Artikel Pilihan

Amankah Mengonsumsi Buah Pisang Selama Hamil? Simak Informasi Berikut Ini Bunda!

manfaat pisang untuk ibu hamil
manfaat buah pisang untuk ibu hamil/ Sumber foto: freepik

Pisang memiliki warna putih kekuningan dengan rasa yang manis. Rasanya yang enak dan mengenyangkan membuat pisang seringkali dijadikan camilan sehat bagi ibu hamil. Nah, Bunda sudah tahu belum mengenai manfaat buah pisang?

Simak informasi berikut ini yuk Bunda!

Amankah Makan Pisang Selama Kehamilan?

Jawabannya adalah aman jika dikonsumsi dalam porsi yang tepat! Pisang merupakan camilan buah yang sangat baik untuk perkembangan janin yang sehat karena di dalamnya mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan tubuh dan perkembangan janin.

Kandungan dan Manfaat Buah Pisang untuk Ibu Hamil

1. Asam folat

Selama kehamilan, asam folat sangat penting untuk perkembangan otak janin dan sumsum tulang belakang. Kekurangannya akan meningkatkan risiko cacat bawaan dan juga kelahiran prematur. Pisang adalah sumber asam folat yang baik dan membantu mengurangi kemungkinan masalah ini.

2. Zat besi

Selama kehamilan, kebutuhan darah meningkat untuk mendukung pertumbuhan janin. Sehingga selama kehamilan Bunda berisiko terkena anemia. Untuk mengatasi ini, Bunda bisa konsumsi pisang  karena kaya akan zat besi yang dapat melawan anemia saat kehamilan.

3. Vitamin B6

Morning sickness atau rasa mual biasa terjadi pada tiga bulan pertama kehamilan. Pisang kaya akan vitamin B6, vitamin yang dapat membantu meminimalkan gejala ini.

4. Serat

Serat makanan dari pisang, bersama dengan potasium, dapat meningkatkan kesehatan pencernaan dan menghilangkan racun dari tubuh. Dengan begitu, dapat mencegah risiko sembelit selama kehamilan.

5. Vitamin C

Pisang kaya akan vitamin C, yang merupakan antioksidan hebat. Antioksidan membantu melawan kerusakan radikal bebas dalam tubuh dan memberikan perlindungan dari kerusakan sel, sehingga membantu menangkal infeksi.

6. Gula

Pisang mengandung gula alami yang baik untuk kesehatan tubuh. Gula yang terkandung dalam pisang adalah gula sederhana seperti glukosa, fruktosa, dan sukrosa berperan penting dalam memberikan energi.

7. Karbohidrat

Pisang mengandung karbohidrat yang baik dan membuat Bunda merasa kenyang. Ini adalah camilan terbaik yang bisa dikonsumsi kapan pun saat Bunda merasa lapar.

8. Kalium

Kandungan kalium dalam pisang sangat penting untuk mengendalikan tekanan darah. Pisang adalah sumber potasium yang sangat baik dan membantu tubuh kehilangan natrium, penyebab utama tekanan darah selama kehamilan. membantu meningkatkan laktasi.

Berapa Banyak Pisang Yang Bisa Bunda Makan Setiap Hari?

manfaat pisang untuk ibu hamil

Pisang, seperti yang lainnya, harus dikonsumsi dalam jumlah sedang. Bunda bisa makan 1 hingga 2 buah pisang ukuran sedang dalam sehari. Namun, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi pisang ya Bunda. 

Jika Bunda sedang masa ASI eksklusif, Bunda bisa kombinasikan pisang dengan susu ASI booster. Selain enak, ramuan ini dapat menjaga kesehatan, menjaga produksi ASI, dan kualitas ASI Bunda. Dengan begitu, kebutuhan ASI anak Bunda akan terpenuhi dan Si Kecil dapat tumbuh dengan optimal!

Itulah informasi seputar mengonsumsi pisang untuk ibu hamil. Jika Bunda memiliki permasalahan seputar ASI seperti puting lecet, ASI mampet, dan seret, silakan berkonsultasi terlebih dahulu dengan tim busuisehat.com dengan link  https://t.me/BusuiSehat.

Baca juga informasi menarik lainnya yuk Bunda!

4 Tips Mempercepat Penyembuhan Luka Operasi Cesar

Ini 8 Manfaat Melon Bagi Kesehatan Tubuh Bunda Menyusui!

Ini 7 Manfaat Buah Semangka Bagi Kesehatan Tubuh Bunda Menyusui

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password