Artikel Pilihan

8 Manfaat Konsumsi Daging Buah Kelapa untuk Buka Puasa

manfaat buah kelapa untuk buka puasa
manfaat buah kelapa untuk buka puasa/ Sumber foto: freepik

Banyak orang yang sering mengonsumsi buah kelapa saat berbuka puasa. Rasanya yang unik ampuh menyegarkan tubuh setelah seharian berpuasa. Selain dihidangkan sebagai minuman es yang nikmat, daging buahnya juga nikmat dikonsumsi. 

Sama seperti buah lainnya, kelapa mengandung banyak manfaat. Kira-kira apa saja ya manfaat mengonsumsi daging kelapa saat berpuasa? 

Simak informasi ini yuk Bunda!

Nutrisi Buah Kelapa

Kelapa memiliki daging putih yang dapat dimakan. Selain dikonsumsi langsung, daging kelapa dapat digunakan untuk membuat minyak kelapa, krim kelapa, santan, dan kelapa kering. Kelapa umumnya dianggap sebagai makanan sehat yang mengandung: 

  • Serat
  • Protein
  • Mangan
  • Zat besi
  • Tembaga
  • Magnesium
  • Lemak sehat
  • Karbohidrat
  • Vitamin C
  • Thiamin
  • Folat (vitamin B9)

Manfaat Buah Kelapa untuk Buka Puasa

manfaat buah kelapa untuk buka puasa

1. Menjaga gula darah

Kelapa rendah karbohidrat, tinggi serat dan lemak. Sehingga dapat membantu menstabilkan gula darah Bunda selama berpuasa. Kandungan arginin (asam amino) dalam daging kelapa penting untuk fungsi sel pankreas. Sehingga pankreas membuat lebih banyak insulin, hormon yang membantu mengatur gula darah. 

2. Mengembalikan energi setelah berpuasa 

Tidak seperti makanan lain yang tinggi lemak jahat (LDL), kelapa justru tinggi lemak baik (HDL). Jenis asam lemak ini lebih sehat karena tidak perlu dicerna di kantong empedu atau hati. 

3. Mudah dicerna pencernaan

Buah kelapa mudah dicerna karena kandungan seratnya yang tinggi. Ada sekitar 5 gram serat dalam 2 sendok makan kelapa. Oleh karena itu, kelapa sangat baik dikonsumsi saat berbuka puasa agar pencernaan Bunda tetap lancar.

4. Kaya nutrisi namun rendah kalori

Kelapa mengandung banyak nutrisi, rendah karbohidrat, gula, dan lemak. Selain itu, kelapa tinggi akan protein yang baik untuk ototo dan memulihkan tubuh Bunda setelah seharian berpuasa. Mengonsumsi daging kelapa dapat membantu tubuh melawan oksidasi di jaringan sehingga tubuh tetap sehat. 

5. Meningkatkan kekebalan tubuh selama berpuasa

Nutrisi kelapa sangat baik untuk sistem kekebalan tubuh. Kelapa bersifat antivirus, antijamur, antibakteri, dan anti parasit. Asupan air dan daging kelapa dapat membantu tubuh untuk meningkatkan ketahanan terhadap virus dan bakteri penyebab penyakit .

6. Membuat kulit bersih

Makan kelapa dapat melembabkan kulit sehingga kulit terasa lebih kenyal. Ini karena kelapa kaya akan antioksidan yang baik untuk kesehatan kulit. Selain itu, sifat antioksidannya juga dapat memperlambat proses penuaan.

7. Menjaga tulang dan gigi tetap sehat

Makan kelapa secara teratur mendukung perkembangan kesehatan tulang dan gigi. Kandungan nutrisi dalam kelapa meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap kalsium demi perkembangan tulang. Konsumsi kelapa juga dapat mencegah osteoporosis. 

8. Menjaga tubuh tetap terhidrasi

Setelah seharian berpuasa, tubuh membutuhkan asupan air untuk mengganti cairan tubuh yang hilang. Air dan daging kelapa punya manfaat baik bagi Bunda menyusui, yang sedang berpuasa, karena meningkatkan produksi ASI dengan menyediakan nutrisi penting bagi tubuh seperti kalium, natrium, dan gula alami. Selain itu, daging kelapa juga tinggi kandungan air yang baik untuk tubuh Bunda.

Untuk mendapatkan khasiat luar biasa, Bunda bisa kombinasikan daging kelapa dengan susu ASI booster. Selain enak untuk berbuka puasa, ramuan ini dapat menjaga kesehatan, menjaga produksi ASI, dan kualitas ASI Bunda selama berpuasa. Dengan begitu, kebutuhan ASI anak Bunda akan terpenuhi dan Si Kecil dapat tumbuh dengan optimal!

Itulah informasi seputar mengonsumsi daging kelapa untuk Bunda. Jika Bunda memiliki permasalahan seputar ASI seperti puting lecet, ASI mampet, dan seret, silakan berkonsultasi terlebih dahulu dengan tim busuisehat.com dengan link  https://t.me/BusuiSehat.

Baca juga informasi menarik lainnya yuk Bunda!

Yuk Ketahui Tips Berpuasa Saat Menyusui Bunda!

Bolehkah Ibu Menyusui Tetap Berpuasa? Simak Penjelasan Ini Bunda!

Ketahui 5 Manfaat Mengonsumsi Buah Stroberi Saat Berbuka Puasa Bagi Ibu Menyusui

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password