fbpx
Artikel Pilihan

Jangan Panik Bunda, Begini Cara Mengatasi Cegukan Pada Bayi

cara mengatasi cegukan bayi
mengatasi cegukan bayi/ Sumber foto: freepik

 

Cegukan adalah hal yang alami dan sering terjadi pada orang dewasa maupun anak-anak. Bahkan bayi dapat mengalami cegukan di dalam rahim sejak usia 21 minggu. 

Kondisi ini sering sekali membuat Bunda khawatir pada bayi. Padahal cegukan adalah kondisi yang wajar terjadi pada bayi baru lahir hingga bayi berusia 1 tahun. 

Untuk mengurangi kecemasan, sebaiknya Bunda mencari tahu apa penyebab bayi cegukan dan cara mengatasinya.

Penyebab Bayi Cegukan

Cegukan biasanya terjadi akibat bayi terlalu banyak atau makanan dan minum yang memicu kontraksi pada diafragma. Cegukan terjadi ketika diafragma, otot di bagian bawah tulang rusuk, teriritasi atau terstimulasi. Otot berkontraksi tanpa disengaja menyebabkan udara tersedot ke tenggorokan. Saat udara masuk, pita suara dengan cepat menutup sebagai respons sehingga menghasilkan bunyi “hik”.

Sebenarnya tidak ada penelitian khusus tentang apa yang menyebabkan bayi cegukan, namun ada beberapa kemungkinan yaitu: 

  • Makan terlalu banyak (ASI, susu formula, atau makanan lain)
  • Makan terlalu cepat
  • Menelan terlalu banyak udara

Cara Mengatasi Cegukan Bayi 

Cara Mengatasi Cegukan Pada Bayi

Ada banyak teori tentang cara mengatasi cegukan bayi. Mengatasi cegukan berarti Bunda harus meminimalisasi udara yang masuk ke dalam perut bayi. Bunda bisa mengikuti beberapa cara berikut untuk mengatasi cegukan pada bayi:

1. Saat bayi sudah cegukan, gendong bayi dalam posisi tegak selama 20 menit kemudian goyangkan tubuh bayi secara perlahan

2. Lalu, gosok punggung atau perut bayi untuk mengendurkan diafragma sehingga cegukan akan berkurang

3. Bunda bisa menyusui Si Kecil secara perlahan namun sering 

4. Saat memberikan makan bayi, usahakan posisi bayi tegak untuk menghindari udara masuk ke mulut

5. Setelah memberi makan atau minum bayi, usahakan untuk tidak langsung menidurkan bayi. Posisikan bayi tegak selama 20 menit agar udara dalam lambung naik ke atas, sehingga bayi bisa bersendawa

6. Pastikan bayi Bunda menyusu dengan pelekatan yang baik untuk menghindari udara masuk melalui mulut

7. Jika bayi memakai dot, gunakan dot dengan ukuran yang pas, dengan lubang yang tidak terlalu besar atau terlalu kecil untuk bayi. Jika terlalu besar, susu formula atau ASI akan mengalir terlalu cepat dan jika terlalu kecil, bayi akan mungkin menghirup udara ketika dia tidak mendapatkan cukup ASI.

Itulah informasi dan cara mengatasi cegukan pada bayi. Yang terpenting adalah Bunda tetap tenang dan tidak perlu khawatir karena kondisi ini adalah wajar. Cegukan akan hilang dengan sendirinya kok Bunda dalam beberapa menit. 

Selama memiliki bayi, Bunda perlu memperhatikan asupan ASI Si Kecil. Untuk mendukung program ASI eksklusif, Bunda bisa konsumsi ASI booster agar kualitas dan kuantitas ASI tetap terjaga. Jika Bunda memiliki permasalahan ASI lainnya seperti puting lecet, payudara bengkak, dan ASI seret, Bunda bisa berkonsultasi dengan tim busuisehat.com melalui link  https://t.me/BusuiSehat.

Jangan lewatkan informasi menarik lainnya Bunda!

Tips Cara Mengganti Popok Bayi yang Harus Bunda Lakukan!

Panduan MPASI Pada Bayi Usia 6 hingga 12 Bulan, Bunda Perlu Tahu Ini!

MPASI: Resep Sup Ayam Bergizi Untuk Penuhi Protein Bayi Bunda!

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password