamin dan mineral yang mudah dicerna bayi.

1. Vitamin

Vitamin memiliki peran yang banyak bagi kesehatan tubuh, antara lain menjaga kesehatan tulang, mata, dan kulit. Vitamin diperlukan untuk mencegah malnutrisi seperti penyakit rakhitis dan busung lapar pada bayi Bunda. Seluruh kandungan vitamin di dalam ASI cukup lengkap, seperti:

  • vitamin A
  • vitamin B (B1, B2, B6, dan B12)
  • vitamin C
  • vitamin D
  • vitamin K
  • vitamin E
  • asam folat

2. Mineral

Hebatnya ASI Bunda tinggi akan mineral yang dibutuhkan bayi untuk tumbuh sehat dan kuat. Mineral baik untuk membangun tulang yang kuat, menghasilkan sel dara merah, meningkatkan fungsi otot, dan saraf. Kandungan mineral yang terdapat dalam ASI meliputi:

  • zat besi
  • seng
  • magnesium
  • natrium
  • kalsium
  • klorida
  • zinc
  • dan selenium

Nah, bagaimana Bunda? Ternyata kandungan di dalam ASI sangat lengkap. Untuk memberikan nutrisi terbaik, sebaiknya Bunda memberikan ASI eksklusif pada Si Kecil. Jika Bunda mengalami kesulitan dalam menyusui Si Kecil, Bunda bisa baca beberapa tips Busuisehat mengenai ASI. 

Bagi Bunda yang ingin meningkatkan produksi dan kualitas ASI, Busuisehat merekomendasikan Bunda untuk mengonsumsi ASI booster.

Jika Bunda mengalami masalah dalam menyusui Si Kecil,  padahal sudah banyak mengonsumsi ASI booster lain dan tetap tidak berpengaruh. Bunda bisa melakukan konsultasi dengan tim busuisehat.com dengan klik link https://busuisehat.com/chat/konsul-bundaku/ 

Baca juga yuk Bunda!

Yuk Ketahui ASI dan Kandungannya Bunda!

Produksi ASI Bunda Berkurang Selama KB, Ini Penyebabnya

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password