Artikel Pilihan

Ketahui Makanan Yang Harus Dikonsumsi Ibu Hamil Saat Berpuasa

makanan-ibu-hamil-saat-puasa
makanan sehat untuk ibu hamil saat puasa/ Sumber foto: freepik

Bagi ibu hamil, puasa harus dilakukan dengan cermat. Bagi Bunda yang ingin menjalankan puasa saat hamil, mungkin akan merasakan tantangan tersendiri. Ini karena Bunda membutuhkan nutrisi untuk perkembangan dan pertumbuhan janin dalam kandungan. Lalu, kira-kira menu makanan apa saja yang harus dipilih oleh Bunda hamil selama berpuasa?

Selengkapnya, simak penjelasan berikut ini!

Wajib Konsumsi Makanan Sehat

Bunda, sebenarnya tidak wajib melakukan ibadah puasa saat sedang mengandung. Bunda dapat mengganti puasa setelah Bunda melahirkan Si Kecil. 

Namun, jika Bunda tetap memutuskan untuk berpuasa, sebaiknya berkonsultasi dulu dengan dokter dan melakukan pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh. Jika diperbolehkan,  pastikan seluruh kebutuhan nutrisi Bunda terpenuhi dengan mengonsumsi makanan bergizi saat berbuka puasa dan sahur. 

Mengonsumsi makanan bergizi dapat membantu kesehatan tubuh Bunda, mempertahankan berat badan, dan memenuhi nutrisi Bunda serta janin. 

Selain itu, mengonsumsi makanan sehat juga dapat mencegah:

  • Sembelit,
  • Sakit kepala,
  • Masalah pencernaan,
  • Lemas dan lesu.

Makanan untuk Ibu Hamil yang Berpuasa

makanan ibu hamil saat puasa

Selalu penuhi asupan gizi seimbang. Konsumsi makanan yang mengandung seluruh nutrisi mikro dan makronutrien. Penuhi asupan karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, dan serat. 

1. Penuhi Karbohidrat

Untuk memenuhi asupan karbohidrat Bunda bisa mengonsumsi nasi merah atau roti gandum saat sahur dan berbuka puasa. Ini karena karbohidrat dalam nasi merah dan gandum baik untuk energi dan mengandung glikemik yang rendah sehingga mampu menjaga kadar gula darah selama berpuasa.

“Beras merah (nasi merah) dan roti gandum baik dikonsumsi Bunda sebagai hidangan pada saat sahur dan berbuka puasa. Karbohidrat dibutuhkan untuk sebagai sumber energi untuk beraktivitas”,

Bidan Cory Agusthina, SKM, CHE.

2. Konsumsi Protein

Protein dibutuhkan untuk memperbaiki jaringan dan pembentukan jaringan tubuh. Selain itu, protein juga berperan membakar karbohidrat menjadi energi. Kekurangan protein pada ibu hamil dapat berdampak pada pertumbuhan dan perkembangan janin seperti kecacatan. Oleh karena itu, penuhi asupan protein selama hamil ya Bunda. 

Bunda bisa konsumsi daging ayam, sapi, dan ikan tuna yang tinggi akan protein. Selain itu, Bunda bisa konsumsi telur yang terbukti baik untuk perkembangan janin karena kaya akan asam folat.

“Makan telur pastinya akan mendapatkan asupan protein dan asam folat yang cukup untuk tubuh. Asam folat memiliki fungsi yang penting dalam meningkatkan kecerdasan bayi dan membantu perkembangan tubuh bayi”, 

Bidan Cory Agusthina, SKM, CHE.

Selain itu, Bunda bisa konsumsi tahu, tempe, dan kacang-kacangan untuk memenuhi kebutuhan protein nabati. 

3. Cukupi Vitamin, Mineral, dan Serat

Sayur dan buah-buahan merupakan sumber berbagai vitamin, mineral, dan serat yang dibutuhkan tubuh. Mineral dalam buah dan sayur berperan sebagai antioksidan yang mampu memperbaiki sel tubuh yang rusak. Selama berpuasa, Bunda bisa konsumsi berbagai sayur seperti bayam, kangkung, brokoli, dan kale yang terbukti bagus untuk kesehatan. 

Selain itu, Bunda juga bisa konsumsi buah kurma karena kandungan fruktosa alaminya mampu mengembalikan energi tubuh. Tidak lupa, konsumsi buah yang tinggi kandungan air untuk mencegah dehidrasi, seperti semangka, melon, dan kiwi.

Selama berpuasa, Bunda harus benar-benar memerhatikan asupan nutrisi ya agar tubuh tidak lemas. Hindari makanan yang terlalu manis, asin, dan tinggi lemak seperti gorengan dan sirup. Kurangi aktivitas ya Bunda agar tubuh tidak kelelahan. 

Agar tubuh tetap fit, Bunda bisa mengonsumsi multivitamin saat sahur dan berbuka puasa. Jika Bunda sedang menyusui, konsumsi  ASI booster dapat membantu Bunda menjaga produksi ASI selama berpuasa. Dengan begitu, kebutuhan ASI anak tidak terganggu.

Jika Bunda memiliki keluhan selama menyusui seperti puting lecet, payudara bengkak, dan ASI mampet, Bunda bisa berkonsultasi dengan tim Busuisehat dengan link https://t.me/BusuiSehat.

Salam sehat untuk Bunda semua! Pantau terus ya informasi menarik lainnya hanya di Busuisehat!

Baca informasi ini juga yuk Bunda!

Yuk Ketahui Tips Berpuasa Saat Menyusui Bunda!

Bolehkah Ibu Menyusui Tetap Berpuasa? Simak Penjelasan Ini Bunda!

Amankah Puasa Bagi Ibu Hamil? Simak Informasi Ini Bunda!

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password