Artikel Pilihan

Kacang Arab: Menu Takjil Yang Kaya Manfaat Untuk Ibu Hamil

manfaat kacang arab untuk ibu hamil
manfaat kacang arab untuk ibu hamil/ Sumber foto: freepik

Daripada mengonsumsi donat atau pizza, sebagai camilan buka puasa, sebaiknya Bunda memilih makanan sehat agar nutrisi terpenuhi. Salah satu camilan sehat yang sering dijual saat puasa adalah kacang arab.

Hayo, mungkin Bunda sering melihat kacang ini sebagai oleh-oleh haji atau takjil buka puasa. Selain rasanya yang gurih, kacang arab mengandung banyak vitamin dan mineral. Kira-kira, manfaat apa saja yang Bunda dapatkan dari kacang arab ini? Simak ulasannya berikut ini!

Kandungan Nutrisi Kacang Arab

Dalam satu porsi kacang arab, sekitar 1 ons (28 gram) mengandung 46 kalori yang terdiri dari:

  • Karbohidrat
  • Protein
  • Folat
  • Zat besi 
  • Fosfor
  • Tembaga 
  • Mangan
  • Serat
  • Kalsium
  • Kalium 
  • Magnesium
  • Kolin

Manfaat Kacang Arab Bagi Kehamilan

manfaat kacang arab untuk ibu hamil

Kacang arab mengandung nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan. Bagi Bunda yang sedang hamil, kacang arab baik untuk perkembangan janin Bunda.

1. Mencegah cacat lahir

Folat merupakan nutrisi penting untuk kehamilan. Folat membantu pertumbuhan bayi dan mencegah cacat tabung saraf. Asupan folat harian yang direkomendasikan saat hamil yaitu sebesar 400 mcg. Untuk memenuhi kebutuhan folat, Bunda bisa mengonsumsi segenggam kacang arab. 

2. Mencegah anemia

Ibu yang sedang hamil rentang mengalami anemia. Ini karena tubuh membutuhkan sel darah merah lebih banyak untuk perkembangan janin. Oleh karena itu, dokter sering menyarankan Bunda untuk memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung zat besi. Nah, untuk mencukupi kebutuhan zat besi selama kehamilan, Bunda bisa konsumsi secangkir kacang arab.

3. Pengembangan otak

Kacang arab mengandung protein, folat, dan kolin yang membantu dalam perkembangan otak, fungsi saraf yang lebih baik, dan membantu menjaga metabolisme tetap sehat. Daripada konsumsi gorengan, lebih baik Bunda makan kacang arab. Lebih banyak manfaatnya dan baik untuk kesehatan.

4. Pertumbuhan janin yang sehat

Kacang arab adalah kaya akan zat mangan yang baik untuk kesehatan tulang rawan dan pembentukan tulang janin. Selain  itu, zat mangan juga dapat melindungi sel tubuh agar pertumbuhan dan perkembangan janin sehat. Sementara itu, protein baik untuk perkembangan bayi serta untuk menjaga jaringan tubuh dan otot.

5. Menjaga kesehatan pencernaan

Dalam satu cangkir kacang arab mengandung 12 gram serat yang baik untuk kesehatan pencernaan Bunda. Apalagi banyak ibu hamil yang rentan mengalami sembelit. Nah, dengan konsumsi secangkir kecil kacang arab akan menyehatkan pencernaan Bunda. 

Mengonsumsi kacang arab selama berpuasa dapat menjaga kesehatan tubuh Bunda dan memenuhi kebutuhan nutrisi. Jika Bunda sedang masa ASI eksklusif, Bunda bisa kombinasikan kacang arab ini dengan ASI booster. Selain enak dan mengenyangkan, kualitas dan kuantitas ASI Bunda juga meningkat. Dengan begitu, kebutuhan ASI anak Bunda akan terpenuhi dan Si Kecil dapat tumbuh dengan optimal!

Itulah informasi seputar madu yang perlu Bunda ketahui. Jika Bunda memiliki permasalahan seputar ASI seperti puting lecet, ASI mampet, dan seret, silakan berkonsultasi terlebih dahulu dengan tim busuisehat.com dengan link  https://t.me/BusuiSehat.

Baca juga informasi menarik lainnya yuk Bunda!

Yuk Ketahui Tips Berpuasa Saat Menyusui Bunda!

Ketahui Makanan Yang Harus Dikonsumsi Ibu Hamil Saat Berpuasa

Amankah Mengonsumsi Madu Selama Bunda Menyusui? Simak Informasi Ini!

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password