fbpx
Artikel Pilihan

Panduan MPASI Pada Bayi Usia 6 hingga 12 Bulan, Bunda Perlu Tahu Ini!

panduan mpasi untuk bayi usia 6-12 bulan
panduan mpasi/ Sumber foto: freepik

 

Selama 4 hingga 6 bulan pertama, ASI atau susu formula adalah satu-satunya makanan yang dibutuhkan bayi Bunda. Setelah itu, Bunda bisa memberikan makanan pendamping ASI (MPASI) untuk memenuhi kebutuhan nutrisi anak. 

Saat pemberian MPASI, bayi dapat mengonsumsi beberapa sendok teh makanan bertekstur lembut. Semakin bertambahnya usia, Bunda harus menyesuaikan tekstur MPASI dengan kebutuhan Si Kecil. 

Untuk mengetahui cara yang tepat, Bunda bisa membaca panduan cara memberi makan bayi. Nah, kali ini Busuisehat.com akan membahas panduan MPASI untuk anak usia 6 hingga 8 bulan. Simak yuk Bunda!

Bayi usia 6 hingga 8 bulan

panduan mpasi untuk bayi usia 6-12 bulan

Dari usia 6 hingga 8 bulan, beri setengah cangkir makanan bertekstur lunak dan halus sebanyak dua hingga tiga kali sehari. 

Bayi bisa diberi makanan apa saja, namun akan lebih baik jika menu MPASI pertama bayi adalah buah.

“Sebenarnya tidak ada aturan baku tentang jenis makanan apa yang pertama kali harus diberikan. Namun, anak dengan berat badan normal sebaiknya diberikan buah dulu untuk MPASI pertamanya. Sebaliknya, jika anak kurus, Bunda bisa memberikan serealia”, 

Bidan Cory Agusthina, SKM, CHE.

Selain itu, usahakan untuk meminimalisasi penggunaan garam, penyedap, dan gula untuk MPASI anak. Ini karena seluruh kebutuhan gula dan garam alami sudah terpenuhi hanya dengan konsumsi ASI dan makanan alami. Penggunaan gula dan garam berlebihan dapat menyebabkan anak obesitas dan tidak baik untuk kesehatannya ya Bunda. 

 Selain itu, perhatikan asupan ASI Si Kecil ya Bunda. Berikan ASI ketika Si Kecil menginginkannya. 

Bayi usia 9 hingga 12 bulan (1 tahun)

panduan mpasi untuk bayi usia 6-12 bulan

Dari usia 9 hingga 12 bulan, bayi dapat mengonsumsi setengah cangkir makanan tiga hingga empat kali sehari, ditambah camilan yang sehat. Untuk melatih organ mulutnya, bayi sudah bisa diberikan makanan yang agak bertekstur seperti bubur tim. 

Di usia ini bayi mulai belajar makan menggunakan jari-jarinya. Untuk melatih kemampuannya, Bunda bisa memberikan camilan sehat yang bisa pegang bayi secara langsung seperti biskuit, potongan sayur (wortel rebus atau brokoli rebus), dan buah (kiwi atau pisang). Lanjutkan menyusu setiap kali bayi Bunda menginginkan ASI. 

Itulah panduan memberikan makan bayi usia 6 hingga 12 bulan. Nah, seperti yang sudah dijelaskan MPASI sangat penting untuk memenuhi kebutuhan Si Kecil. Namun, makanan saja tidak cukup Bunda. Sebaiknya tetap berikan ASI untuk menjaga antibodi bayi Bunda. 

Untuk memastikan suplai ASI terpenuhi, Bunda bisa konsumsi ASI booster agar kualitas dan kuantitas ASI tetap terjaga. Jika Bunda memiliki permasalahan ASI lainnya seperti puting lecet, payudara bengkak, dan ASI seret, Bunda bisa berkonsultasi dengan tim busuisehat.com melalui link  https://t.me/BusuiSehat.

Baca juga yuk informasi ini Bunda!

MPASI: Resep Sup Ayam Bergizi Untuk Penuhi Protein Bayi Bunda!

7 Cara Memperkenalkan MPASI Pada Bayi Usia 6 Bulan, Bunda Harus Tahu Ini!

MPASI Menurut WHO, Ini Panduan Yang Harus Bunda Ketahui

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password