fbpx
Artikel Pilihan

Ketahui Pentingnya Imunisasi Untuk Kesehatan Anak

imunisasi anak
imunisasi anak/  Sumber foto: freepik

Imunisasi adalah salah satu keberhasilan kesehatan terbesar pada abad terakhir. Beberapa penyakit yang disebabkan oleh virus tidak dapat disembuhkan dengan antibiotik. Satu-satunya cara untuk mengendalikannya adalah dengan imunisasi.

Dengan program imunisasi yang berkelanjutan, penyakit seperti itu mungkin tidak lagi menjadi ancaman.

Sudah ada beberapa contoh imunisasi yang berhasil mengendalikan beberapa penyakit. Baik cacar maupun polio. WHO menyatakan penyakit cacar dapat ditekan sejak 1979 berkat upaya imunisasi di seluruh dunia.

Imunisasi adalah salah satu cara untuk melindungi dari penyakit serius. Setelah diimunisasi, tubuh mampu melawan penyakit ini jika kita bersentuhan dengan virus yang sama.

Manfaat Imunisasi Anak

imunisasi anak

Imunisasi bertujuan untuk membangun kekebalan tubuh (antibodi) terhadap suatu penyakit. Caranya dengan memasukan vaksin ke dalam tubuh sesuai jadwal dan kebutuhan. Vaksin adalah zat atau senyawa yang mengandung bakteri atau virus dari penyakit tertentu yang sudah dilemahkan atau dimatikan. Dengan begitu, tubuh akan terangsang untuk membangun antibodi untuk melawan virus tersebut dengan cepat. 

Saat anak-anak berkembang, mereka menghadapi banyak risiko, salah satunya adalah infeksi. Sebagian besar akan menyebabkan penyakit ringan. Akan tetapi, meskipun ada kemajuan medis yang hebat, infeksi masih dapat menyebabkan penyakit parah, kecacatan, bahkan kematian.

Sebelum vaksin tersedia, banyak anak di Inggris yang meninggal karena penyakit seperti batuk rejan, campak dan polio. Oleh karena itu vaksin penting untuk mencegah dan mengurangi risiko bahaya dari penyakit tersebut.

Manfaat imunisasi adalah anak mendapatkan perlindungan terbaik terhadap penyakit berbahaya. Ketika anak diimunisasi, imunisasi membantu melindungi kesehatan seluruh tubuh karena antibodi tubuh sudah terbentuk.

Itulah informasi mengenai manfaat imunisasi. Selain imunisasi, penting untuk tetap memberikan ASI eksklusif pada bayi Bunda. ASI mengandung seluruh nutrisi dan antibodi yang baik untuk imunitas tubuh. Untuk mendukung program ASI eksklusif, Bunda bisa konsumsi ASI booster agar kualitas dan kuantitas ASI tetap terjaga. Jika Bunda memiliki permasalahan ASI lainnya seperti puting lecet, payudara bengkak, dan ASI seret, Bunda bisa berkonsultasi dengan tim busuisehat.com melalui link  https://t.me/BusuiSehat.

Jangan lewatkan informasi menarik lainnya Bunda!

Tips Cara Mengganti Popok Bayi yang Harus Bunda Lakukan!

Jangan Panik Bunda, Begini Cara Mengatasi Cegukan Pada Bayi

Panduan MPASI Pada Bayi Usia 6 hingga 12 Bulan, Bunda Perlu Tahu Ini!

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password